Bubur Sehat Ala Korea

Haloo~

Annyeong haseyo chingu. Kalian pasti tahu bubur dong. Kalau di Indonesia kita hanya sering dengar bubur ayam atau bubur kacang hijau, di Korea juga punya bubur yang khas loh, dan tentunya baik untuk kesehatan. Oh ya, bubur ini juga cocok untuk diet loh. Ayo-ayo chingu yang badannya ingin seperti artis-artis Korea kesayangan chingu, yuk simak cuplikan tentang bubur sehat ala Korea dibawah ini~

Bubur, atau di Korea lebih dikenal dengan sebutan juk (죽; ) adalah jenis bubur nasi yang biasanya dihidangkan pada waktu pagi. Juk (죽; ), sering disajikan selagi hangat di Korea, dan lebih sering disajikan saat pagi hari. Kalau orang Indonesia bilang bubur cocok untuk sarapan, hehehe. Namun, baru-baru ini makan ini juga bisa dihidangkan setiap saat. Juk (죽; ), terkenal akan kaya manfaatnya, teksturnya yang lembut membuat pencernaan menjadi lancar.

Hidangan ini cocok bagi orang-orang yang sedang tidak sehat atau sedang sakit untuk memulihkan kesehatannya. Selain itu, Juk (죽; ) sendiri juga merupakan makanan yang cocok untuk disajikan oleh para balita yang belum bisa mengunyah. Maka tidak heran jika makanan ini digemari oleh berbagai kalangan, dari balita, dewasa hingga orang tua sekalipun. Karena makanan ini merupakan makanan yang paling digemari, Juk (죽; ) memiliki beberapa cara penyajian loh.

 

Macam-Macam Juk (죽; )

1. Sayur 야채죽(YaChae-juk)

Bubur sayur, di Korea terkenal dengan sebutan YaChae-juk (야채죽). Bubur ini biasanya disajikan pada pagi hari. Bagi kalian yang pencernaanya kurang lancar makanan ini patut dicoba ya, karena berfungi untuk meningkatkan fungsi usus serta hati dan mampu untuk mengatasi sembelit. Makanan ini juga cocok untuk diet loh karena makanan ini kaya dengan sayuran. Wah, bagi chingu yang ingin sekali berat badannya seperti artis-artis Korea patut coba yang satu ini nih.

Bahan:

  • Beras (Boleh beras ketan)
  • Sayuran (Wortel, brokoli, paprika, bawang putih, bawang bombay)
  • Daging (Sapi, ayam, tuna, seafood)

Cara Membuat:

  • Bersihkan beras atau beras ketan, kemudian rendam dalam air selama 30 menit
  • Potong sayuran kecil-kecil sehingga cepat matang dan mudah hancur (Point dari bubur adalah tidak memerlukan waktu untuk mengunyah)
  • Masak daging yang telah dicincang halus (Daging yang digunakan bisa sesuai selera)
  • Masak bersama bawang putih dan bawang bombay
  • Masukkan beras dan masak hingga matang
  • Kemudian masukkan sayuran
  • Setelah tampak matang tambahkan air
  • Tunggu hingga matang, tambahkan kecap asin atau garam secukupnya
  • Aduk kemudian sajikan selagi hangat

2. Ayam 삼계죽(Samgye-juk)

Bubur Sehat Ala Korea

Kalau Indonesia punya bubur ayam, Korea juga punya menu bubur ayam loh. Tidak kalah dengan bubur sayur tadi, bubur ayam yang satu ini juga memiliki cita rasa yang tidak kalah enak dan tentunya kaya akan manfaat loh. Bubur ini mempunyai bahan yang tidak dimiliki oleh bubur-bubur lain yaitu jujube. Manfaat jujube diantara lain mencegah insomnia, masalah sirkulai darah, memperkuat tulang, mengendalikan berat badan,meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi stress, menjaga kesehatan kulit, hingga mencegah kanker. Kemudian untuk ayamnya sendiri, kaya akan protein yang bisa membantu memulihkan stamina akibat kelelahan. Khusus yang sedang diet kami sarankan untuk ambil bagian dada ayam. Selain itu juga ada gingseng yang juga bisa membantu untuk pumilhan stamina dan mengaktifkan enzim dalam tubuh. Makanan ini biasanya disajakian saat musim panas. Namun jika chingu ingin sekali makan Samgye-juk (삼계죽) saat musim dingin juga boleh kok, karena makanan yang satu ini kaya manfaatnya.

Bahan:

  • Beras
  • 1 ekor ayam
  • Bawang putih
  • Jujube
  • Gingseng

Cara Membuat:

  • Cuci beras hingga bersih kemudian diamkan bersama air selama 30 menit
  • Bersihkan ayam dan beri garam, lalu diamkan
  • Masukkan bawang putih,beras,gingseng dan jujube kedalam ayam tambahkan air kemudian masak dengan api sedang
  • Setelah matang tambahkan daun bawang untuk mempercantik tampilan makanan dan sajikan selagi hangat.

3. Labu 호박죽(Hobak-juk)

Bubur Sehat Ala Korea

Buah labu terkenal akan kaya manfaat, maka tidak heran jika buah ini juga menjadi favorite banyak orang. Banyak olahan tentang buah yang satu ini, salah satunya di Korea menjadikan buah yang satu ini sebagai bubur. Labu sendiri dapat membantu diabetes karena kaya akan bahan-bahan yang mempromosikan sekresi insulin. Kandungan beta karotennya yang dapat diubah menjadi vitamin A dalam tubuh, memiliki manfaat untuk membantu kesehatan mata. Selain itu, dalam labu juga mengandung serat nabati dan pektin yang membatu menenangkanpembekakkan dalam tubuh. Serta memiliki efek detoksifikasi dan parasetamol yang kaya akan vitamin, yang dapat menyembuhkan asma.

