Makanan Korea Musim Panas

Makanan Korea Musim Panas

Annyeong haseyoo~

Haloo pals! Apa kabar kalian di sana? Kalau di sini sih mulai panas-panas gimana gitu. Sepertinya sudah masuk ke pancaroba ya. Kalian tahu pancaroba kan? Ituloh, pergantian antara musim hujan ke musim panas. Nah, sebentar lagi musim panas akan tiba (sekitar bulan Juli). Kalau sudah panas, enaknya makan atau minum apa ya? Kami punya saran nih ke kalian semua, ada tiga makanan atau minuman beken di Korea yang bisa kalian coba sendiri di rumah, cara membuatnya juga mudah. Apa saja itu? Tiga makanan atau minuman itu adalah samgyetang yang menyehatkan, patbingsu yang mirip es buah tapi beda, dan nangmyeon si mie dingin. Okelah, silahkan simak ulasan berikut ini~

Samgyetang – Sup Ayam Sehat

Makanan Korea Musim Panas

Siapa yang suka sup ayam? Pasti sebagian besar suka ayam ya. Nah, di Korea, ada loh sup khas Korea yang sangat diminati oleh warga Korea dan juga warga asing sebagai menu utama di musim panas, nama makanannya adalah samgyetang. Baru-baru ini, tersiar kabar pada bulan Maret kalau ribuan turis China di Korea berbondong-bondong memakan samgyetang dalam acara pemerintah untuk samgyetang. Jadi para turis dari China memakan samgyetang dan membawa cepat saji untuk oleh-oleh di China. Hal itu bertujuan untuk mengekspansi samgyetang ke China.

Samgyetang dibuat dari bahan-bahan yang tidak susah didapat. Bahannya adalah ginseng (Korea terkenal dengan negeri Gingseng), jujube (jujube adalah kurma Korea tapi bisa diganti dengan kurma biasa), dan pastinya ayam utuh. Ditambahkan juga rempah-rempah pada umumnya seperti bawang putih, bawang bombay, daun bawang, garam, dan lain-lainnya. Yang membuat sup ayam ini berbeda ketimbang aslinya adalah pada ayamnya.

Seluruh organ dalam ayam dikeluarkan semua (tidak disajikan ataupun di masak), lalu di dalam ayam diberi beras ketan (sejenis beras padi tapi lebih lunak), sehingga dalam penyajiannya tidak perlu menggunakan nasi lagi. Namun jika kalian kesusahan mencari beras ketan, maka diganti dengan beras biasa tidak masalah kok. Hanya saja jangan dimasukkan ke dalam ayam, jadi dimasak secara terpisah gitu.

boknal

Ketika sambok , banyak orang mengantri di rumah makan samgyetang

Di Korea, samgyetang terkenal sebagai menu untuk musim panas. Sementara itu, warga Korea biasanya memakan samgyetang pada hari-hari sambok (삼복). Sam artinya adalah tiga kali, sedangkan bok artinya adalah melawan panas, maka sambok adalah tiga kali melawan panas. Nah, kalian pasti penasaran mengapa kok tiga kali sih? Iya soalnya musim panas kan ada awal, tengah, dan akhir. Nah, jadi tiga kali, kan?

Chobok (초복) adalah awal kehadiran musim panas dan merupakan hari dimana panas akan semakin memuncak. Sedangkan jungbok (중복) adalah pertengahan musim panas dimana hari itu adalah puncaknya panas. Sedangkan malbok (말복) adalah fase terakhir musim panas dimana panas telah melewati masa puncak. Nah, chobok, jungbok, dan malbok itu adalah bagian-bagian dari sambok. Maka warga Korea mempercayai kalau memakan samgyetang di musim panas (terutama di hari-hari sambok) maka kesehatan mereka akan terjaga. Tapi kalau dilihat dari komposisinya, samgyetang ini memang menyehatkan kok. Kalian juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Kalian ingin tahu resepnya? Baiklah, kami akan memberitahu resep dan cara membuatnya untuk 2 hingga 3 orang.

Bahan:

  • 2 Ayam unggas (atau ayam kampung)
  • ½ Kaleng beras ketan yang sudah dicuci dan didiamkan di air dingin selama dua jam
  • 2 Akar ginseng segar yang sudah dicuci
  • 3 Jujube besar yang sudah dicuci
  • 16 Bawang putih yang kulitnya dihilangkan dan dicuci
  • 3 Daun bawang yang sudah dipotong
  • 2 Sendok-teh garam
  • Sedikit bubuk merica hitam
  • 1 Sendok-teh biji wijen
  • 2 Sendok minyak wijen
  • 3 Sendok kecap
  • 2 Sendok cuka
  • 1 Sendok madu (atau gula)
  • 1/2 Bawang bombai yang dipotong melintang
  • 1 Jalapeno (atau cabai hijau besar yang dipotong

Cara membuat:

