Tiga Pulau Tiga Rasa di Korea

Tiga Pulau Tiga Rasa

Tiga Pulau Tiga Rasa di Korea

Haloo! Kalau Indonesia negeri dengan seribu pulau, Korea juga punya pulau-pulau keren loh. Kali ini, kami akan membahas tentang tiga pulau tiga rasa di Korea. Loh, pulau kok ada rasanya? Maksud kami adalah tiga pulau di Korea yang memiliki daya tarik yang berbeda, ada pulau ultra lengkap, pulau yang sangat mudah dijangkau dan bisa dikunjungi siapa saja namun tetap memikat, dan ada pulau yang penuh dengan tantangan yang ditujukan untuk traveler sejati . Dan juga, kami memilih tiga pulau dari tiga unsur: all-in-one, lost-in-time, dan historical-nya. Nah, apakah kalian siap untuk pergi ke sana? Apakah kalian yakin? Baiklah, jika kalian siap, maka berkemaslah.

 

Jejudo – Pulau Ultra Komplit

Tiga Pulau Tiga Rasa

Siapa yang tidak tahu pulau Jeju? Hemm … mungkin semua orang yang suka Korea pasti tahu Jejudo atau yang lebih dikenal dengan pulau Jeju ini ya. Pulau ini sering digunakan sebagai latar tempat pada drama Korea loh, seperti Scent of a Woman, Boys Over Flowers, All In, Lie to Me, My Lovely Sam Soon, Secret Garden, Princess Hours, Jewel in the Palace, King 2 Hearts, My Girl, Winter Sonata, dan masih banyak lagi.

Jika kalian pernah mengunjungi Bali di Indonesia, atau mungkin pernah pergi ke Hawaii, kami pikir Jeju mirip seperti Hawaii dan Bali, sangat terkenal di seluruh penjuru dunia. Jeju menawarkan semua hal yang kalian inginkan, kalau kalian mengincar pemandangan yang menakjubkan, kalian bisa mengunjungi gua Manjuggal. Kalau kalian ingin mengunjungi museum bersama keluarga, kalian bisa ke museum Teddy Bear. Kalau kalian ingin jalan-jalan sama pasangan, kalian bisa ke jalur setapak di Olle Trails. Atau jika kalian sudah dewasa dan melihat taman dan melihat patung yang ada unsur dewasanya, kalian bisa ke Jeju LoveLand (tapi untuk yang belum cukup umur, jangan diajak kesini ya). Dan masih banyak lagi pesona lainnya di Jejudo.

Tiga Pulau Tiga Rasa

Cara untuk pergi ke Jejudo bermacam-macam, tapi secara umum terdapat dua cara, melewati air atau udara. Untuk menghemat budget, memilih penerbangan adalah step pertama. Jika kalian memilih fery, pikirkan sekali lagi. Naik pesawat terasa lebih murah dan cepat ketimbang naik kapal fery dari Seoul ke Jeju, atau naik KTX (Korea Train Express) ke Busan lalu naik kapal fery dari situ. Yah, mungkin naik kapal fery lebih menyenangkan, tapi tidak semurah yang kalian bayangkan. Dan juga semua ini tentang timing. Tiket penerbangan ke Jeju harganya nyaris dobel selama musim panas (awal Juli hingga akhir Agustus) dan ketika liburan, harganya turun drastis.

Tiga Pulau Tiga Rasa

Jika kalian telah puas menjelajahi Jejudo, cobalah mengunjungi pulau Udo tepat di sebelah Jejudo! Udo memiliki keindahan tersendiri berupa pantai yang indah, dan pesona pedesaan serta jalanan setapak. Semua itu hanya membutuhkan satu hari saja loh. Kalian juga bisa berskuter sama pasangan. Romantis banget ya. Cara untuk pergi kesini cukup mudah, hanya tinggal naik bis ke pelabuhan Seongsangri waktu siang hari dan naik kapal feri ke pulau Udo. Kalian mungkin membutuhkan pasport untuk pergi kesana. Jadi, siapkan semua yang dibutuhkan.

Tertarik, ya? Kami juga! Lalu, ayo kita pergi ke pulau selanjutnya!

