Sad Romance Korea

Tiga Film Sad Romance Korea Terbaik

Haloo~

Duh, hari ini kami sedih banget, soalnya kami baru saja menonton film-film layar lebar Korea yang sedih-sedih. Mungkin kalian bertanya-tanya, kok menonton film sedih sih? Soalnya kesedihan adalah salah satu warna kehidupan, karena kesedihanlah kita bisa merindukan kebahagiaan (dalam banget ). Nah, setelah kami menonton film-film sedih Korea, kami merangkum tiga film romantis sedih Korea terbaik. Bagi kalian yang suka film sedih, pasti cocok deh di hati kalian. Karena endingnya juga menyedihkan 

Baiklah, sebelum kami membahas tentang tiga film sedih Korea, kami ingin memberitahu kalau spoiler akan banyak bertebaran di bawah. Namun kami tidak akan membocorkan endingnya, hanya tokohnya, dan sinopsis versi kami sendiri. Jadi jangan terlalu resah, tidak akan kami bocorkan endingnya kok. Oke, tanpa menunggu lebih lama lagi, selamat menyimak~

 

3. Always

Sad Romance Korea

Nah, kita sekarang menuju film layar lebar Korea romantis sedih ketiga yang berjudul ‘Always’ (Judul Korea – 오직그대만; Only You). Film ini dirilis pada tanggal 20 Oktober 2011 dengan durasi sekitas 100 menit-an. Jadi sekitar satu setengah jam lebih sedikit ya durasinya, namun mampu membuat hati kami selaku penonton terenyuh dan sedih. Apalagi di dalam film ini diperankan oleh aktor dan artis beken Korea seperti So Ji Sub dan Han Hyo Joo. Rating film ini juga terbilang cukup bagus yaitu sebesar 7.8 dari 10 menurut IMDb.

So Ji Sub dan Han Hyo Joo sudah terkenal loh di dalam dunia perfilman Korea maupun mancanegara. So Ji Sub pernah berperan di drama-drama keren seperti ‘Master’s Sun’, ‘Oh my Venus’, dan ‘Sorry, I Love You’. Eh, mungkin kalian kira So Ji Sub mirip sama pemeran di film Hollywood ‘Fast and Furious’ ya? Bukan kok, itu beda aktor 

Kalau Han Hyo Joo sudah sangat sering berperan di film maupun drama Korea seperti ‘Cold Eyes’, ‘C’est Si Bon’, dan yang terbaru adalah ‘Love, Lies’. Dia juga mendapat penghargaan sebagai artis terbaik dalam perannya di dalam film keren ‘Cold Eyes’ pada ajang Blue Dragon Film Awards tahun 2013. Jadi akting mereka berdua tidak perlu diragukan lagi deh. Okey, sekarang mari kita membahas tentang karakter dan sinopsis versi kami sendiri.

Kami akan membahas dua karakter penting saja dalam drama ini. Karakter yang pertama adalah Cheol Min yang diperankan oleh So Ji Sub. Cheol Min adalah seorang pria misterius yang memiliki masa lalu yang kelam dunia hitam. Dia sebenarnya pendiam, dingin, dan berwajah tanpa ekspresi. Namun hatinya telah berubah ketika dia bertemu dan menjalin hubungan dengan wanita tuna netra bernama Jung Hwa yang diperankan oleh Han Hyo Joo.

Jung Hwa adalah wanita tuna netra yang tinggal di daerah tempat Cheol Min bekerja pada malam hari sebagai penjaga parkiran. Jung Hwa adalah wanita yang terlihat ceria. Meskipun dia tidak dapat melihat, namun hatinya sungguh baik. Dia juga memiliki masa-lalu yang kelam meskipun tidak pernah berkecimpung di dunia hitam. Dia tidak buta sejak lahir, melainkan karena kecelakaan yang menewaskan kedua orangtuanya dan juga merenggut panca indranya. Baiklah, kami rasa sudah cukup ya penjelasan karakternya. Sekarang kita beralih ke sinopsis versi halooKorea~

Sad Romance Korea

Nah, sekarang mari kita membahas tentang sinopsis dari film sedih namun keren ini. Karakter utamanya bernama Cheol Min yang kerjanya tidak menentu. Ketika matahari menampakkan wujudnya, dia bekerja sebagai tukang angkat galon. Kami akui kalau dia sangat kuat mengangkat galon dari lantai dasar ke lantai pertengahan gedung. Lalu untuk bekerja di malam hari, dia lari loh. Staminanya sungguh jempol deh.

