museum kimchi

Museum Kimchi – Museum untuk Pecinta Kimchi

Museum Kimchi di Seoul, Korea adalah museum yang bertujuan untuk memperkenalkan kepada dunia tentang hidangan utama di Korea yaitu Kimchi. Pamerannya memfokuskan secara khusus terhadap sejarah Kimchi, hal tersebut bermacam-macam, dan juga tentang pentingnya budaya Korea dan hidangannya. Museum itu buka untuk siapa saja yang ingin mempelajari Kimchi, makanan paling terfavorit di Korea. Museum mengoleksi data dari sumber yang berkaitan dengan Kimchi dan statistik serta menawarkan beragam aktifitas seperti proses membuat Kimchi dan mencicipi Kimchi yang terjadi sekali dalam sebulan.

Museum Kimchi aslinya dibangun pada tahun 1986 oleh Pulmuone Inc., salah satu perusahaan produksi makanan terbesar di Korea, di Pil-dong, Jung-gu. Pada tahun 1988, museumnya dipindah ke COEX (Convention and Exhibition Center) untuk mempublikasikan kimchi kepada pengunjung asing yang datang pada Olimpiade Musim Panas yang diadakan di Seoul, korea Selatan.

Pada tahun 2000, museumnya telah direnovasi untuk memperluas area dan meningkatkan fasilitas untuk pengunjung karena adanya Asia–Europe Meeting ketiga di Seoul, didesain untuk mempererat hubungan politik, ekonomi, dan area budaya antara anggota dari empat-puluh-satu negara.

museum kimchi

Museumnya dipisahkan menjadi tiga bagian yang berbeda. Masing-masing bagian dari museum mengilustrasikan variasi dari informasi terkait kimchi.

Bagian pertama dari museum kebanyakan berkaitan dengan sejarah kimchi. Pada bagian pertama, “Pameran Buku Tua tentang Sejarah Kimchi,” pengunjung dapat melihat buku-buku tua dan artikel yang berkaitan dengan sejarah kimchi. Pada “Model Kimchi Pada Setiap Periode” pengunjung dapat melihat tren kimchi pada setiap periode dalam sejarah Korea. Ruangan selanjutnya pada bagian museum tersebut adalah mengenalkan cerita tentang bagaimana orang-orang menggabungkan cabai pedas ke dalam kimchi. Terdapat time-line yang detail sehingga mempermudah pengunjung untuk melihat sejarah Kimchi.

Pada bagian kedua dari museum Kimchi terdiri dari ruangan yang menunjukkan proses pembuatan kimchi, dan juga film pendek yang diputar dalam waktu yang tidak lama. Terdapat ruangan dimana pengunjung dapat melihat model dari delapan-puluh kimchi yang berbeda. Pada ilustrasi grafis, termasuk resep kimchi, dengan gambar dan deskripsi untuk masing-masing makanannya. Sebagai tambahan, terdapat informasi tentang jenis-jenis cabai apa yang digunakan sebelum menggunakan cabai merah dari Jepang dan Korea. Ruangan lainnya mengilustrasikan jenis-jenis dari kimchi berdasarkan peta daerah.

Terlebih lagi, museum menawarkan penjelasan mendetail tentang proses pembuatan kimchi dengan diorama untuk setiap langkahnya. Terdapat pula satu ruangan dimana pengunjung dapat melihat lingkungan khusus ketika orang-orang biasa membuat kimchi, termasuk sejarah dari pot yang digunakan sebagai fermentasi dan proses penyimpanan.

museum kimchi

Terdapat dua zona foto dimana orang-orang dapat mengambil foto kimchi. Dan juga, dalam ruangan khusus, orang-orang dapat membaca tentang keuntungan nutrisi kimchi dan membandingkannya dengan beberapa sayuran fermentasi lainnya di dunia. Pengunjung juga diperbolehkan untuk memasuki area dimana mereka dapat melihat bakteri Laktobasilus di dalam kimchi melalui mikroskop. Dan juga, museum ini juga memamerkan peta dunia besar dengan negara yang terekspor kimchi. Terdapat pula ruangan dimana pengunjung dapat mencicipi dua jenis kimchi yang berbeda setiap bulannya.

Bagian terakhir museum terdiri dari ruangan data dimana pengunjung dapat membaca buku tua atau baru yang tidak hanya membahas kimchi, tapi juga makanan-makanan tradisional Korea. Dimana terdapat juga artikel terkait kimchi dan film yang tersedia di ruang data.

 

Edited by halooKorea.com / Reference Wikipedia

Rating: 5.0/5. From 5 votes.
Please wait...
7 Comments
  1. Edgar Lee 3 years ago

    Menarik sekali museumnya. Jadi semakin paham tentang kualitas variasi kimchi

    Rating: 5.0/5. From 1 vote.
    Please wait...
    • Deer 3 years ago

      Setujuuuu

      No votes yet.
      Please wait...
      • Jong 3 years ago

        Emang lu pernah kesitu tong? haha~

        No votes yet.
        Please wait...
        • Deer 3 years ago

          Lu tu ye @jong, damai lah damaii

          No votes yet.
          Please wait...
          • Jong 3 years ago

            Emang kite lagi perang? Pake damai2 segala haha~

            No votes yet.
            Please wait...
  2. Siska Sari 3 years ago

    Bagus ya,dari foto bisa bikin laper

    No votes yet.
    Please wait...
  3. Sherly Fani 3 years ago

    aku suka kimchi rasanya kayak asinan bogor,eh beda sih hehehe

    No votes yet.
    Please wait...

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*




©2018 halooKorea All Rights Reserved

error: Content is protected !!

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account