Keindahan pulau Jeju

Menguntai Keindahan Pulau Jeju (Jeju-do)

Annyeong haseyoo, haloo chingu. Kali ini kami hendak membahas tentang keindahan pulau Jeju nih. Apakah chingu tahu tentang pulau yang satu ini? Pasti sudah pernah mendengar atau melihat di layar televisi/monitor ya. Soalnya pulau ini sering dijadikan latar tempat syuting drama atau film Korea gituh.

Nah, kali ini kami mau membahas secara detail tentang keindahan pulau Jeju. Jadi artikel spesial kali ini hanya membahas pulau Jeju saja. Sebenarnya kami pernah membahas pulau Jeju dalam artikel tentang 3 pulau menarik di Korea, tapi lebih baik jika ada pembahasan khusus tentang keindahan pulau Jeju. Setuju kan~

Kami akan membagi pembahasan menjadi beberapa poin nih chingu. Kami akan membahas penjelasan singkat pulau Jeju, sejarah pulau jeju, dan tempat-tempat menarik yang wajib dikunjungi di pulau indah ini. Kami rasa poin-poin tersebut sudah cukup menjelaskan keindahan pulau Jeju ya chingu. Kalau begitu langsung saja kita menuju pembahasan utama, gaja~

 

Penjelasan Singkat

Jeju adalah pulau terbesar di Korea Selatan yang terletak di sebelah selatan semenanjung Korea. Pulau Jeju merupakan satu-satunya provinsi di Korea Selatan yang memiliki otonomi khusus. Pulau jeju terbentuk akibat aktivitas gunung vulkanik 2 juta tahun lalu.

Ditengah Pulau Jeju terdapat Hallasan ( Gunung Halla) yan merupakan gunung tertinggi di Korea. Pulau Jeju memiliki cuaca hangat sepanjang tahun dan pada musim dingin jarang turun salju, sehingga tanaman – tanaman subtropis dapat tumbuh disini. Kalau kita lihat Indonesia ada pulau Bali, nah di Korea memiliki pulau andalan yang sudah beken secara global yaitu pulau Jeju. Honeymoon di sini pasti asyik deh kekekeke~

 

Sejarah Singkat

Menurut catatan sejarah Cina kuno yaitu San Guo Zhi, pada abad ke-3 Masehi, Pulau Jeju adalah sebuah kerajaan independen yang bernama Tamra. Pada saat itu Tamra sudah menjalin hubungan dagang dengan Tiga Negara Han di Semenanjung Korea. Dari abad ke-5 sampai 9, Tamra juga menjalin hubungan dagang dengan kerajaan Goguryeo, Silla, Dinasti Tang dan Jepang. Tahun 1105, Tamra tergabung dalam teritori Dinasti Goryeo pada masa Raja Gojong (1215-1259) dan namanya diganti menjadi Jeju (yang artinya daerah).

Dengan masuknya Jeju dalam teritori Goryeo, sumber daya alam Jeju diperas demi memberi upeti kepada istana sehingga beberapa kali rakyat Jeju melakukan pemberontakan. Pada tahun 1270, Tiga Polisi Elit (Sambyeolcho) dibantu oleh rakyat Jeju memberontak pada pemerintahan setempat dan penguasa Mongol, namun berhasil dipatahkan.

Banyak sekali pergerakan dan pemberontakan yang terjadi di pulau Jeju. Namun kami tidak bisa menceritakan semua ya chingu. Supaya artikel kali ini tidak terlalu terfokus kepada sejarah pulau Jeju heheheu. Sekarang pulau Jeju telah termasuk ke dalam 7 Wonder of Nature. Daebak banget kan~

 

Lokasi-Lokasi Menarik

Sudah pasti banyak buanget lokasi menarik di pulau Jeju. Mau cari apa? Cari gunung? Ada tuh gunung tertinggi di Korea yaitu Hallasan (gunung Halla). Mau air terjun? Banyak banget kok wisata air terjun di Jeju-do. Chingu tinggal pilih mau ke air terjun Cheonjeyeon, air terjun Jeongbang, atau air terjun Cheonjiyeon. Ketiganya super indah kok chingu. Lalu chingu mau cari kuliner di pulau Jeju (Jeju-do)? Ada buanyak kok. Daripada penasaran, langsung saja kita bahas deh, gaja~

 

Hallasan – Gunung Menakjubkan dan Tertinggi di Korea Selatan

Hallasan merupakan landmark dari keindahan pulau Jeju. Hallasan sering disebut juga dengan gunung Yeongjusan yang artinya gunung yang cukup tinggi yang dapat menarik galaksi. Hallasan merupakan tempat yang tepat untuk dijadikan sebagai tempat penelitian serta ditunjuk sebagai taman nasional pada tahun 1970.