Lalu pada malam hari dia bekerja sebagai tukang parkir, lebih tepatnya sebagai tukang buka-tutup portal mobil. Pada suatu malam saat dia sedang asyik menonton pertarungan tinju di TV, tanpa diduga, ada wanita tuna netra masuk ke tempat dia bekerja. Wanita tuna netra itu bernama Jung Hwa. Dia salah mengira kalau Cheol Min adalah bapak-bapak penjaga parkir sebelum digantikan Cheol Min. Ah, bagaimana ya menjelaskannya. Jadi bapak-bapak yang bekerja sebagai tukang parkir itu digantikan sama Cheol Min. Nah, Jung Hwa kan tidak tahu, jadi dia masuk tanpa permisi serta memberikan makanan ke Cheol Min. Jadi wajar sih ya kalau Cheol Min bingung banget lihat aksi sok kenal sok dekatnya Jung Hwa

Sad Romance Korea

Nah, waktu Cheol Min tanya, “nu-gu-se-yo?” atau “siapa kamu?” barulah Jung Hwa sadar kalau lawan bicaranya adalah pria asing yang tidak ia kenal. Jung Hwa lalu mengambil lagi makanan (jeruk dan beberapa snack lainnya) yang ia beri ke Cheol Min (kok diambil lagi ya ). Dia kemudian pergi dalam keadaan hujan dan gelap. Karena tidak tega, akhirnya Cheol Min mengajak Jung Hwa kembali ke ruangannya Cheol Min. Di dalam ruangan tempat menjaga parkiran itu, Jung Hwa dan Cheol Min menonton drama bersama-sama. Lalu ketika hujan sudah reda, Jung Hwa pulang dan memberikan makanan ke Cheol Min. Nah, benih-benih cinta tumbuh deh~

Jalan cerita semakin berkembang seiring jalannya cerita. Cheol Min yang dulunya merupakan atlet tinju kembali bertinju dan babak belur. Hubungan dia dengan Jung Hwa juga semakin berkembang, malah tinggal bersama. Suatu hari, Cheol Min mengetahui suatu fakta mengejutkan tentang hubungan masa-lalu antara dia dan Jung Hwa. Dia menemukan sebuah fakta yang … ah, tidak seru kalau kami beritahu 

Karena fakta itulah, Cheol Min akhirnya mengumpulkan uang hingga ikut pertarungan tinju ilegal. Dia bertekad untuk menyembuhkan matanya Jung Hwa. Hingga akhirnya dia harus menanggung resiko yang besar agar Jung Hwa bisa melihat lagi. Pengorbanan Cheol Min membuat kami terenyuh pakai banget. Endingnya tidak terlalu sedih kok, tidak ada yang mati di antara keduanya. Namun tetap saja ada unsur sedihnya juga. Kami rasa sinopsis film ini cukup sampai disini saja. Kalian pasti penasaran kan? Tonton deh filmnya~

Sad Romance Korea 20

2. Maundy Thursday

Sad Romance Korea

Oke, kita beranjak ke posisi kedua film romantis sedih Korea yang judulnya ‘Maundy Thursday’ (Judul Korea – 우리들의 행복한 시간; Our Happy Time). Film ini tayang pada tanggal 14 September 2006 dengan rating 7.6 dari 10 menurut IMDb. Kalau menurut rating, lebih bagus ‘Always’ sih ya, namun film ini terasa lebih sedih dan gloomy. Dengan durasi film sekitar dua jam, sukses membuat kedua bola mata kami mengeluarkan air mata 

Film ini diperankan oleh aktor dan artis terkenal yaitu Kang Dong Won (Gang Dong-won) dan Lee Na Young, jadi kualitas aktingnya sudah tidak perlu diragukan lagi. Kang Dong Won telah sukses membuktikan kualitas aktingnya pada drama dan film Korea keren seperti drama ‘Something About 1 Percent’ dan film ‘The Priests’. Terutama akting dia dalam film ini sangatlah menjiwai. Dia terlihat totalitas banget~