 

Ulleungdo – Pulau Penuh Tantangan

Tiga Pulau Tiga Rasa

Kalian penikmat tantangan ekstra tingi? Kalian penikmat medan-mendan sulit? Maka, kalian adalah traveler sejati! Nah, di Korea ada sebuah pulau yang mungkin di Korea sendiri kurang begitu terkenal karena jarang ada yang mau kesitu, namun untuk kalian sang traveler sejati, cobalah Ulleungdo! Ulleungdo bukanlah pulau yang mudah dijamah. Maksudku, pulau itu memiliki akses yang terbilang susah. Satu-satunya cara untuk pergi kesini adalah menuju East Coast lalu naik perahu dari Donghae atau Pohang. Kapal fery hanya pergi ke Ulleungdo sehari sekali dan mungkin perjalanan akan tertunda atau dibatalkan jika anginnya terlalu kencang atau cuacanya tidak mendukung, jadi beruntunglah jika kalian berhasil tiba di Ulleungdo sesuai rencana. Namun ketika kalian tiba di Ulleungdo, kalian akan merasakan kehidupan alam yang terbilang primitif dan fantastis!

Pulau volkanik ini berbentuk persegi lima dan belum terkikis jaman. Dipenuhi dengan tanaman liar sejenis fern dan bebatuan terjal membuat pulau ini terasa seperti pulau tempat dinosaurus berada, seperti di film Jurrasic Park! Bayangkan kalian menjelajahi jurang dan pesisir pantai, lalu bertemu fern yang sudah langka di Indonesia. Karena medannya yang tidak mudah, mungkin para traveler yang tidak familiar dengan kondisi unik dari pulau volkanik ini akan merasa takut ketika melewati bebatuan terjal. Namun jangan takut, pesona pulau ini mengubah rasa takut kalian menjadi rasa penasaran dan memunculkan sense petualang, seperti Indiana Jones gitu, asalkan bukan jones (jomblo ngenes) ya 

Tiga Pulau Tiga Rasa

Jalur paling mudah yaitu melewati pesisir pantai pada sore hari. Sehingga ketika malam tiba, kalian akan disuguhi pesona pulau ini. Kalian akan melihat puluhan cahaya dari perahu-perahu yang menangkap ikan cuttlefish (sotong) dan membuat daerah pantai di sekitar pulau terasa sangat indah. Pada waktu pagi hari, perahu-perahu yang telah menangkap ikan cuttlefish menjemur ikan itu di sekitar pantai, membuat pemandangan yang menakjubkan (dan juga bau yang menakjubkan) yang sulit untuk dilupakan! Ikan cuttlefish merupakan ikan terbanyak di pulau tersebut yang bisa di temukan di mana saja di sekitar pulau Ulleung.

Okey, cukup dengan pengalaman alam yang menakjubkan. Di Ulleungdo, kalian juga bisa mencicipi kuliner lima rasa Ulleungdo (“Ulleung-omi”), dimana terdapat sanchae bibimbap (nasi dicampur dengan berbagai macam sayuran), Ulleung yakso bulgogi (daging sapi Ulleungdo), honghapbap (nasi campur kerang laut), hobakyeot (manisan dari buah labu), dan tentu saja ikan cuttlefish!

Tiga Pulau Tiga Rasa

Ikan cuttlefish merupakan hasil terbanyak dari Ulleungdo. Karena melimpahnya ikan itu, para penduduk asli pulau itu mengadakan festival cuttlefish Ulleungdo. Kalian bisa ikut menangkap ikan cuttlefish di laut, menjemur cumi-cumi, atau memasak makanan dengan bahan ikan cuttlefish. Banyak sekali kegiatan yang bisa kalian ikuti dari menangkap ikan cuttlefish pakai tangan dan memasak makanan dengan bahan ikan tersebut. Hal itu merupakan kesempatan bagus untuk bercengkrama dengan penduduk sekitar loh.

Baiklah, apakah sudah cukup? Belum, ya? Okey, ayo kita menuju ke pulau menarik terakhir di Korea!

 

Ganghwado – Pulau Bersejarah

Tiga Pulau Tiga Rasa

Okey, pulau yang ketiga ini aksesnya berbanding terbalik dengan pulau Ulleung, karena sangaat mudah dijangkau. Di pulau Ganghwa, kalian bisa mengajak siapa saja, termasuk anak-anak juga bisa. Dan pulau ini benar-benar cocok untuk seseorang yang menghargai sejarah.