Cara untuk mendaki Hallasan sebenarnya tergantung persiapan chingu. Terdapat 6 rute pendakian untuk mencapai puncak Hallasan. Baik rute Seongpanak di timur atau rute Gwaneumsa di utara sama-sama mengarah ke puncak gunung ini (Baekrokdam). Semua rute pendakian tidak begitu panjang (kurang dari 10km) dan dapat didaki kurang dari sehari. Namun semua itu tergantung fisik dan mental chingu deh, kami tidak berani menjaminnya.

Sementara itu, cuaca di daerah gunung Halla tidak bisa ditebak. Sehingga sering banget terjadi angin kencang. Maka tentu saja chingu harus mempersiapkan fisik yang kuat dan persiapan pendakian serta mental yang kuat sebelum mendaki. Biar aman gitu deh. Nah, kalau sudah siap, coba deh menuju puncak gunung Halla. Keindahan pulau Jeju untuk Hallasan super daebak loh~

Chingu bisa berkemah atau menginap di Hallasan National Park juga loh. Telah tersedia fasilitas perkemahan dengan harga yang relatif murah. Untuk ukuran small sekitar 3 orang, chingu bisa menyewa dengan harga 3.000 Won (kurang lebih 30.000 IDR). Untuk ukuran medium sekitar 4-9 orang, chingu bisa menyewa dengan harga 4.500 Won (kurang lebih 45.000 IDR).

Lalu ukuran large sekitar 10 orang (bisa lebih), chingu bisa menyewa dengan harga 6.000 Won (sekitar 60.000 IDR). Tersedia juga pemandian umum dengan biaya pemakaian 600 Won (sekitar 6.000 IDR) untuk dewasa, 400 Won (sekitar 4.000 IDR) untuk remaja, dan 300 Won (sekitar 3.000 IDR) untuk anak-anak. Selain itu, chingu juga bisa menikmati fasilitas serta taman nasional di sekitar kaki gunung Halla loh. So, kaki dan puncak gunung Halla tetap menawarkan keindahan pulau Jeju yang menakjubkan~

 

Air Terjun yang Berlimpah dan Indah

Seperti yang kami beritahukan sebelumnya, keindahan pulau Jeju terbukti juga dari wisata air terjun seperti air terjun Cheonjeyeon, Jeongbang, dan Cheonjiyeon. Ketiganya berada di lokasi yang berbeda di pulau Jeju. Jadi setidaknya anda perlu meluangkan waktu 1 atau 2 hari untuk berwisata khusus ke air terjun di pulau Jeju. Hingga anda akan menikmati keindahan pulau Jeju untuk air terjun.

Air terjun pertama yang akan kami bahas adalah air terjun Cheonjeyeon. Air terjun ini merupakan air terjun bertingkat tiga yang terletak di Pulau Jeju yang berarti Kolam Kaisar Langit. Air terjun Cheonjeyeon adalah salah satu air terjun dari tiga air terjun yang terkenal di Pulau Jeju. Konon menurut legenda korea, pada malam hari tujuh bidadari akan turun dari langit dan mandi di kolam air terjun tersebut. Kalau chingu mau menuju ke tempat wisata alam ini, chingu bisa menuju alamat: 27, Saekdal-ro 189beon-gil, Seogwipo-si, Jeju-do.

Sementara itu, air terjun Jeongbang terletak di dekat laut yang mengitari pulau Jeju. Menurut beberapa sumber, air terjun ini merupakan satu-satunya air terjun di Asia yang airnya langsung jatuh ke laut. Dalam legenda Korea menyatakan kalau naga suci hidup dibawah air terjun Jeongbang.