Sedangkan Lee Na Young juga merupakan artis beken Korea yang juga suami dari Won Bin yang berperan sebagai karakter utama di film action keren ‘The Man from Nowhere’ yang masuk ke daftar 3 besar film action di HalooKorea. Loh kok malah membahas Won Bin. Nah, Lee Na Young ini juga merupakan artis senior di dunia perfilman loh. Dia memulai karirnya sejak tahun 1999 pada drama Korea yang berjudul ‘Did We Really Love?’ (‘Wooriga Jeongmal Saranghaesseulkka’). Film dan drama terkenal yang diperankan Na Young adalah film ‘Someone Special’ dan drama ‘Ruler of Your Own World’. Baiklah, tanpa menunggu lebih lama lagi, mari kita membahas karakter dan sinopsisnya~

Sad Romance Korea

Karakter utama pria bernama Jung Yoon Soo yang diperankan oleh Kang Dong Won. Dia merupakan residivis atau tahanan penjara yang mendapatkan hukuman mati karena membunuh tiga wanita. Kehidupan dia sangatlah berat dan sengsara. Dia harus kehilangan adiknya ketika dia tidak dianggap anak oleh ibu kandungnya. Dia akhirnya memilih jalan hitam untuk mencari uang.

Namun semenjak dia bertemu sama wanita yang ia cintai, ia akhirnya berjanji untuk tidak berkecimpung di dalam dunia hitam lagi. Namun karena wanita yang ia cintai sakit keras, akhirnya dia nekad berbuat jahat dan berakhir membunuh tiga wanita. Namun sebenarnya dia tidak membunuh tiga, melainkan satu saja. Tapi dia mengaku telah membunuh tiga wanita hingga akhirnya dia diberi hukuman mati. Yung Yoon Soo juga ditinggal pergi oleh wanita yang ia cintai. Dia akhirnya depresi berat dan ingin segera mati saja. Sifat dia yang awalnya ceria dan hangat berubah menjadi dingin dan brutal. Kang Dong Won sangat sukses memerankan karakter yang sifatnya berubah-ubah seperti Jung Yoon Soo~

Sedangkan di sisi lain, ada seorang wanita yang telah melakukan percobaan bunuh diri hingga tiga kali namun gagal terus, wanita itu bernama Moon Yoo Jung yang diperankan oleh Lee Na Young. Dia memiliki masa lalu yang sangat memilukan karena diperkosa oleh saudara sepupunya sendiri. Ibunya Moon Yoo Jung juga tidak membantu Yoo Jung ketika dia telah diperkosa, sehingga hubungan antara Yoo Jung dan ibunya tidak baik. Sifatnya Yoo Jung awalnya terasa dingin, liar, dan tidak punya semangat hidup. Dia tidak memperhatikan kesehatannya dan sering merokok.

Sad Romance Korea

Nah, sepertinya penjelasan karakternya sudah cukup ya. Sekarang mari kita membahas sinopsisnya yang sepertinya sudah terungkap sedikit di atas. Cerita ini mengisahkan tentang pertemuan antara pria dan wanita yang sudah tidak mempunyai semangat hidup lagi. Sang pria yang bernama Yoon Soo akan dihukum mati, sedangkan Yoo Sung telah terluka karena masa lalu kelam dan ingin segera mengakhiri hidupnya. Keduanya benar-benar mirip~

Nah, bibinya Yoo Sung memberitahu kalau di penjara ada yang ingin bertemu dengan Yoo Sung soalnya si tahanan ingin mendengarkan suaranya Yoo Sung ketika bernyanyi lagu kebangsaan. Oh iya, Yoo Sung dulu pernah menyanyikan lagu kebangsaan Korea dan ditayangkan di TV nasional. Dan ternyata residivis atau tahanan yang ingin bertemu adalah Yoon Soo.

Awal kali bertemu, Yoon Soo bersikap dingin dan kasar ke bibinya Yoo Sung. Yoon Soo merasa terganggu dengan kebaikan hati bibinya Yoo Sung. Dia telah membekukan hatinya dari kebaikan kebaikan dunia dan ingin segera mati saja. Namun saat Yoon Soo akan meninggalkan ruangan, Yoo Sung tertawa karena tingkah laku Yoon Soo yang kekanak-kanakan. Hari pertama pertemuan mereka tidak begitu baik ya.