  • SAOS
  1. Campurkan garam, biji wijen, merica hitam, dan minyak wijen di dalam mangkuk kecil.
  2. Campurkan kecap, cuka, dan madu (atau gula) di mangkuk kecil lainnya. Tambahkan bawang bombay dan jalapeno (cabai hijau besar).
  • AYAM
  1. Hilangkan organ dalam di ayam dan kasih garam di kulit untuk membersihkan bakteri yang tersisa. Rendam di dalam air dingin.
  2. Hilangkan lemak ayam dengan menggunakan gunting dapur. Hilangkan sayapnya juga jika kalian tidak suka sayap.
  3. Ayam di isi dengan beras ketan, 1 ginseng, 1 jujube, dan 8 daun bawang. Masukkan beras ketan yang tersisa kedalam pot besar untuk merebus.
  4. Masukkan ayam kedalam pot besar untuk merebus (kalian bisa menggunakan mangkuk stainless steel) dan tambahkan 8 gelas air dingin, tutup potnya dan rebus hingga 30 menit dengan api sedang.
  5. Kecilkan sedikit apinya lalu rebus hingga 40 menit lagi hingga ayam, nasi, dan ginseng menjadi lunak. Buka potnya beberapa kali, jika air menguap terlalu banyak, tambahkan airnya.
  6. Matikan apinya.
  • PENYAJIAN
  1. Sajikan ayam ke dua mangkuk beserta supnya. Masukkan bawang bombay dan merica hitam. Hidangkan dengan menggunakan kimchi (jika ada) atau timun.
  2. Hidangan untuk 2 hingga 3 orang.

Nah, samgyetang telah jadi. Selamat mencoba ya~

 

Patbingsu – Es Buah khas Korea

Makanan Korea Musim Panas

Nah, setelah makan samgyetang yang super sehat dan panas, sekarang kita beralih ke menu kedua yang sangat segaar yaitu Patbingsu (팥빙수). Pat (팥) artinya kacang merah, dan bingsu adalah es serut. Jadi patbingsu adalah hidangan segar ini mungkin sejenis es buah Indonesia tapi berbeda rasa dan isi. Apakah kalian penasaran apa saja isi dari patbingsu ini?

Jika kita menilik pada es buah versi Indonesia, es buah Indonesia hanya didominasi oleh buah saja, tapi kalau patbingsu ini ditambahkan berbagai macam bahan seperti ketan merah, susu, sirup, kacang Azuki (kacang merah), dan es yang sudah diserut. Maka rasanya cukup berbeda dari es buah Indonesia. Untuk pilihan buahnya bisa berupa melon, alpukat, stroberi, dan buah segar lainnya tergantung selera.

Patbingsu ini telah berkembang menjadi berbagai variasi rasa dan jenis. Banyak sekali variasi patbingsu yang tidak mengikuti resep aslinya dan menghilangkan beberapa bahan di dalamnya seperti ketan merah, kacang merah, atau mungkin tidak memakai buah. Variasi patbingsu yang terkenal adalah green tea, coffe, eskrim, dan yogurt.

Jadi patbingsu ini memang sangat cocok dihidangkan di musim panas. Selain segar, patbingsu juga menyehatkan karena efek buahnya. Kalian juga bisa membuat sendiri kok di rumah. Kalau tidak punya penyerut es, kalian bisa menggunakan palu sebagai penghancur es. 

Naengmyeon – Mie Dingin

Makanan Korea Musim Panas

Nah, hidangan ketiga adalah naengmyeon. Kami pernah membuat artikel sendiri sih tentang mie dingin ini. Kalian bisa mengeceknya di SINI. Kalian bisa membaca lebih detail tentang naengmyeon di link itu. Tapi kami akan tetap menjelaskan sedikit tentang mie enak satu ini. Jika kalian sangat super kepanasan di musim panas dan perut kalian sangat keroncongan, kalian bisa mencoba membuat mie sendiri dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah di dapat, dan di akhir penyajian ditambahkan es. Itulah yang kita sebut naengmyeon.

Sebenarnya naengmyeon memiliki tekstur mie yang berbeda ketimbang mie yang berbeda ketimbang mie pada umumnya. mie naengmyeon terlihat lebih tipis dan kenyal. Pada umumnya, naengmyeon memiliki dua variasi utama yaitu mul naengmyeon (물 냉면) dan bibim naengmyeon (비빔 냉면). Jika kalian suka pedas, maka bibim naengmyeon sangat cocok di lidah kalian. Namun jika kalian lebih suka rasa kuah ketimbang pedas, maka mul naengmyeon sangat cocok untuk kalian.

Nah, kami rasa cukup tiga saja makanan dan minuman yang cocok dihidangkan di musim panas. Jika kalian sangat tersiksa dengan panas dan sangat super duper lapar, kalian bisa menggabungkan antara samgyetang, patbingsu, dan naengmyeon. Jadi kalian membuat dan memakan samgyetang dulu. Setelah kalian puas dengan kehangatan samgyetang, dinginkan badan kalian dengan naengmyeon mungkin setengah porsi saja. Lalu jika kalian sudah puas memakan mie tipis itu, makanlah patbingsu sebagai pencuci mulut. Kalau kalian ingin patbingsu sebagai menu pembuka juga bisa kok. Namun urutannya berubah menjadi patbingsu, samgyetang, dan naengmyeon. Baiklah, kalau ada tambahan makanan atau minuman khas Korea untuk musim panas, tambahkan di bawah ya. Okey, sampai jumpa lagi~

 

Written by halooKorea.com / Reference Resep

Rating: 5.0/5. From 1 vote.
Please wait...
2 Comments
  1. Bianca Bianca 2 years ago

    Mie dingin? gimana ya rasanya?hemm

    Rating: 5.0/5. From 1 vote.
    Please wait...
    • Ryani 2 years ago

      Rasanya dingin wkwkwk

      No votes yet.
      Please wait...

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*




©2018 halooKorea All Rights Reserved

error: Content is protected !!

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account