Guksu - Mie Asli Korea

Guksu – Mie Asli Korea

Haloo~ Apa kabar kalian? Okey, kami rasa kalian sudah tahu tentang Ramyun ya? Baiklah, sebenarnya selain Ramyun, ada juga jenis mie dari Korea selatan yaitu guksu. Guksu ini berbeda dari ramyun yang instan, Guksu ini harus dibuat dari awal mie-nya sendiri sampai akhir. Jadi itulah perbedaan dari ramyun dan guksu, paham kan? Nah, sekarang mari kita bahas tentang macam-macam guksu ini. Siap? Okey kalau begitu,check it out!.

 

Bibim Guksu (비빔국수)

Guksu - Mie Asli Korea

Okey, variasi guksu yang ada di daftar awal adalah bibim guksu. Kalian juga pasti pernah dengar tentang bibimbap kan? Nah, bibim guksu ini sepertinya sejenis deh sama bibimbap. Bibim guksu itu adalah makanan jenis dingin yang dimana mie-nya itu tipis banget yang namanya somyeon yang ada rasa-rasanya juga. Bibim guksu juga disebut dengan goldong myeon yang artinya mie campur atau mie kombinasi. Makanan ini sangat populer loh di musim panas. Kalau dari gambarnya sih kelihatannya lezat yak. Aslinya? Tentu lezat juga dong.

Mie dingin yang pedas seperti bibim guksu ini sebenarnya menjadi salah satu jenis mie terfavorit orang Korea dan mancanegara loh. Sebenarnya ada sih mie dingin di negara-negara lain, tapi bibim guksu ini berbeda karena dikenal dengan rasanya yang super lezat plus pedas karena kombinasi cabai merah, gochujang, dan bawang putih. Serta rasanya yang asam-manis karena cuka dan gula. Dan juga rahasia dari rasa mie dingin yang cetar itu karena ditambahkan sedikit minyak wijen. Jadi makin ingin mencoba kan?

Oh ya, tambahan saja bagi kalian yang ingin membuatnya di rumah. Mie dingin ini biasanya ditambahkan dengan potongan daging sapi, sarinya acar, dan juga jamur ketika saatnya diberi minyak wijen. Semua itu dicampur aduk jadi satu dengan mie yang sudah masak, kecap, minyak wijen, biji wijen dan gula. Lauknya diberikan di sekitar mie pedas yang sudah jadi seperti contohnya telur godok, acar, potongan timun, dan kadang-kadang juga ada tomatnya. Bagaimana? Sudah penasaran kan rasanya bibim guksu? boleh tuh dicoba dirumah

 

Makguksu (막국수)

Guksu - Mie Asli Korea

Nah, kita sekarang beralih ke guksu lainnya dari Korea yaitu makguksu. Makanan yang satu ini terbilang unik ya, tampilannya mungkin sekilas mirip seperti jjajangmyeon karena di dominasi oleh warna hitam. Tapi jangan salah, rasanya berbeda ketimbang jjajangmyeon karena makguksu ini memakai kaldu dingin dalam pengolahannya. Terkadang juga ditambahkan gula, mustard, minyak wijen dan cuka. Hidangan yang satu ini adalah makanan khas di provinsi Gangwon di Korea Selatan, dan ibukotanya yaitu Chuncheon. Makguksu merupakan sejenis naengmyeon, karena menggunaka kaldu sapi dingin. Perbedaannya adalah makguksu ini kandungan gandum hitamnya lebih banyak ketimbang naengmyeon, dan juga banyak sayurannya. Makguksu artinya mungkin seperti “mie kasar” kalau dalam bahasa Indonesia karena gandum hitamnya yang digunakan ketika masih dalam kondisi gabah.

Makguksu biasanya disiapkan langsung dari tanaman soba (gandum hitam), dibasahkan, lalu diolah menjadi mie. Karena pada umumnya, soba (gandum hitam) sulit di lumat dengan menggunakan tangan biasa, maka orang-orang yang membuat makguksu menggunakan sejenis mesin pelumat agar mudah dijadikan mie.

Sangat susah menentukan bahan-bahan pelengkap makguksu. Bahan-bahannya biasanya ditentukan oleh pelanggan, bukan pemilik restoran. Sedangkan banyak juga restoran yang menggunakan bahan khas mereka masing-masing. Namun pada umumnya, makguksu ini terasa sangat pedas, kadang juga dikasih bumbu gochujang (saos sambal pedas khas Korea). Banyak resep juga yang ditambahkan ke makguksu seperti bermacam-macam sayuran, dan juga kecap kalau mau. Maka, hidangan pendampingnya bermacam-macam tergantung selera. Bagaimana? Sangat penasaran kan? Nah kita lanjut dulu ya ke guksu ketiga.

