doljanchi1 budaya korea

Merayakan Ulang Tahun Pertama Bayi Korea

halo! Tahukah kalian? Di Korea, terdapat semacam tradisi untuk merayakan ulang tahun pertama bayi mereka, yang dikenal dengan sebutan dol atau doljanchi. Upacara ini memberkati anak yang berulang tahun dengan masa depan yang cemerlang di Korea. Pada awalnya, banyak bayi yang baru lahir akan meninggal karena penyakit atau suhu musim yang berbeda. Maka dari itu, ketika seorang anak genap berusia satu tahun, pada saat itu merupakan hal yang menggemberikan.

Bagian pertama dari perayaan ini adalah berdoa. Secara tradisi, orang Korea akan berdoa kepada dua dari banyak dewa yang ada di Korea Sanshin (dewa gunung) dan Samshin (dewi kelahiran). Pada saat ini, bagian perayaan ini biasanya dilewati, karena Muism (agama yang menyembah dewa Korea) jarang dijalani.

 

doljanchi2 budaya koreaSebelum memasuki bagian utama perayaan ini, bayi yang berulang tahun dipakaikan busana yang penuh warna dan berornamen bernama dol-bok. Dol bok yang dipakai si anak berbeda tergantung jenis kelaminnya. Seorang anak laki-laki seara tradisi akan memakai jogori (mantel) berwarna merah muda atau garis-garis dengan paji (celana) berwarna ungu atau abu-abu, durumagi (mantel panjang) bergaris, rompi berwarna biru dengan pola emas atau perak atau magoja (mantel) bergaris, sebuah jonbok (rompi panjang berwarna biru) dengan pola emas atau perak, sebuah bokgun (penutup kepala hitam berekor panjang), dan tarae-busun (kaus kaki tradisional).

Anak perempuan harus memakai jogori bergaris, chima (rok) panjang berwarna merah, jobawi (penutup kepala) bercetak emas dan perak dan tarae-busun. Sebagai tambahan pada dol-bok mereka, para anak yang berulang tahun akan memakai dol-ddi panjang (sabuk yang dililitkan dua kali ke tubuh) agar si anak berumur panjang dan sebuah dol-jumuni (kantung) sebagai keberuntungan. Dol-jumuni dibuat dari sutra yang berkualitas, dengan benang untuk membuka dan menutupnya. Tidak terdapat kancing-kancing pada dol-bok, hal itu sebagai simbol umur yang panjang.

Toljabee merupakan bagian utmama dari perayaan ini, merupakan sebuah ritual dimana anak yang berulang tahun didudukkan di depan sebuah meja dengan banyak benda, seperti benang, kuas, tinta atau uang. Anak tersebut akan dibimbing untuk mengambil benda yang ia inginkan. Jika si anak telah mengambil satu benda pilihannya, dipercaya akan meramalkan masa depannya. Contohnya, jika si anak mengambil kuas atau buku, ia ditakdirkan sebagai anak yang cerdas. Jika ia mengambil uang, ia akan kaya. jika ia mengambil makanan berarti ia tidak akan kelaparan. Jika si anak mengambil benang, hal ini dipercaya bahwa ia akan memiliki hidup yang panjang.

 

doljanchi3 budaya koreaTidak hanya terdapat benda-benda diatas meja, tapi juga terdapat berbagai macam kue beras atau ddeok (makanan utama). Beberapa jenis dai ddeok adalah paekseolgi (kue beras kukus putih), susu-kyongdan (kue beras dilapisi dengan bubuk kacang merah kasar), mujigae-ddeok (kue beras kukus berwarna pelangi), dan gyep’i-ddeok (kue beras kembung). Bermacam buah sesuai musim juga disajikan di atas meja berbarengan dengan ddeok. Tidak hanya itu, ada juga semangkuk nasi dan berbagai macam makanan diletakkan di atas meja.

Namun, pada masa ini untuk perayaan doljanchi modern, biasanya diadakan di restoran atau aula pernikahan. Para orang tua menyiapkan beberapa hadiah untuk para tamu dan tamu yang memasuki tempat pesta mendapatkan potongan kertas yang berisikan nomor. Selama pesta, tamu yang menjawab dengan benar pertanyaan seputar si anak yang berulang tahun akan mendapat hadiah. MC pesta juga menyebutkan nomor secara acak, dan orang yang mempunyai nomor yang sama akan mendapat hadiah.

 

Edited by HalooKorea.com / References: Korean birthday celebrations, Doljanchi

Rating: 5.0/5. From 2 votes.
Please wait...
2 Comments
  1. Kaka 3 years ago

    Kalau anak kecil disuruh milih barang buat dirujuk sebagai masa depannya itu mirip kayak adat jawa ya?

    No votes yet.
    Please wait...
    • Author
      HalooKorea 3 years ago

      iya betul. tapikan itu cuma takhayul saja, ada orang yg percaya dan ada orang yg tdk.

      No votes yet.
      Please wait...

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*




©2018 halooKorea All Rights Reserved

error: Content is protected !!

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account