Bibimbap - Nasi Campur ala Korea

Bibimbap – Nasi Campur ala Korea

haloo! Kalian pernah makan nasi campur kan? Di Korea ternyata juga terdapat ‘nasi campur’ loh, namanya bibimbap.

Apa sih bibimbap itu? Bibimbap (비빔밥) itu merupakan sebuah hidangan yang menggambarkan Korea. Secara literal arti dari bibimbap adalah “nasi campur”. Bibimbap disajikan di semangkuk nasi putih hangat yang ditaburi namul (tumisan sayuran) dan gouchang(sambal), saus kedelai atau doenjang, pasta kedelai yang difermentasi. Telur goreng atau setengah matang dan irisan daging (biasanya daging sapi) merupakan tambahan yang umum saat penyajian. Sebelum memakan bibimbap, makanan ini diaduk secara merata dulu.

Di Korea Selatan, kota Jeonju, Jinju dan Tongyeong terkenal akanbibimbap versi daerah masing-masing. Pada tahun 2011, bibimbap terdaftar di urutan ke 40 dari 50 makanan paling lezat di dunia melalui poling pembaca yang dikumpulkan oleh Travel CNN. Di kota Jeonju (전주), ibukota dari provinsi Jeola Utara, terkenal di penjuru Korea Selatan karena bibimbap versi wilayah ini, dikatakan berdasarkan hidangan kerajaan pada Dinasti Joseon.

Nama Bibimbap sendiri diadopsi pada abad ke-20. Mulai dari jaman Joseon (1392 – abad ke-16) hingga abad ke-20, bibimbap disebutgoldongan, yang berarti nasi yang dicampur dengan berbagai jenis makanan lainnya. Makanan ini secara tradisi dimakan pada malam tahun baru imlek karena masyarakat pada saat itu merasa bahwa mereka harus menghabiskan sisa makanan pendamping sebelum tahun baru. Solusi dari masalah tersebut dengan meletakkan sisa-sisa makanan kedalam semangkuk nasi dan mencampurkannya. Bibimbap juga diperkirakan dimakan oleh para petani selama bertani karena karena cara membuatnya termasuk yang paling mudah untuk orang banyak.Bibimbap dikenal sebagai goldongan pada waktu itu, disajikan kepada raja sebagai makan siang atau camilan.

Bibimbap - Nasi Campur ala Korea

Bibimbap pertama kali disebutkan di Siuijeonseo, sebuah buku masak anonim dari akhir abad ke-19. Disana, bibimbap diberi nama 부븸밥 (bubuimbap). Beberapa pelajar menyatakan bahwa bibimbap berasal dari latihan tradisional dari mencampur semua hidangan makanan di upacara kepercayaan (jesa) di sebuah mangkuk sebelum memakannya.

Sejak akhir abad ke-20, bibimbap telah menyebar di berbagai negara, karena persiapan membuatnya yang mudah. Makanan ini juga disajikan di banyak maskapai penerbangan yang berhubungan dengan Korea.

Meski terlihat berwarna-warni tapi bahan-bahan dari bibimbap berisikan banyak perlambangan loh! Hitam atau warna gelap mewakili Utara dan ginjal – contohnya, jamur shiitake, rumput laut. Merah atau oranye representasikan Selatan dan jantung, dengan cabai, wortel dan jojoba. Hijau mewakili Timur dan hati, dengan timun dan bayam. Putih adalah Barat atau paru-paru, dengan makanan seperti tauge, lobak dan nasi. Dan terakhir kuning menggambarkan Tengah atau perut, dengan makanan seperti labu, kentang atau telur.

Dalam membuat bibimbap sayuran yang biasanya digunakan diantaranya timun yang dipotong memanjang, zucchini (courgette), mu (daikon), jamur, doraji (akar bunga bellflower), bayam, tauge dangosari (ranting tumbuhan paku). Dobu (tahu) yang putih ataupun berbumbu, daun selada bisa ditambahkan ke hidangan ini. Ayam atau makanan laut bisa menjadi pengganti daging sapi. Untuk presentasi dari tampilan bibimbap, sayuran sering ditempatkan menjadi pelengkap warna. Dalam versi Korea Selatan, minyal wijen, sambal(gochujang), dan biji wijen ditambahkan kedalam makanan.

Salah satu variasi dari makanan ini, dolsot bibimbap (돌솥 비빔밥, dolsot berarti kuali batu), disajikan dalam sebuah kuali/mangkuk yang sangat panas dimana telur mentah dimasak berlawanan sisi dari mangkuk. Mangkuk yang digunakan sangat panas sehingga apapun yang disentuhnya akan mendesis dalam hitungan menit. Sebelum nasi diletakkan di dalam mangkuk, bagian bawah mangkuk yang digunakan dilapisi minyak wijen, membuat lapisan nasi yang menyentuh mangkuk akan renyah, coklat keemasan (누릉지). Varian ini biasanya dipesan dulu baru disajikan, dengan telur dan bahan lainya dicampur dalam potsebelum dikonsumsi.