Bahan:

  • Labu kuning
  • Tepung (Boleh tebung beras atau tepung ketan)
  • Gula

Cara Membuat:

  • Masak labu yang sudah dibersihkan dengan api sedang
  • Ketika matang, haluskan labu
  • Campur tepung dengan air dan gula secukupnya
  • Masak labu yang telah dihaluskan, masukkan tepung yang sudah ditambahkan air
  • Tambahkan gula dan garam secukupnya

Cara Membuat Adonan Tambahan:

  • Campurkan tepung tambahkan gula dan garam secukupnya, kemudian aduk
  • Buat adonan dengan bentuk yang diinginkan seperti bola-bola atau lainnya dan tambahkan saat dimasak bersama labu yang sudah dihaluskan

4. Kacang hijau 녹두죽(Nokdu-juk)

 

Jika di Indonesia sering kita jumpai bubur kacang hijau, di Korea juga memiliki makanan yang juga menggunakan kacang hijau loh. Bubur kajang hijau di Korea lebih dikenal dengan sebutan Nokdu-juk (녹두죽). Kacang hijau memang kaya akan manfaatnya seperti untuk mengaktifkan metabolisme tubuh, melepaskan zat beracun, pembangkit stamina, mendorong nafsu makan. Kacang hijau juga berfungsi untuk meningkatkan fungsi ginjal, hal ini baik untuk mencegah sistitis dan saluran batu kemih. Selain itu, makanan yang satu ini juga bagus untuk meredakan orang mabuk karena efek alkohol. Manfaat lain untuk wanita adalah mencegah jerawat sehingga mempercantik kulit.

Bahan:

  • Kacang hijau yang sudah dikeringkan dan dibuang kulitnya
  • Beras

Cara Membuat:

  • Campur kacang hijau dan beras dengan takaran yang sama dan cuci bersih, kemudian diamkan hingga 1 jam
  • Masak dengan minyak wijen
  • Tambahkan air, kemudian masak dengan api sedang dan tunggu hingga mendidih
  • Tambahkan garam secukupnya
  • Sajikan bersama rumput laut atau sesuai selera

5. Kacang merah 단팥죽(Danpat-juk)

Siapa yang tidak tahu khasiat dari jenis biji-bijian yang satu ini. Biji-bijian yang satu ini memang sudah terkenal akan kaya manfaat, maka tidak heran biji-bijian yang satu ini dikelolah menjadi berbagai jenis makanan. Seperti di Korea, kacang merah ini disajiakn dengan cara membuatnya mencadi hidangan yang sangat lezat denga sebutan danpat-juk (단팥죽). Kacang merah berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan kualitas lipid. Kandungan lain yaitu saponin larut thrombus dan komponen polifenol yang mampu menghilangkan kolesterol yang terakumulasi dalam pembuluh darah dan mampu mengaktifkan oksigen dalam tubuh, sehingga secara otomatis akan membersihkan darah. Hal ini bisa mendukung pencegahan penyakit seperti hipertensi, hyperlipemia dan arteriosklerosis.

Bahan:

  • Kacang merah
  • Gula
  • Tepung

Cara Membuat:

  • Masak kacang merah bersama air yang telah dibersikan, masak dengan api kecil sehingga kacang bisa menjadi lunak
  • Haluskan kacang merah yang sudah matang dan buang kulitnya
  • Pisahkan air dan kacang yang sudah dihaluskan tadi
  • Tambahkan air, kemudian masak
  • Tambahkan adonan
  • Buat tepung dan air dengan takaran yang sama dalam tempat terpisah. Aduk, kemudian tambahkan
  • Tambahkan gula dan garam secukupnya dan sajikan

Cara Membuat Adonan Tambahan:

  • Campurkan tepung tambahkan gula dan garam secukupnya, kemudian aduk
  • Buat adonan dengan bentuk yang diinginkan seperti bola-bola atau lainnya dan tambahkan saat dimasak bersama labu yang sudah dihaluskan

 

Nah, itu tadi cuplikan tentang bubur sehat ala Korea versi halookorea. Banyak khasiat dan manfaatnya ya chingu. Berbeda jauh dengan bubur yang di Indonesia hehehe. Kira-kira chingu disini yang sudah baca artiket yang satu ini penasaran tidak ya dengan bubur khas korea yang satu ini? Paling penasaran dan pengen cobain bubur yang mana sih? chingu bisa kirim komentar dibawah ini ya. Oh ya yang sudah cobain bubur-bubur diatas juga boleh kirim komentarnya ya. Ok, kami pamit dulu ya woori ganda~

 

Written by halookorea.com

Rating: 5.0/5. From 5 votes.
Please wait...
4 Comments
  1. Bianca Bianca 2 years ago

    yang labu kuning enak tuh kayaknya manis deh kelihatannya

    No votes yet.
    Please wait...
  2. Ristra Mei Ronawati 2 years ago

    Kacang merah tuh enak kayaknya

    No votes yet.
    Please wait...
  3. Jenifer Jung 2 years ago

    Cara masaknya ribet amat ya kayaknya

    No votes yet.
    Please wait...
  4. Sherly Fani 2 years ago

    oh berarti berasnya gak lembek kayak bubur di indo kebanyak ya

    No votes yet.
    Please wait...

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*




©2018 halooKorea All Rights Reserved

error: Content is protected !!

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account