Sejarah mengatakan bahwa pulau ini pernah menjadi pulau utama di Korea Selatan ketika para mongol menjamah Korea Selatan pada pertengahan abad ke 13. Pemerintahan Korea Selatan terburu-buru pindah ke pulau Ganghwa. Dan sekarang, antara Ganghwado dan Seoul terhubung jembatan dan dapat dengan mudah dikunjungi naik bis dari Seoul, atau naik mobil pribadi juga bisa. Pulau ini juga membatasi antara Korea Utara dan Korea Selatan dengan hanya terpisah sungai Han, tidak ada DMZ (demilitarized zone/zona militer), hanya sungai itulah pembatasnya. Jadi kalian dapat melihat daerah Korea Utara, waduh~

Tiga Pulau Tiga Rasa

Nah, ketika kalian sudah tiba di Ganghwado, coba deh kunjungi Taman Dolmen Ganghwa dimana terdapat batu-batu yang tertumpuk secara unik sehingga termasuk dalam Daftar Warisan Dunia oleh UNESCO. Jangan lupa mengambil foto di situ ya. Dan ada juga istana Goryeogungji dari abad ke 12 yang merefleksikan sejarah ketika tentara Perancis menginvasi sekitar tahun 1866. Beberapa dinding dan tiga gerbang utama yang berjarak sekitar 2 km dari situ telah di renovasi, menandakan kejayaan masa lalu.

Oh iya, jangan lewatkan bangunan bersejarah yang bernama Bomun-sa dimana merupakan candi Budha dengan lukisan yang menarik, yang berlokasi di bukit hutan Seongmon-do. Untuk tiba di sana, coba naik kapal fery dari Oepo-ri, sebuah kota dari sisi barat pulau itu.

Tiga Pulau Tiga Rasa

Baiklah, kami pikir cukup sekian dulu. Kalian dapat memilih antara pulau all-in-one Jeju, pulau lost-in-time Ulleung, ataukah pulau historical Ganghwa. Pilihan ada di tangan kalian. Atau, mungkin tiga-tiganya juga bisa . Oh iya, apakah kalian tahu pulau menarik lainnya di Korea Selatan? Beritahu kami ya kalau ada.

 

Written by halooKorea.com

 

Rating: 5.0. From 7 votes.
Please wait...
14 Comments
  1. Profile photo of HalooKorea Author
    HalooKorea 1 year ago

    Saya beberapa kali pernah berwisata di Jejudo. Semuanya bagus sekali dan saya strongly rekomendasikan.
    Kalau Ganghwado sama Ulleungdo belum pernah. T.T

    No votes yet.
    Please wait...
    • Profile photo of Oh Hani
      Oh Hani 1 year ago

      yap i agree~ ^^

      No votes yet.
      Please wait...
  2. Profile photo of Sherly Fani
    Sherly Fani 1 year ago

    pingin banget ke ulleungdo,pingin icip-icip makanannya :G

    No votes yet.
    Please wait...
    • Profile photo of HalooKorea Author
      HalooKorea 1 year ago

      iya bagus kan? baru-baru ini banyak orang asing juga mau pergi ke Ulleungdo. tapi aksesnya agak susah. wkwkw

      No votes yet.
      Please wait...
  3. Profile photo of Jenifer Jung
    Jenifer Jung 1 year ago

    Paling suka kalo baca artikel tentang wisata sama makanan 😀

    Rating: 5.0. From 1 vote.
    Please wait...
    • Profile photo of Oh Hani
      Oh Hani 1 year ago

      i am too~ ^^

      No votes yet.
      Please wait...
  4. Profile photo of Deer
    Deer 1 year ago

    Sepertinya Ulleungdo pulau paling anti-mainstream 😛

    No votes yet.
    Please wait...
    • Profile photo of Oh Hani
      Oh Hani 1 year ago

      yap, cocok untuk the true wanderer :p

      No votes yet.
      Please wait...
      • Profile photo of Jong
        Jong 1 year ago

        ini kenapa pada melet semua wkwkwkwk

        lu petualang sejati kagak deer? wkwkwkwk

        No votes yet.
        Please wait...
      • Profile photo of Oh Hani
        Oh Hani 1 year ago

        aku follow commenter saja, @jong ^^

        No votes yet.
        Please wait...
    • Profile photo of Deer
      Deer 1 year ago

      kalo manggil di tag dong @jong, gimane sih wkwk. yah, intermediate lah jong, lu mah beginner doang kalik wkwk

      No votes yet.
      Please wait...
  5. Profile photo of Jong
    Jong 1 year ago

    komenternya malah kaga jawab tu, @hani ssi wkwkwkwk

    btw, ada typo tuh @admin di bagian tentang ulleungdo paragraf terakhir di kata ikan, n nya ketinggalan kaga diketik :p

    Rating: 5.0. From 1 vote.
    Please wait...
    • Profile photo of HalooKorea Author
      HalooKorea 1 year ago

      Makasih yo~

      No votes yet.
      Please wait...
  6. Profile photo of HalooKorea FAQ
    HalooKorea FAQ 1 year ago

    아 예 감사합니다 jong 하하하 ~~~
    akan kami benarkan segera mungkin 😀

    No votes yet.
    Please wait...

Leave a reply

Advertisement

©2017 halooKorea All Rights Reserved

or

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

or

Create Account