Ayam

Ayam BBQ Lezat Korea – Dak Galbi

Annyeong haseyoo~

Haloo chingu. Sudah lama ya kita tidak membahas makanan Korea ㅋㅋㅋㅋ. Nah, kali ini kami akan membahas BBQ ayam lezat ala Korea yang namanya dak galbi (닭갈비). Bagi chingu yang melaksanakan ibadah puasa, menu ini bisa dibuat sebagai hidangan buka puasa loh. Mungkin bagi orang Indonesia, menu yang satu ini sangat pas di lidah. Baiklah, apa chingu ingin tahu lebih lanjut tentang menu yang satu ini? Okey, kalau begitu, selamat menyimak~

dak galbi. Sesuai namanya, dak (닭) artinya adalah ayam. Sedangkan galbi (갈비) artinya adalah tulang rusuk atau rib. Jadi kalau di gabung menjadi satu, maka dak galbi artinya adalah ayam tulang rusuk ㅋㅋㅋㅋ. Namun secara umum, dak galbi ini merupakan menu ayam sejenis barbecue gitu. Apa? Kalian ingin tahu cara memasaknya? Sabar chingu. Sebelum kami memberitahu cara memasaknya, kami ingin memberitahu variasi dari dak galbi ini. Apa saja sih variasinya?

 

Dak Galbi Original – Dak Galbi asli Chunchŏn

Ayam BBQ

Well then, sekarang kita memasuki varian dak galbi pertama yang sebenarnya bukanlah varian. Loh, apa sih maksudnya? Mianheyo, chingu pasti bingung ya ㅋㅋㅋ. Jadi maksud kami itu, dak galbi ini bukanlah varian, melainkan versi original alias asli, serta dibuat pertama kali di daerah Chunchŏn. Kalau begitu, pasti ada sejarah bagaimana dak galbi ini diciptakan ya. Okelah, kami akan membahas sejarah dak galbi original dulu ya, baru deh membahas cara bikinnya~

Dak galbi original muncul pertama kali pada tahun 1960-an di daerah Chunchŏn. Pada waktu itu, menu dak galbi merupakan menu anju murah meriah yang dihidangkan di warung kecil. Chingu tahu anju kan? Anju itu artinya makanan yang dimakan sambil minum alkohol. Karena menunya yang enak dan bahannya yang serba fresh, jadilah dak galbi ini terkenal di beberapa bagian sekitar Chunchŏn. Hingga ada satu lokasi yang terkenal dengan nama galbi golmok dimana banyak sekali restoran yang menyajikan dak galbi.

Meskipun dulunya dak galbi ini merupakan makanan anju, namun tidak ada bahan babi atau sejenisnya kok chingu. Jadi aman dikonsumsi orang islam. Nah, chingu pasti sudah bertanya-tanya ya sedari tadi, apa saja sih resepnya? Baiklah, kami akan menyajikan resepnya secara singkat, jelas dan padat. Chingu bisa mengira-ngira sendiri porsi bahannya. Karena porsi bahannya tergantung berapa orang yang mengkonsumsi dak galbi ini~

Bahan Utama:

  • Ayam
  • Susu
  • Air
  • Kubis
  • Kentang
  • Lauk-pauk tambahan (bisa seafood atau lainnya)
  • Daun bawang
  • Bawang Putih
  • Tteok (kue beras)

Bahan Saos:

  • Kecap
  • Gula
  • Bawang putih (lembutkan)
  • Gochujang
  • Gochugaru
  • Bubuk kari
  • Minyak kelapa sawit

Cara Membuat:

  • Ambil ayam secukupnya lalu potong daging kecil-kecil.
  • Campurkan ayam dengan susu murni biar bau amis ayam mereda, tunggu sekitar 30 menit.
  • Hilangkan susu dari ayam.
  • Campurkan bahan saos di mangkuk, lalu campurkan saos ke ayam hingga merata.
  • Tumis semua bahan termasuk ayam (yang sudah dicampur saos) ke dalam satu wajan besar dan panas.
  • Kuantitas airnya tidak boleh terlalu banyak (kira-kira 100 mL).
  • Tumis hingga ayam matang serta bahan tercampur rata.
  • Dak galbi sudah siap di sajikan, makan selagi panas.

Oke, itulah resep singkatnya dari kami. Seperti yang kami beritahu sebelumnya, porsi atau kuantitas bahannya kalian tentukan sendiri ya. Selamat bereksperiment~

 

Dak Galbi Keju – Rasa Kejunya Lumer di Mulut

Dakgalbi 03

Oke, sekarang kita masuk ke varian dak galbi paling lezat menurut kami. Mengapa kok paling lezat? Soalnya dikasih keju, kejunya mozarella juga euy. Darimana sih variasi ini berasal? Asal dari dak galbi keju ini tidak begitu jelas. Yang jelas kami sangat berterimakasih sama orang yang telah mencetuskan dak galbi keju ini. Be careful chingu, jika chingu menonton orang memakan dak galbi keju, kemungkinan besar perut chingu akan growl .

Sebenarnya resep dari dak galbi keju ini mirip banget sama dak galbi original. Hanya saja di bagian terakhirnya di tambahkan keju mozarella di pinggir atau di tengah dak galbi. Jika kalian ini menaruhnya di tengah, maka pisahkan dulu dak galbi yang sedang di tumis, lalu taruh deh potongan keju mozarella. Di jamin nagih deh, chingu. Apa, chingu ingin tahu resep lebih lengkapnya? Ya sudah deh, chingu bisa melihat di bawah ini. Namun sekali lagi kami tidak akan memberitahu kuantitas bahannya ya, chingu. Kalian kira-kira sendiri deh ㅋㅋㅋ.