 

Kalguksu (칼국수)

Guksu - Mie Asli Korea

Nah, hidangan guksu yang ketiga adalah kalguksu. hidangan ini kalau di Indonesiakan mungkin artinya mie pisau kali ya. Karena mienya dipotong-potong pakai pisau dan dihidangkan di mangkuk besar dengan kaldu dan beberapa bahan lainnya. Sebenarnya kalguksu ini adalah hidangan musiman dan dimakan ketika musim panas. Guksu yang satu ini dalam sejarah ditemukan atau dibuat pertama kali ketika jaman Goryeo.

Pada jaman Goryeo, kalguksu ini dimakan jarang-jarang saja karena harga tepung terigu sangat mahal soalnya di import dulu dari China. Metode memasak kalguksu selanjutnya ditemukan ketika jaman Joseon. Pada tahun 1934 ada buku yaitu Simple Joseon Cooking dan akhirnya ada deh resep dari kalguksu ini. Dalam buku itu, kalguksu merupakan guksu dimana mie-nya direbus dan ditiriskan di dalam air dingin sebelum menambahkan kaldu dan bahan pelengkap. Metode itu berbeda dari metode modern dimana mie-nya di rebus bersamaan dengan kaldu.

Okey, itulah kalguksu. Kalian ingin mencobanya? Coba deh menggunakan metode tradisional, direbus lalu ditiriskan di dalam air dingin sebelum dikasih kaldu. Bandingkan dengan cara modern. Selamat mencoba ya. Eh, tunggu sebentar. Kita beranjak ke guksu keempat dulu ya.

 

Janchi Guksu (잔치국수)

Guksu - Mie Asli Korea

Okey, hidangan guksu terakhir adalah janchi guksu yang merupakan hidangan guksu paling beken di Korea. Hidangan guksu yang satu ini mengandung kaldu yang berasal dari ikan teri dan terkadang dari dashima (sejenis rumput laut), serta mie-nya dari tepung terigu biasa. Kaldu ikan teri juga bisa digantikan dengan kaldu sapi. Janchi guksu dihidangkan dengan menggunakan saos yang terbuat dari minyak wijen, ganjang (kecap khas Korea), serta ditambah sedikit daun bawang dan cabai merah yang besar-besar itu. Sebagai lauknya, ditambahkan irisan telur dadar, rumput laut (gim), dan timun Jepang (zucchini). Berbagai jenis kimchi juga ditambahkan di guksu ini seperti nabak kimchi, dongchimi, atau baechu kimchi. Sebenarnya banyak loh jenis-jenisnya kimchi, bisa kamu tengok di sini, dan museum kimchi bisa kamu tengok di sini.

Nama janchi guksu berasal dari kata janchi (잔치) yang dalam bahasa artinya pesta atau perjamuan, karena makanan guksu ini telah dihidangkan dalam acara-acara penting seperti pesta pernikahan, acara ulang-tahun, atau hwangab (perayaan ulang-tahun ke 60). Guksu artinya mie di Korea, dan mie adalah simbol panjang umur di dalam pernikahan.

Terukir dalam sejarah bahwa janchi guksu ditemukan pada jaman Goryeo. Pada jaman itu, guksu dimakan dalam acara-acara penting karena terigu sangat langka dan mahal pada jaman Goryeo. Bahan paling umum yang digunakan pada jaman itu adalah soba (gandum hitam) atau kanji. Jadi jelas sekali kalau janchi guksu ini merupakan makanan tradisional sejak jaman Goryeo.

Okey, bagaimana hidangan guksu yang terakhir? Apakah kalian juga penasaran tentang bibim guksu, makguksu, dan kalguksu? Nah, kalau begitu silahkan kalian coba sendiri ya. Bisa beli di restoran atau membuat sendiri. Kalau kalian tertarik dengan salah satu guksu di atas, silahkan bilang ya. Nanti kami akan memberitahu kalian tentang resep guksu yang kalian minati. Baiklah, sampai di sini dulu. Bye!

 

Written by halooKorea.com / Reference Wikipedia

 

Rating: 5.0/5. From 3 votes.
Please wait...
5 Comments
  1. Deer 3 years ago

    Wah jadi penasaran nih sama bibim guksu, sepertinya pedassss 😀

    No votes yet.
    Please wait...
    • Jong 3 years ago

      Lu suka yang pedas2 ye deer? Coba deh bibim guksu buatan gue bang jong Kook. Gue pake gochujang ama cabe rawit merah dua-puluh biji. Mau lu?

      No votes yet.
      Please wait...
      • Deer 3 years ago

        Lu ngerusuh aje ye Jong, sini bawain ke rumah gue bibim guksu nye

        No votes yet.
        Please wait...
        • Deer 3 years ago

          @jong mane bibim guksu nyee wkwk

          No votes yet.
          Please wait...
  2. Siska Sari 3 years ago

    aku tergoda cobain Janchi Guksu :G

    No votes yet.
    Please wait...

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*




©2019 halooKorea All Rights Reserved

error: Content is protected !!

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account