Sad Romance Korea 21

Namun ternyata Yoo Sung penasaran sekali mengapa Yoon Soo masuk penjara hingga diberi hukuman mati. Akhirnya dia mengetahui bahwa Yoon Soo telah membunuh tiga wanita. Dia akhirnya memiliki beberapa pertanyaan ke Yoon Soo serta memutuskan untuk terus mengunjungi Yoon Soo pada hari Kamis. Hingga akhirnya mereka berdua saling memahami dan sama-sama memiliki kisah kelam. Mereka sedikit-banyak mulai berubah dari sifat dan tingkah-laku, dari yang awalnya saling membenci hingga saling mencintai.

Yoo Sung akhirnya mulai memaafkan ibunya yang ternyata sakit parah. Dia juga mulai tersenyum dan memiliki semangat hidup. Begitupula dengan Yoon Soo yang semakin ceria dan hangat seperti sediakala sebelum ia masuk penjara. Dia juga ingin meneruskan hidupnya dan tidak ingin dihukum mati. Karena Yoo Sung dan Yoon Soo saling mencintai, akhirnya Yoo Sung mati-matian mencari jalan supaya Yoon Soo tidak jadi dihukum mati. Namun … apakah Yoon Soo benar-benar tidak jadi dihukum mati? Tonton saja dulu deh, kalau kalian meneteskan air mata di bagian akhir film ini, beritahu kami ya~

 

1. The Classic

Sad Romance Korea

Yuhuuuy, sekarang kita berada di deretan pertama film sedih romantis Korea yang judulnya ‘The Classic’ (Judul Korea juga 클래식; Classic). Film ini rilis pada waktu cukup lama yaitu 30 Januari 2003. Lampau banget ya, namun jangan anggap remeh kualitas film ini. Karena film yang berdurasi satu setengah jam lebih sedikit ini terasa sangat menyentuh hati kami. Dipadu dengan musik background yang keren banget dan terasa mengena sekali. Maka tidak salah jika film ini diberi rating yang cukup bagus yaitu sebesar 7.9 dari 10 menurut IMDb.

Para pemeran di dalam film ini juga merupakan aktor dan artis senior loh. Ada Son Ye Jin, Cho Seung Woo, dan Jo In Sung (Zo In-sung). Kalian pasti tahu salah satu dari ketiga aktor/artis itu, atau tahu semua? Wajar sih ya, soalnya mereka bertiga sangat terkenal di dunia perfilman Korea. Son Ye Jin terkenal dalam film ‘Summer Scent’, ‘A Moment to Remember’, dan ‘April Snow’.

Sedangkan Cho Seung Woo terkenal dalam film-film keren juga seperti ‘Marathon, Tazza: The High Rollers’ dan ‘Inside Men’. Lalu untuk Jo In Sung, pasti kalian juga sudah sangat familiar. Salah satu drama yang diperankan oleh In Sung disyuting di Bali loh. Drama itu judulnya ‘What Happened in Bali’. Drama itu sebenarnya juga sedih, namun tingkat kesedihannya terlalu over karena seluruh karakter utamanya mati semua.

Sad Romance Korea

Nah, sekarang mari kita membahas tentang karakter yang ada di film keren ini. Karakter utama pertama adalah pria bernama Jun Ho. Sejak awal kali kami melihat Jun Ho, dia terlihat sangat ceria. Dia aslinya berasal dari kota, namun dia pergi ke desa untuk berlibur. Dia bertemu pertama kali dengan pujangga hidupnya di desa itu. Dia juga bersifat setia kawan. Meskipun dia setia kawan, tapi dia tidak bisa diam saja melihat pujangga hatinya akan dinikahi sama sahabatnya. Karakter Jun Ho diperankan secara keren oleh Cho Seung Woo.

Lalu karakter utama kedua adalah pujangga hati si Jun Ho yang bernama Ju Hee. Ju Hee bersifat ramah, tidak tega’an, dan juga mahir bermain piano. Dia juga merupakan cucu dari orang penting di Korea saat itu. Sehingga banyak sekali yang jatuh cinta karena sifat dan martabatnya Ju Hee, termasuk Jun Ho dan sahabatnya Jun Ho. Son Ye Jin berhasil memerankan dua karakter di dalam film itu. Karakter yang pertama adalah Ju Hee yang merupakan wanita yang disukai Jun Ho, lalu yang kedua adalah anaknya Ju Hee yang bernama Ji Hye.

