Resep dan Serba Serbi Gimbap

Resep dan Serba Serbi Gimbap

Haloo~

Annyeong haseyoo chingu. Sudah lama nih kami tidak membuat artikel eksklusif. Nah, kali ini kami ingin membahas makanan yang terkenal di Korea dan mungkin Indonesia juga. Apa sih makanannya? Benar banget, kita akan membahas resep dan serba serbi gimbap atau kimbap~

Mungkin chingu sudah banyak yang tahu ya sama makanan ini? Soalnya ada makanan Jepang yang mirip dengan makanan Korea ini yaitu norimaki. Nah, seperti biasa, kali ini kami akan membagi ke dalam beberapa sub pembahasan nih chingu. Yang pertama adalah tentang sejarah gimbap, lalu kedua adalah serba-serbi gimbap, dan yang terakhir barulah resep plus cara membuat gimbap. Ya sudah deh, kalau begitu langsung saja kita menuju pembahasan utama, gaja~

 

Sejarah Gimbap

gimbap 02

Well, sekarang kita menuju pembahasan pertama dari resep dan serba serbi gimbap yaitu sejarah gimbap. Gimbap atau kimbap (seterusnya akan kami sebut gimbap) berasal dari kata gim (rumput laut) dan bap (nasi putih), maka gimbap artinya adalah nasi putih yang dibalut dengan rumput laut lalu dipotong kecil kecil gitu deh chingu. Kurang lebih seperti makanan Jepang yaitu norimaki yang tergabung ke dalam variasi dari sushi.

Menurut sejarah, gimbap ini diperkenalkan oleh Jepang pada tahun 1910 sampai 1945. Seperti yang kami ungkap di atas kalau gimbap diadaptasi dari makanan Jepang yaitu norimaki yang termasuk ke dalam variasi dari sushi. Namun gimbap ini berbeda dengan norimaki. Gimbap memiliki rasa tradisional Korea yang notabene menggunakan minyak wijen ketimbang cuka.

Yap, itulah sejarah singkat dari gimbap. Apakah chingu ada yang tahu lebih detail tentang sejarah gimbap? Kalau ada, silahkan deh kasih komentar di bawah ini. Nah, sekarang kita langsung saja menuju serba serbi gimbap. Kami akan membahas variasi gimbap juga disitu. Ya sudah langsung saja deh ya, gaja~

 

Serba Serbi Gimbap

gimbap 03

Sekarang mari kita beralih ke resep dan serba serbi kimbap pembahasan serba serbi. Apakah chingu tahu biasanya gimbap dibuat saat kapan? Nah, bagi yang belum tahu, kami beritahu deh ya. Gimbap ini dibuat saat ada piknik atau acara outdoor gitu deh chingu. Jadi buatnya cepet makannya cepet juga~

Biasanya gimbap ini dimakan bareng sama kimchi atau danmuji. Kalau kimchi kami yakin chingu sudah pada tahu deh ya, tapi apakah chingu tahu apa itu danmuji? Well, kami beritahu sedikit deh ya. Danmuji itu sejenis lobak kuning yang rasanya asam manis gitu deh chingu. Biasanya danmuji ini juga dimakan bareng topokki atau ramyeon.

Gimbap seringkali dimakan saat lunch atau makan siang gitu deh chingu. Jadi gimbap ini dihidangkan sebagai makanan ringan. Ada beberapa variasi dari gimbap ini yaitu chungmu gimbap, samgak gimbap, chamchi gimbap, mayak gimbap, dan masih banyak lagi. Diantara seluruh variasi gimbap itu, intinya tetap sama yaitu nasi putih dibalut rumput laut. Namun isinya berbeda-beda. Nah, sepertinya cukup sekian dulu pembahasan serba serbi gimbap, sekarang mari kita membahas resep gimbap deh ya, gaja~

 

Resep Gimbap

gimbap 04

Okey, sekarang kita menuju resep dan serba serbi gimbap pembahasan resep. Sebenarnya resep dari gimbap ini cukup sederhana kok chingu. Dua bahan utamanya sudah pasti nasi putih dan rumput laut. Namun chingu tinggal pilih ingin ditambah bahan apa lagi di dalam gimbap. Ingin dominan protein, karbohidrat, lemak, atau yang lainnya. Nah, kalau begitu langsung saja deh kita membahas resep gimbap di bawah ini~

Bahan:

  • 4 lembar rumput laut
  • 1 mangkuk nasi
  • 1 kaleng tuna original
  • 2 butir telur
  • 1 buah wortel, kukus, lalu iris tipis memanjang mencetak
  • Mayones secukupnya
  • Keju (bila suka)
  • 1/2 sdt minyak wijen
  • 1/2 sdt cuka beras
  • Gula dan garam secukupnya
  • Bambu mat dan plastik, untuk mencetak
  • Kimchi, sebagai pelengkap

Cara untuk Membuat Kimbab Khas Korea:

  1. Siapkan nasi dari beras korea yang mempunyai butir pendek seperti beras merk Botan.
  2. Cuci beras sampai air cuciannya bening dan tiriskan selama kurang lebih 30 menit.
  3. Masak dengan rice cooker sampai matang dan dinginkan.
  4. Aduk nasi dengan minyak wijen, gula, cuka beras dan juga garam lalu sisihkan.
  5. Kocok telur lalu didadar diwajan sampai tipis-tipis lalu potong halus dan sisihkan.
  6. Siapkan bambu mat dan alasi dengan plastik.
  7. Letakkan nasi diatasnya lalu ratakan ke seluruh permukaan.
  8. Letakkan tuna, irisan telur, irisan wortel dan juga keju di atas nasi.
  9. Tambahkan mayones di atasnya dan gulung erat.
  10. Lapisi gulungan nasi dengan nori dan potong-potong setelah itu sajikan bersama kimchi.

Nah, itulah cara membuat gimbap. Sangat mudah pakai banget kan chingu? Bagaimana, apakah chingu tertarik untuk langsung membuat gimbap? Kasih jawaban chingu di bawah ini ya. Kalau sudah jadi, foto hasil gimbap buatan chingu di forum biar kami tahu heheheu. Well then, woori ganda~

 

Written by halookorea.com

Rating: 5.0/5. From 5 votes.
Please wait...
5 Comments
  1. Bianca Bianca 2 years ago

    Enak nih kayanya,tapi males bikinnya 😀

    No votes yet.
    Please wait...
  2. Jenifer Jung 2 years ago

    Gue bikin selalu hasilnya gak rapi, sedihnyo

    No votes yet.
    Please wait...
  3. Siska Sari 2 years ago

    Gimbab biasanya satu paket sama telur gulung,kalo di drama sih hehehe

    No votes yet.
    Please wait...
  4. Sherly Fani 2 years ago

    resepnya bermanfaat,gue berhasil bikin sendiri di rumah hehehe

    No votes yet.
    Please wait...
  5. Ristra Mei Ronawati 2 years ago

    aku suka makannya aja,bikinnya ribet,padahal kelihatannya simpel

    No votes yet.
    Please wait...

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*




©2018 halooKorea All Rights Reserved

error: Content is protected !!

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account