Lingkupan Mie Korea

Lingkupan Mie Korea

Haloo~ apa kabar bro dan sis? Sepertinya tidak ada habis-habisnya ya kalau membahas makanan jenis mie di Korea. Variasinya banyak sih. Nah, sekarang kami akan memberitahu kepada kalian tentang klasifikasi atau mungkin lingkup-lingkup mie di Korea ya. Dan kali ini kami akan menjelaskannya dalam paket lengkap deh pokoknya. Apakah kalian siap? Baiklah kalau begitu, check it out!

Mie Persilangan

Lingkupan Mie Korea

Baiklah, kami pikir kalian pasti sudah tahu tentang kedua mie yang terkenal di Korea ini. Salah satunya adalah … jjajangmyeon!. Aku sangat yakin kalau di HalooKorea sudah membahas tentang JJAJANGMYEON, bahkan sudah ada RESEPNYA juga loh. Nah sebenarnya nih ya, selain jjajangmyeon yang notabene termasuk lingkupan mie persilangan antara Korea dan China, ada lagi loh mie yang sejenis jjajangmyeon. Apa itu? Namanya adalah … jjampong.

Baiklah, sebelum kami membahas tentang jjampong, kami akan membahas sedikit tentang jjajangmyeon sebagai pengingat saja sih. Nah, sejarah tentang jjajangmyeon ini awalnya ada pekerja asal China yang kerja di Korea gitu. Nah, pekerja itu sangat rindu ingin memakan zhaziangmian, mie khas China. Nah, akhirnya mereka membuat mie China dengan rasa menyesuaikan lidah orang Korea, jadilah jjajangmyeon itu. Jjajangmyeon termasuk empat makanan lezat di Korea menurut HalooKorea, dan kamu juga bisa tahu resepnya di HalooKorea.

Nah, sekarang saatnya kami membahas tentang kerabatnya jjajangmyeon, yaitu jjampong. Jjampong ini juga merupakan mie persilangan atau kombinasi antara Korea dan China. Mungkin kalau jjajangmyeon tanpa kuah, atau hanya saosnya saja, nah jjampong ini pakai kuah loh, umumnya sih seafood gitu. Jjampong menggunakan berbagai macam seafood seperti udang, cumi-cumi, gurita, dan banyak lagi. Dan juga jjampong menggunakan gochugaru (bubuk cabai merah). Mie yang satu ini menggunakan tepung terigu sebagai bahan dasar mie-nya.

Sepertinya banyak ya restoran-restoran yang menyediakan jasa kirim jjajangmyeon atau jjampong di Korea. Nah, sistemnya mereka tuh, jjajangmyeon dan jjampong bisa di kirim ke rumah-rumah pakai sepeda motor. Nah, para pelanggan bisa menikmati hidangan itu deh. Lalu sekitar 4-5 jam, piring atau mangkuk bekas jjajangmyeon atau jjampong diambil lagi sama kurir restoran itu. Baik banget yak.

 

Mie Snack

Lingkupan Mie Korea

Siapa yang tidak pernah makan ramyeon? Angkat tangan kalian. Oh, sepertinya banyak yang sudah memakan mie snack ini ya, daebak! Nah, ramyeon termasuk dalam kategori atau lingkupan mie snack loh, soalnya ramyeon itu sebenarnya tidak bisa disebut hidangan utama. Tapi mungkin orang-orang di Korea memakan ramyeon sebagai hidangan utama (kalau kita lihat di K-Drama). Tapi, yah bagaimana ya, kalau di kategorikan sebagai hidangan utama sepertinya kurang cocok. Karena jika kita memakan satu ramyeon saja, perut tidak akan kenyang. Maka kalian pasti akan menambahkan nasi atau mungkin hidangan pelengkap lainnya selain apa yang ada di dalam ramyeon instan itu, biar perut terisi sepenuhnya 

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang ramyeon, kami ingin membahas tentang asal-usul ramyeon ini. Sebenarnya, asal-usul ramyeon tidak begitu jelas. Beberapa sumber mengatakan kalau ramyeon adalah makanan yang berasal dari Jepang atau China gitu. ramyeon instan pertama diproduksi oleh Samyang Food tahun 1963 dengan bantuan teknis dari Myojo Foods dimana menangani masalah peralatan atau mesin pabrik. Lalu industri Lotte (sekarang Nongshim) memperkuat pasaran ramyeon Korea pada tahun 1965.

Nah, mungkin untuk penduduk Indonesia, mie instan biasanya ditambah hidangan pelengkap seperti telur rebus, ayam goreng, atau apapun yang penting lezat dan membuat perut jadi tidak lapar lagi. Sama seperti ramyeon yang seharusnya ditambah hidangan pelengkap biar tidak lapar lagi. Nah, variasi ramyeon di Korea juga banyak loh. Kalian belum tahu? Wah, berarti kalian harus membuka artikel di HALOOKOREA tentang variasi ramyeon deh. Baiklah kalau begitu. Masih ada satu lingkupan lagi yang kalian harus tahu. Apa itu? Mari kita lanjutkan ke pembahasan berikutnya. 