Kemudian karakter utama yang ketiga adalah Sang Min yang diperankan oleh Jo In Sung. Sang Min ini merupakan pria pecinta dunia perfilman. Dia bergabung dengan grup teater waktu kuliah dan merupakan pria yang disukai oleh Ji Hye, anaknya Ju Hee. Sang Min adalah pria yang keren, pujaan setiap wanita, dan juga sangat ramah kepada siapa saja. Sahabatnya Ji Hye juga sangat menyukai Sang Min. Namun di akhir cerita terungkaplah siapa identitas Sang Min sebenarnya.

Sad Romance Korea 22

Okey, penjelasan karakternya kami rasa sudah cukup. Sekarang mari kita membahas tentang sinopsis film keren ini dalam versi halooKorea. Film ini bermula dari anaknya Ju Hee yang bernama Ji Hye. Dia sedang membongkar buku-buku lama yang ada di rumahnya. Secara tidak sengaja dia menemukan sebuah buku berjudul ‘Klasik’ yang merupakan peninggalan dari mendiang ibunya, yaitu Ju Hee. Kemudian dia mulai membaca dari awal kisah percintaan ibunya dengan seorang pria bernama Jun Ho. Maka terjadi flashback yang mengisahkan hubungan percintaan ibunya itu.

Ayahnya Ju Hee meninggal sehingga dia ingin mengobati rasa sedihnya dengan mengunjungi kakeknya di suatu desa. Di desa itu, secara tidak sengaja dia bertemu dengan Jun Ho yang sedang mencari binatang (atau berlian?) di sungai bersama kedua temannya. Dia akhirnya meminta tolong Jun Ho untuk menemaninya berkeliling sungai menaiki perahu. Jun Ho yang kebetulan jatuh cinta kepada Ju Hee pada pandangan pertama, mengiyakan saja permintaan Ju Hee itu. Padahal Jun Ho tidak tahu cara mendayung perahu.

Sad Romance Korea

Banyak kisah lucu yang disajikan saat Ju Hee dan Jun Ho berkeliling desa menyisiri sungai. Satu adegan yang membuat kami tertawa adalah ketika mereka mengunjungi rumah berhantu. Mereka bertemu dengan pria kumus-kumus, namun mereka menyangka pria itu adalah hantu. Sehingga mereka lari terbirit-birit. Yah meskipun pada akhirnya mereka tahu kalau pria itu bukanlah hantu 

Kisah mereka terputus saat mereka berdua kembali ke desa. Kakeknya Ju Hee marah besar ke Jun Ho karena membawa Ju Hee sampai tengah malam. Hingga akhirnya Jun Ho kembali ke kota dan melanjutkan pendidikannya di SMA. Nah, ternyata sahabatnya Jun Ho sangat menyukai Ju Hee yang ternyata ada di kota yang sama dengan Jun Ho. Mereka berdua bertemu lagi karena sahabatnya Jun Ho. Namun kisah percintaan mereka tidak mulus, karena sahabatnya Jun Ho telah jatuh cinta kepada Ju Hee. Lalu endingnya … kalian lihat sendiri saja ya~

Sad Romance Korea

Itu adalah kisah percintaan ibunya Ji Hye, lalu bagaimana dengan Ji Hye sendiri? Ji Hye sepertinya sedikit bernasib sama dengan Jun Ho. Ji Hye menyukai seorang pria idaman semua wanita bernama Sang Min, dan sahabatnya Ji Hye sangat menyukai Sang Min. Perasaan Sang Min juga tidak begitu jelas menyukai siapa, sahabatnya Ji Hye ataukah Ji Hye. Sehingga Ji Hye agak takut mendekati Sang Min. Hingga akhirnya … ah, sekali lagi kami tidak bisa membocorkan endingnya. Yang jelas happy ending kok untuk kisah percintaan antara Sang Min dan Ji Hye~