Roh naga yang terkandung dalam air dapat menyembuhkan penyakit dan membawa hujan selama musim kemarau. Air terjun kecil yang berada di dekatnya dikatakan menyerupai seorang hamba yang menunggu tuannya. Entah benar atau tidak, kami hanya mengutarakan legenda di daerah tersebut heheheu. Alamat air terjun Jeongbang adalah: 37, Chilsimni-ro 214beon-gil, Seogwipo-si, Jeju-do.

Kemudian air terjun Cheonjiyeon berasal dari kata Ch’eon (Langit) dan Ji (Tanah). Jadi secara harfiah dapat dikatakan sebagai Air Terjun Penghubung Langit dengan Bumi. Air terjun Cheonjiyeon memiliki tinggi 22m dan lebar 12m. Air terjun ini merupakan salah satu tujuan wisata utama para wisatawan di Pulau Jeju. Sumber air terjun Cheonjiyeon berasal dari aliran yeonhee-chun yang keluar dari dinding-dinding Somban Stream. Pokoknya super daebak deh chingu. Alamat air terjun Cheonjiyeon adalah: Namseongjung-ro, Cheonji-dong, Seogwipo-si, Jeju-do.

 

Wisata Kuliner yang Bikin Ngiler

Well, saatnya kita menuju pembahasan kuliner di pulau Jeju karena kami rasa pembahasan ini sudah terasa panjang kali lebar heheheu. Banyak banget loh wisata kuliner lezat di pulau Jeju. Chingu tinggal pilih saja mau makanan kering, berkuah, atau yang semi kering kekekeke~

Kalau ke pulau Jeju, chingu wajib nyobain spicy hairtail stew deh. Hairtail itu salah satu jenis ikan yang panjang dan tipis. Agak mirip kok sama belut, cuma tidak terlalu licin waktu dipegang. Nah, hairtail ini jenis ikan yang cepet mati waktu dipisah sama air, jadi susah banget buat disajikan secara fresh dan lezat. But, di Jeju tersajikan masakan hairtail yang lezat nan fresh karena langsung dimasak saat diangkat dari air.

Salah satu menu hairtail yang terkenal di Jeju-do adalah spicy hairtail stew. Menu ini sangat terkenal baik diantara para wisatawan asing/lokal atau penduduk lokal pulau Jeju. Citarasa yang segar, unik, sentuhan pedas yang tidak menyengat, serta tambahan rempah-rempah khas pulau Jeju membuat chingu ingin memakan menu ini lebih dan lebih lagi heheheu. Restoran yang terkenal menyajikan menu ini terletak di Seongsan-eup bernama restoran Manna Siktang. Chingu bisa menuju ke alamat ini: Manna Siktang – 43 Dongnyuam-ro, Seongsan-eup (316-1 Goseong-ri), Jeju.

Restoran Manna Siktang buka dari pukul 8:30 AM hingga sekitar 2 PM (bisa berubah sewaktu-waktu). Cukup singkat ya chingu. Soalnya banyak yang beli sih. Biasanya chingu harus menunggu (reservasi) sekitar 1 hingga 2 jam untuk bisa menikmati menu berbahan hairtail.

Secara umum, restoran ini menyajikan Hairtail dan Saba fish spicy stew, tapi Hairtail adalah menu terpopuler dan habis sebelum pukul 11.30 AM. So, chingu harus ready di restoran itu saat buka, kalau tidak begitu, maka chingu tidak akan sempat mencicipi kenikmatan hairtail. Harga hairtail stew sekitar 10.000 Won/pax (sekitar 100.000 IDR). Relatif murah kok dibanding restoran lain. Minimal sedangkan minimal pemesanan adalah 2 pax.

Sebenarnya masih banyak menu-menu masakan kece dan lezat di pulau Jeju, namun kami rasa harus menyudahi pembahasan sampai sini saja deh. Kalau chingu ingin kami membahas tentang pulau Jeju part 2, maka chingu bisa memberi komentar di atas atau beri like ya chingu. Kalau sempat kami akan membahas lebih lanjut di part 2 tentang patung peninggalan leluhur di pulau Jeju, taman-taman indah, dan kuliner. Well then, woori ganda~

 

Written by halookorea.com (sumber)

 

No votes yet.
Please wait...
0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*




©2018 halooKorea All Rights Reserved

error: Content is protected !!

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account