Winter Olympics 2018 – Ajang Spektakuler di Korea

Winter Olympics 2018

Winter Olympics 2018 – Ajang Spektakuler di Korea

Annyeong haseyoo, haloo chingu. Sekarang kami mau membahas tentang ajang spektakuler di Korea Selatan yaitu Winter Olympics 2018 nih. Kami akan membahas segala hal tentang Winter Olympics 2018 yang diselenggarakan di Korea Selatan, tepatnya di daerah Pyeongchang.

Kami akan membagi pembahasan menjadi beberapa poin nih chingu, seperti biasa ya hehe. Well, pertama kami akan membahas tentang Pyeongchang, penjelasan singkat Winter Olympics 2018, tiket masuk untuk menonton setiap pertandingan, jenis olahraga, penginapan, dan terakhir adalah obyek wisata dekat Pyeongchang. Then, langsung saja menuju pembahasan utama, gaja~


 

Tentang Pyeongchang

Pyeongchang adalah salah satu provinsi di Korea Selatan yang seringkali diselimuti salju saat musim winter tiba. Pyeongchang sebenarnya terbilang dekat dengan perbatasan Korea Utara, chingu tinggal bertravel 80km dari Pyeongchang maka sampai deh ke Korea Utara. Tapi ngapain ya ke Korea Utara kekeke~

Banyak sekali kuil Budha di Pyeongchang. Kuil yang paling terkenal di Pyeongchang adalah Woljeongsa yang sudah didirikan sekitar 1.400 tahun yang lalu. Pyeongchang mungkin paling identik dengan kentang dan hwangtae. Apakah chingu tahu apa itu hwangtae? Hwangtae adalah ikan pollack dan salah satu ikan yang paling disukai oleh penduduk Korea. Banyak jenis masakan Korea yang dapat dibuat dengan hwangtae dari menu bakaran hingga kukus.

Lokasi yang terkenal di daerah Pyeongchang adalah gunung Taebaek. Saat musim winter/dingin, turis asing dan lokal sering mengunjungi gunung di Pyeongchang termasuk gunung Taebaek untuk melakukan olahraga musim dingin.

Jika chingu tertarik mengunjungi Pyeongchang, mudah saja sebenarnya. Kalau chingu sudah di Seoul, tinggal naik kereta saja menuju stasiun Wonju. Nah, kalau sudah sampai di stasiun Wonju, chingu tinggal cari penginapan deh di Pyeongchang. Namun jika chingu bersama keluarga dan ingin menikmati perjalanan, chingu bisa naik bis antar kota loh. Guide untuk transportnya ada di atas ini ya~

Winter Olympics 2018

Winter Olympics 2018 yang juga dikenal dengan XXIII Olympic Winter Games (평창 동계 올림픽) dan dikenal juga dengan sebutan PyeongChang 2018 merupakan acara olahraga besar yang diselenggarakan pada tanggal 9 hingga 25 Februari 2018 di daerah in Pyeongchang, Korea Selatan. Terdapat total 82 negara yang bergabung dengan Winter Olympics 2018 di Pyeongchang.

Negara yang terpilih sebagai tuan rumah acara ini diumumkan pada tanggal 6 Juli 2011 oleh International Olympic Committee (IOC) setelah IOC Session ke-123 di Durban, Afrika Selatan. Daerah Pyeongchang memenangkan pemilihan melalui voting ronde pertama dan mengalahkan beberapa negara besar seperti Munich, Jerman, dan Perancis.

Winter Olympics 2018 adalah pertandingan olympics kedua yang diadakan di Korea Selatan setelah Summer Olympics pada tahun 1988 yang diadakan di Seoul dan merupakan Winter Olympics pertama yang diadakan di Korea Selatan. Sementara itu, Pyeongchang akan menjadi kota ketiga di Asia yang menjadi tuan rumah Winter Games setelah Sapporo (Jepang tahun 1972), dan Nagano (Jepang tahun 1998).

 

Harga Tiket

Harga tiket untuk menonton ajang bergengsi Winter Olympics 2018 telah diumumkan pada bulan April 2016 dan sudah bisa dibeli pada bulan Oktober 2016, sudah cukup lama ya chingu. Harga tiket untuk menonton setiap lombanya bervariasi nih tergantung jenis olahraganya. Range harga tiketnya dari 20.000 Won (sekitar 200.000 IDR) hingga 900.000 Won (sekitar 9 juta IDR).

Sedangkan tiket untuk upacara pembukaan dan penutupan berbeda nih chingu, lebih mahal tentunya hehe. Untuk menonton upacara pembukaan/penutupan, harganya bervariasi dari 220.000 Won (sekitar 2.2 juta IDR) hingga 1.5 juta Won (sekitar 15 juta IDR). Harga yang lebih detail bisa chingu lihat di SINI.