Bahan Utama:

  • Ayam
  • Susu
  • Air
  • Kubis
  • Kentang
  • Lauk-pauk tambahan (bisa seafood atau lainnya)
  • Daun bawang
  • Bawang Putih
  • Tteok (kue beras)
  • Keju Mozarella

Bahan Saos:

  • Kecap
  • Gula
  • Bawang putih (lembutkan)
  • Gochujang
  • Gochugaru
  • Bubuk kari
  • Minyak kelapa sawit

Cara Membuat:

  • Ambil ayam secukupnya lalu potong daging kecil-kecil.
  • Campurkan ayam dengan susu murni biar bau amis ayam mereda, tunggu sekitar 30 menit.
  • Hilangkan susu dari ayam.
  • Campurkan bahan saos di mangkuk, lalu campurkan saos ke ayam hingga merata.
  • Tumis semua bahan termasuk ayam (yang sudah dicampur saos) ke dalam satu wajan besar dan panas.
  • Kuantitas airnya tidak boleh terlalu banyak (kira-kira 100 mL).
  • Tumis hingga ayam matang serta bahan tercampur rata.
  • Finishing, pisah dak galbi (saat masih di wajan), lalu taburkan potongan keju mozarella di situ.
  • Dak galbi keju sudah siap di sajikan, makan selagi panas.

Mudah kan? Selamat berkesperiment saja deh~

 

NasGor Dak Galbi – Dak Galbi Original Campur NasGor

dakgalbi 05

Nah, sekarang kita menuju varian terakhir dari dak galbi ini, yaitu nasi goreng (nasgor) dak galbi. Nah, sebenarnya nasgor dak galbi ini simple banget kok chingu. Nasgor dak galbi ini cuma dak galbi di kasih nasi, gitu, that’s it. Mudah banget kan. Dak galbi yang kami maksud itu adalah dak galbi original alias asli. Biasanya di warung yang menyediakan menu dak galbi, juga menyediakan nasi untuk jaga-jaga kalau pelanggan minta nasi buat di campur ke dak galbi.

Jadi ketika chingu sedang berada di warung makan atau restoran Korea, dan memesan dak galbi original. Chingu kan menikmati dak galbi original tuh ya. Nah, saat lidah chingu sedikit bosan sama rasa dak galbi original, padahal dak galbi masih ada di hadapan kalian, chingu tinggal bilang, “Tambah bap, please!” maka chingu tinggal mencampurkan nasi ke dak galbi hingga menjadi nasgor dak galbi. Mudah banget kan ya~

Apa kalian ingin tahu resepnya? Kurang lebih sama kok, chingu. Tidak terlalu mengubah resep originalnya, tinggal di tambah nasi saja. Apa? Pokoknya kalian ingin tahu secara detail resepnya? Baiklah, kami akan memberitahu resepnya. Tapi sekali lagi kami beritahu kalau kuantitas bahannya chingu kira-kira sendiri ya ㅋㅋㅋ. Bahan dan cara masaknya bisa chingu lihat di bawah ini~

Bahan Utama:

  • Ayam
  • Susu
  • Air
  • Kubis
  • Kentang
  • Lauk-pauk tambahan (bisa seafood atau lainnya)
  • Daun bawang
  • Bawang Putih
  • Tteok (kue beras)
  • Nasi putih (porsi terserah)

Bahan Saos:

  • Kecap
  • Gula
  • Bawang putih (lembutkan)
  • Gochujang
  • Gochugaru
  • Bubuk kari
  • Minyak kelapa sawit

Cara Membuat:

  • Ambil ayam secukupnya lalu potong daging kecil-kecil.
  • Campurkan ayam dengan susu murni biar bau amis ayam mereda, tunggu sekitar 30 menit.
  • Hilangkan susu dari ayam.
  • Campurkan bahan saos di mangkuk, lalu campurkan saos ke ayam hingga merata.
  • Tumis semua bahan termasuk ayam (yang sudah dicampur saos) ke dalam satu wajan besar dan panas.
  • Kuantitas airnya tidak boleh terlalu banyak (kira-kira 100 mL).
  • Tumis hingga ayam matang serta bahan tercampur rata.
  • Finishing, campur nasi putih (porsi terserah chingu) ke tumisan, lalu campur hingga rata.
  • Nasgor dak galbi sudah siap di sajikan, makan selagi panas.

Bagaimana? Sudah tahu resepnya kan, chingu? Sebaiknya chingu menambahkan nasinya setelah chingu menikmati dak galbi originalnya dulu. Karena biasanya, dak galbi itu untuk porsi banyak, dan tidak semua orang ingin makan nasi. Jadi jika dak galbi tinggal sedikit, barulah tumis dengan nasi putih. Paham kan, chingu? Okelah kalau begitu. Kalau ada pertanyaan dan komentar, silahkan kasih di bawah ini ya, di kolom komentar maksud kami ㅋㅋㅋ. Well then, uri kanta~

 

Written by halookorea.com

Rating: 5.0/5. From 2 votes.
Please wait...
2 Comments
  1. Siska Sari 3 years ago

    Makasih infonya min, besok mau coba masak hehehe

    No votes yet.
    Please wait...
  2. Ristra Mei Ronawati 2 years ago

    Ah susah di praktekin,tpi pemasaran rasanya

    No votes yet.
    Please wait...

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*




©2019 halooKorea All Rights Reserved

error: Content is protected !!

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account