hanbok Fashion Budaya Korea

Anak-anak dalam Balutan Hanbok (busana tradisional Korea)

haloo! Kalian pasti sudah tahu kan busana tradisional Korea? Yups, it’s hanbok. Hanbok merupakan busana tradisional Korea. Busana ini bercirikan warna yang cerah dan garis-garis yang sederhana tanpa saku. Sekarang ini, banyak remaja yang menggunakan hanbok karena efek popularitas K-pop yang sudah mendunia. “Budaya Korea telah menjadi hal yang tren dikalangan anak muda Korea karena popularitas global budaya K-pop. Kami perlu melanjutkan mengembangkan konten baru sehingga tren ini tidak akan cepat ditingglkan.” ucap Choi Jeong-cheol, yang mempromosikan hanbok untuk Kementrian Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata. Namun, hanbok tidak hanya digunakan oleh para remaja dan orang dewasa Korea saja, anak-anak Korea juga mempunyai hanbok sendiri, yakni Kkachi durumagi.

hanbok Fashion Budaya Korea

Busana kkachi durumagi merupakan mantel panjang anak-anak yang penuh warna pada hanbok, busana tradisional Korea, yang dulu dipakai pada saat Seollal, Tahun baru dalam kalender Cina. Nama dari Kkachi durumagi terdiri dari dua kata dalam bahasa Korea; kkachi yang merujuk pada burung murai dan durumagi, sejenis mantel. Dalam mitologi Korea, burung murai digambarkan sebagai pemberi pesan yang memiliki keberuntungan yang mengirimkan berita baik dan penyedia perkembangan dan kemakmuran. Malam sebelum Seollal dirujuk sebagai “Kkachi Seollal” (tahun baru). Mantel pada hanbok anak-anak ini dinamai dengan nama burung untuk merefleksikan kepercayaan masyarakat karena anak-anak menginginkan hari libur segera tiba.

Busana ini juga dinamakan obangjang durumagi karena terdiri dari lima warna, yang mewakili lima arah mata angin yang berbeda (obang) berdasarkan filosofi Oriental – timur (biru), barat (putih), selatan (merah), utara (hitam), tengah (kuning).

Kkachi durumagi dipakai menutupi jeogori (sebuah mantel) dan jokki (sebuah rompi) sedangkan anak yang memakainya bisa memakai jeonbok (rompi yang panjang) setelahnya. Kkachi durumagi juga dipakai bersama dengan penutup kepala seperti bokgeon (topi), hogeon (topi dengan pola harimau) untuk anak laki-laki atau gulle (penutup kepala yang dihias) untuk anak perempuan. Namun, lebih sering dipakai oleh anak laki-laki.

Dulu, kkachi durumagi dipakai sebagai seolbim (설빔), pakaian dan sepatu baru yang disiapkan untuk menyambut Seollal. Tetapi pada saat ini, pakaian ini dipakai sebagai dorot, pakaian resmi pada doljanchi, perayaan ulang tahun pertama seorang bayi.

Aww! Betapa menggemaskannya anak-anak mereka memakai kkachi durumagi 😀

hanbok Fashion Budaya Korea

 

Edited by HalooKorea.com / Reference : Kkachi durumagi, Hanbok

Rating: 5.0/5. From 2 votes.
Please wait...
1 Comment
  1. Kaka 3 years ago

    Anak kecil dipakain pakaian tradisional itu emang gemesin.
    Aduh pengen nyubit jadinya >,<

    Rating: 5.0/5. From 1 vote.
    Please wait...

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*




©2018 halooKorea All Rights Reserved

error: Content is protected !!

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account