Bibimbap - Nasi Campur ala Korea

dolsot bibimbap (돌솥 비빔밥)

Bibimbap - Nasi Campur ala Korea

hoedeopbap (회덮밥)

 

Variasi lain dari bibimbap, disebut hoedeopbap (회덮밥), menggunakan berbagai makanan laut mentah, seperti salmon, tuna, nila atau terkadang gurita, tapi di setiap mangkuk nasi biasanya berisi hanya satu varian seafood. istilah hoe berarti ikan mentah. Makanan ini termasuk populer di sekitar pantai Korea yang ikannya berlimpah.

Masih terdapat banyak macam dari bibimbap, seperti bibimbap rebung, bibimbap herbal liar, dan bibimbap mangkuk tembaga.

Wah, penasaran kan akan cita rasa ‘nasi campur’ ini? 

 

 

written by halooKorea / reference Wikipedia

Rating: 5.0/5. From 7 votes.
Please wait...
14 Comments
  1. Jenifer Jung 2 years ago

    pingin banget cobain,sayangnya resto korea di indonesia susah ditemui 🙁

    Rating: 5.0/5. From 1 vote.
    Please wait...
  2. Bianca Bianca 2 years ago

    Saya ada rekomendasi resto korea,tapi memang sedikit mahal
    masalah rasa jangan ditanya deh… enak kok

    No votes yet.
    Please wait...
  3. Sherly Fani 2 years ago

    gue juga lagi cari yang pas nih, pernah nemu enak, tapi menunya kurang lengkap
    sedih kan *hiks

    No votes yet.
    Please wait...
  4. Jenifer Jung 2 years ago

    saya juga pernah nemu di resto korea ditempat tinggal saya dulu di Surabaya
    lagi-lagi menunya kurang lengkap dan harganya pun tidak sesuai
    boleh rekom dong @bianca-bianca

    No votes yet.
    Please wait...
  5. Sherly Fani 2 years ago

    wih dari Surabaya? @jenifer-jung

    No votes yet.
    Please wait...
  6. Bianca Bianca 2 years ago

    gue rekomin di Myeong Ga Myeon Ok
    itu daerah jakarta selatan,gue lupa alamatnya dimana cari di google ya hehehehe
    kalo di surabaya belum tau,bukan orang sana sih *pisss

    Rating: 5.0/5. From 1 vote.
    Please wait...
  7. Jenifer Jung 2 years ago

    @sherly-fani hahaha enggak kok kak,dari bekasi dulunya tinggal di Surabaya
    @bianca-bianca oh jaksel ya. yg di bekasi ada gak ya?hehehehe

    No votes yet.
    Please wait...
  8. Sherly Fani 2 years ago

    @jenifer-jung aku juga dulu tinggal di Surabaya,tapi belum ada resto korea. sampai saya pindah ke Jakarta,baru bemunculan resto korea di Surabaya seperti sekarang

    No votes yet.
    Please wait...
  9. Jenifer Jung 2 years ago

    oh begitu, kalo kakak masih ingat jalanan surabaya, di daerah PTC itu ada resto korea
    kalo saya masih sering pulang ke surabaya @sherly-fani

    No votes yet.
    Please wait...
  10. Sherly Fani 2 years ago

    itu Pakuwon ya? jauh amat dari temapat tinggal gue dulu ya
    dulu gue di daerah deket bandara situ tinggalnya @jenifer-jung

    No votes yet.
    Please wait...
  11. Jenifer Jung 2 years ago

    @sherly-fani hahaha ya lumayan itu kak kalo mau kesana bisa 1 jam lebih kalo gak macet 😀

    No votes yet.
    Please wait...
  12. Sherly Fani 2 years ago

    kagak deh, mending gue di Jakarta aja lumayan deket sama tempat gue, ya walupun gak komplit sih menunya @jenifer-jung

    No votes yet.
    Please wait...
  13. Jenifer Jung 2 years ago

    @sherly-fani kalo gak mau jauh di mall juga biasanya ada resto korea kok kakak,tapi jujura aja sih belum pernah cobain kalo yang di dalem mall

    No votes yet.
    Please wait...
  14. Sherly Fani 2 years ago

    kalo yang di dalem mall sih gue juga pernah coba @jenifer-jung
    Kimchinya dikit hahahaha

    No votes yet.
    Please wait...

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*




©2018 halooKorea All Rights Reserved

error: Content is protected !!

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account