 

Mie Asli Korea

Lingkupan Mie Korea

Baiklah kita berlanjut ke kategori atau lingkupan terakhir, yaitu mie asli Korea. Apa saja itu? Sebenarnya ada 4 macam sih, tapi akan kami bagi jadi 2 kloter. Kloter pertama jatuh pada guksu dan naengmyeon. Guksu sebenarnya sudah pernah didiskusikan di HALOOKOREA, tapi apa kalian pernah mendengar naengmyeon? Kalau belum, silahkan datang ke pembahasan tentang naengmyeon di HALOOKOREA deh. Nah, sekarang mari kita membahas lagi tentang duo guksu naengmyeon ini.

Guksu dan naengmyeon sangat berbeda ketimbang ramyeon ataupun mie persilangan seperti jjangmyeon dan jjampong. Apa bedanya? Perbedaan terletak pada mienya. Guksu dan naengmyeon terbuat dari tepung terigu dan ada juga yang memakai tepung gandum hitam (soba). Proses pembuatan guksu dan naengmyeon juga tidak mudah loh. Kalian harus membuat mie-nya dulu, baru kuah (kalau ada kuahnya) dan toppingnya.

Lalu apakah kalian tahu perbedaan guksu dan naengmyeon? Yah, mungkin kalian sedikit pusing sama perbedaan kedua mie itu. Akan kami jelaskan secara ringkas perbedaan dari naengmyeon dan guksu khususnya pada menu bibim. Perbedaan mencolok ada pada tekstur mie-nya. Lebih tepatnya pada ukuran mienya. Guksu ukuran mie-nya lebih lebar ketimbang naengmyeon. Dan tekstur mie-nya naengmyeon terasa sedikit lebih kenyal ketimbang guksu. Selain itu, guksu biasanya menggunakan tepung terigu pada mie-nya kecuali mungkin makgusu.

Lingkupan Mie Korea

Jika kalian belum puas dengan penjelasan naengmyeon, kami pasti akan menjelaskan lebih detail khusus tentang naengmyeon demi kepuasan readers (cihuy). Nah, sekarang kloter kedua jatuh pada golbaengyi mucim dan bokkeum. Apa ya kedua mie itu?

Kamu dapat melihat gambar biar lebih jelas. Akan kami jelaskan tentang bokkeum terlebih dahulu. Setiap mie di Korea yang akhirannya ada kata bokkeum-nya, pastilah merupakan campuran antara mie goreng dengan hidangan yang ada di kata sebelum bokkeum. Bingung? Baiklah akan kami contohkan. Seperti contohnya nakji-bokkeum, nakji artinya gurita, dan bokkeum adalah mie goreng. Ada juga ojingu-bokkeum yang merupakan campuran antara mie goreng dan cumi-cumi. Sudah paham?

Kemudian untuk golbaengyi muchim sebenarnya serupa dengan bokkeum, tapi golbaengyi muchim ini khusus memakai topping siput. Kalian tahu siput kan? Kami rasa juga banyak kok di Indonesia. Nah, golbaengyi muchim ini sangat terkenal di Korea. Biasanya dihidangkan lengkap dengan minuman alkohol seperti soju dan sejenisnya. Tapi jika kalian tidak boleh meminum alkohol, bisa diganti sama soda kok.

Baiklah sekian dulu penyajian kami kali ini. Kalau ada pertanyaan silahkan ditanyakan ya, jangan dipendam saja (hehe). Okey, sampai jumpa lagi!

 

Written by halooKorea.com

Rating: 5.0/5. From 8 votes.
Please wait...
7 Comments
  1. Oh Hani 2 years ago

    looks delicious deh, jadi yearning ><

    No votes yet.
    Please wait...
  2. Kim Ji Eun 2 years ago

    yangmana yang paling yearning eonni? lolol

    No votes yet.
    Please wait...
  3. Oh Hani 2 years ago

    bibim guksu, eonni huhuhu ><

    No votes yet.
    Please wait...
  4. Jong 2 years ago

    sudah2 nanti oppa belikan ye wkwkwkwk

    No votes yet.
    Please wait...
  5. Oh Gyeshi 2 years ago

    Huwaaaa enak semua. aku paling sering makan ramyeon soalnya gampang dijumpai di swalayan

    No votes yet.
    Please wait...
    • Official HalooKorea 2 years ago

      ramyeon mana nih yang pernah coba? 😀

      No votes yet.
      Please wait...
  6. ssinz7 2 years ago

    Kalau udon bukan termasuk mie ya?

    No votes yet.
    Please wait...

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*




©2018 halooKorea All Rights Reserved

error: Content is protected !!

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account