Jadi, harganya menyesuaikan lomba yang diadakan dan juga schedule yang terjadi. Sepertinya yang paling mahal adalah saat upacara pembukaan dan penutupan Winter Olympics 2018 ya chingu. Mungkin karena terdapat acara-acara konser dan pesta gitu kalik hehe. Tertarik nonton?

 

Jenis Olahraga

Winter Olympics 2018 akan mengadakan 102 acara untuk 15 jenis olahraga berbeda. Empat pertandingan baru untuk olahraga Winter akan diberitahukan di Pyeongchang seperti big air snowboarding (yang akan menggantikan parallel slalom), mixed doubles curling, mass start speed skating, dan mixed team alpine skiing.

Untuk pertama kalinya sejak tahun 1998, National Hockey League tidak menyediakan akomodasi (seperti istirahat untuk seluruh team di Olimpiade) dan memperbolehkan seluruh pemain untuk berpartisipasi dalam turnamen men hockey dalam ajang tersebut. Selain hockey, terdapat beberapa olahraga winter menarik seperti:

  • Alpine skiing
  • Biathlon
  • Bobsleigh
  • Cross-country skiing
  • Curling
  • Figure skating
  • Freestyle skiing
  • Ice hockey
  • Luge
  • Nordic combined
  • Short track speed skating
  • Skeleton
  • Ski jumping
  • Snowboarding
  • Speed skating

 

Penginapan

Well, saatnya kita membahas penginapan di Pyeongchang. Sebenarnya saat chingu mengunjungi Pyeongchang, chingu bakal mendapatkan guide dari pihak Korea Selatan untuk tempat menginap. Tapi kami akan tetap memberi gambaran sedikit tentang tempat penginapan di Pyeongchang, khususnya ketika chingu ingin menonton Winter Olympics 2018.

Sebenarnya cukup banyak pilihan penginapan di daerah Pyeongchang. Tinggal chingu saja ingin memilih penginapan yang seperti apa dan dengan budget berapa. Ada hotel, share room, resort, bahkan kondominium. Namun tentu saja, harga yang ditawarkan bervariasi. Ada yang 700.000 IDR sampai jutaan IDR (Rupiah).

Tempat penginapan yang terkenal adalah Yongpyeong Hotel and Resort, Haslla Museum Hotel, Four Season Hotel, HONG C Hotel, Sun Cruise Resort, dan Gyungpo Beach Hotel. Namun kami merekomendasikan Yongpyeong karena terdapat paketan untuk dua orang dengan harga cukup terjangkau yakni sekitar 1,5 juta IDR permalam. Chingu juga bisa menikmati beberapa wahana di Yongpyeong juga loh. Asyik kan~

 

Objek Wisata di Pyeongchang

Objek wisata di Pyeongchang tentu saja ada super duper banyak. Tidak cukup jika kami jelaskan semuanya secara detail hehe. Tapi kami akan menyuguhkan kepada chingu tiga objek wisata terkenal di Pyeongchang yang super recommended buat dikunjungi~

Tujuan menarik pertama adalah kuil Woljeongsa. Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, kuil ini sudah berumur seribu tahun lebih loh chingu. Jadi pasti ornamen dan arsitekturnya menarik hati dan bernilai banget buat dikunjungi. Bernilai seni banget loh chingu!

Di Pyeongchang, terkenal juga dengan peternakannya loh chingu. Nah, peternakan yang paling terkenal adalah Daegwan-ryeong Samyang Ranch. Daegwan-ryeong Samyang Ranch adalah peternakan domba/kambing yang super duper luas dan sangat cocok untuk keluarga dan anak-anak. Chingu bisa menikmati kehidupan di peternakan itu seperti apa sih. Sangat cocok buat edukasi anak-anak sekalian refreshing gituh~

Lalu objek wisata ketiga tentu saja wisata ski di Jeongseon Alpine Centre. Resort ski Jeongseon Alpine Centre berada di Gangwon, Korea Selatan. Untuk berski dan snowboard, Jeongseon Alpine Centre adalah tempat yang cocok deh chingu. Terdapat lereng sepanjang 10km dengan 4 transportasi lift bagi para pengunjung. Sementara itu, ketinggian di Jeongseon Alpine Centre adalah sekitar 418 – 1,370 m. Cukup tinggi ya chingu. Nikmati video berski di Jeongseon Alpine Centre di bawah ini~


 

Well, kami rasa sudah cukup ya pembahasan tentang Winter Olympics 2018. Untuk orang Indonesia mungkin kurang tertarik ya sama olahraga winter. Namun tidak ada salahnya juga ya untuk menonton ajang bergengsi ini sekalian merasakan salju dan sekalian liburan ke Korea hehehe. Well, jika chingu merasa ada yang perlu di bahas lagi tentang topik ini, silahkan request atau di bahas di kolom komentar ya. Then, woori ganda~

 

Written by halookorea.com

No votes yet.
Please wait...
0 Comments

Leave a reply

Advertisement

©2017 halooKorea All Rights Reserved

or

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

or

Create Account