Cerita ini mengalir secara flashback lalu kembali ke dunia sekarang, lalu flashback lagi dan kembali lagi ke dunia sekarang. Alur ceritanya mundur-maju-mundur-maju, jadi bagi kalian yang kurang suka dengan alur cerita seperti itu, mungkin kurang suka menonton cerita ini. Namun kami sangat menikmati seluruh hal di dalam cerita ini, dari kisah percintaan antara Ju Hye dan Jun Ho yang memilukan, serta hubungan percintaan antara Ji Hye dan Sang Min yang terasa bertepuk sebelah tangan. Baiklah sampai di sini dulu ya, kalau ada daftar film versi kalian sendiri, beritahu kami di kolom komentar ya~

Sad Romance Korea end

 

Written by halooKorea.com

Rating: 5.0. From 6 votes.
Please wait...
22 Comments
  1. Author
    HalooKorea 2 years ago

    NO1
    komentar untuk Son ye-jin.

    Rating: 5.0. From 1 vote.
    Please wait...
  2. Bianca Bianca 2 years ago

    Suka semua

    Rating: 5.0. From 1 vote.
    Please wait...
  3. Oh Hani 2 years ago

    aku already nonton semuanya. The result is, aku menangis like a baby >_<

    No votes yet.
    Please wait...
    • Deer 2 years ago

      which one? maksudku, yang mana yang nangis dari tiga movie itu? :p

      No votes yet.
      Please wait...
      • Deer 2 years ago

        @hani ssi :p

        No votes yet.
        Please wait...
  4. Oh Hani 2 years ago

    ketiganya, deer opa :3 :p

    No votes yet.
    Please wait...
  5. Kim Ji Eun 2 years ago

    Maundy Thursday-> I cried like kuntilanak lolol

    No votes yet.
    Please wait...
  6. Deer 2 years ago

    ohh, ketiganya ya @hani ssi, berarti benar ya judulnya sad romance :p

    seram banget kalau kayak kuntilanak nangisnya, @kimjieun ssi wkwk

    No votes yet.
    Please wait...
  7. Jong 2 years ago

    gue belum nonton yang kedua, susah cari film nye wkwkwkwk

    No votes yet.
    Please wait...
  8. Edgar Lee 2 years ago

    yout*be ada, @jong lol

    No votes yet.
    Please wait...
  9. Kim Ji Eun 2 years ago

    yeah, karena aku suka horror lolol

    anyways, kapan ya top 3 horror movie?

    Rating: 5.0. From 1 vote.
    Please wait...
    • Author
      HalooKorea 2 years ago

      iya, maaf ya kamu sudah meminta di halooforum ya? wkwkwk

      Mungkin minggu depan atau dua minggu lagi kami akan siapin 3 film horror nya ya~ 흐흐흐흐

      Rating: 5.0. From 1 vote.
      Please wait...
    • Kim Ji Eun 2 years ago

      i c thanks halooKorea 😀

      No votes yet.
      Please wait...
  10. Deer 2 years ago

    dunno, tergantung (depend) haloKorea. Tapi aku kira sebentar lagi akan ada, minta langsung saja ke halooKorea wkwk @kimjieun ssi

    No votes yet.
    Please wait...
  11. Jong 2 years ago

    eh iye, ada ye, aye baru tahu, nuhun @edgar wkwkwkwk

    No votes yet.
    Please wait...
  12. Deer 2 years ago

    dah, nonton aja dulu sono, @jong wkwk

    No votes yet.
    Please wait...
  13. Deer 2 years ago

    aku bantu tag official halooKorea ya, @kimjieun ssi, @admin ada request nih 😀

    No votes yet.
    Please wait...
  14. Jong 2 years ago

    lu udah nonton semua emangnye, deer?

    No votes yet.
    Please wait...
  15. Kim Ji Eun 2 years ago

    L’rite, thanks, @deriz lolol

    No votes yet.
    Please wait...
  16. Deer 2 years ago

    yang kedua belom juga sih, @jong, wkwk

    sami2, @kimjieun ssi 😀

    No votes yet.
    Please wait...
  17. Oh Hani 2 years ago

    yep absolutely benar ^^

    No votes yet.
    Please wait...
  18. Jong 2 years ago

    yaela sama aje deer wkwkwkwk

    No votes yet.
    Please wait...

Leave a reply

©2017 halooKorea All Rights Reserved

or

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

or

Create Account