Jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya

Kenali Jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya

Sudah bolak-balik menggunakan obat jerawat, tetapi tak kunjung sembuh? Agar dapat ditangani dengan baik, kamu sebaiknya cari tahu dulu jenis jerawat pada wajah kamu. Apakah termasuk dalam kategori comedonal, nodulocystic, atau jenis jerawat lainnya? Nah, kenali dulu yuk jenis jerawat dan cara mengatasinya berikut ini.

 

Inflammatory

Jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya

Ada 2 jenis jerawat yang tergolong dalam inflammatory acne, yaitu papules dan pustules. Keduanya sama-sama memiliki ciri yang kemerahan meradang yang sakit saat ditekan. Namun, papules hanya berwarna kemerahan, sedangkan pustules berwarna kemerahan dan berisi nanah.

Jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya

Untuk mengobati jerawat yang meradang, kamu dapat menggunakan acne spot treatment yang mengandung bahan aktif seperti benzoyl peroxide dan salicylic acid. Benzoyl peroxide berguna untuk membunuh bakteri yang telah tercampur dengan sel kulit dan mencegah terbentuknya bakteri baru. Sedangkan salicylic acidberfungsi mengangkat sel kulit mati yang dapat menjebak sebum dan bakteri dalam pori-pori.

 

Comedonal

Jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya

Jenis jerawat ini umumnya disebabkan oleh pori-pori atau folikel rambut yang tersumbat oleh kotoran, bakteri, sel kulit mati, atau rambut. Jerawat yang masih tertutup oleh kulit disebut dengan whiteheads, sedangkan jerawat yang terbuka dan berwarna kehitaman disebut dengan blackheads. Comedonal acne umumnya terjadi pada seseorang yang memiliki jenis kulit berminyak.

Jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya

Kunci dalam menangani masalah jerawat ini adalah dengan menjaga kebersihan kulit dengan baik. Tidak hanya dengan mencuci wajah, tetapi juga dengan rutin melakukan eksfoliasi. Eksfoliasi dapat membantu mengurangi minyak berlebih dan sel kulit mati dari wajah. kamu bisa menggunakan chemical exfoliant yang mengandung AHA atau BHA.

 

Nodulocystic

Jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya

Jenis jerawat ini terbentuk akibat produksi sebum berlebih tidak bisa keluar dan terjebak dalam pori-pori. Selain menimbulkan rasa sakit, nodulocystic acne juga meninggalkan bekas jerawat yang cukup dalam. Untuk mengobatinya, pengaplikasian spot treatment secara topikal tidaklah cukup dan waktu penyembuhannya pun tergolong lama. Hal ini disebabkan karena jerawat tumbuh jauh di dalam permukaan kulit. Perlu kosultasi dengan dokter untuk mendapatkan acne spot treatment khusus atau obat jerawat yang dikonsumsi dengan cara diminum. Semakin cepat kamu melakukan pengobatan, semakin sedikit bekas jerawat yang akan terbentuk.

NonCo Tea Tree Spot Patch (Night Care)

Edited by halookorea.com
Sumber: Kinimall

No votes yet.
Please wait...
0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*




©2019 halooKorea All Rights Reserved

error: Content is protected !!

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account