Semua Tentang Samsung

semua tentang samsung

Semua Tentang Samsung (Artikel Spesial)

Haloo annyeoong~

Kalian tahu kan sama produk-produknya Samsung seperti smartphone, TV, PC, atau mungkin AC? Nah dalam kesempatan kali ini, kami ingin membahas semua tentang Samsung. Kami akan membahas tentang anak perusahaan, afiliasi, produk, dan juga sejarahnya. Apa kalian siap? Okey, let’s go!

Samsung (삼성) adalah perusahaan konglomerat multinasional Korea Selatan yang kantornya berada di Samsung Town, Seoul. Perusahaan itu menangani banyak sekali anak perusahaan, kebanyakan mereka berada pada merek Samsung. Sehingga Samsung merupakan perusahaan konglomerat terbesar di Korea Selatan.

Sejarah

Samsung didirikan oleh Lee Byung Chul pada tahun 1938 sebagai perusahaan perdagangan. Selama lebih dari tiga dekade, grup ini merubah memperluas areanya menjadi pengolahan makanan, tekstil, asuransi, sekuriti, dan komoditas kecil lainnya. Samsung memasuki industri elektronik pada akhir tahun 1960an serta industri konstruksi dan pembangunan kapal terjadi pada pertengahan tahun 1970an. Area-area itu menjadi perintis tumbuhnya area-area lain.

Karena kematian Lee Byung Chul pada tahun 1987, Samsung telah terbagi menjadi empat grup bisnis yaitu Samsung Group, Shinsegae Group, CJ Group, dan Hansol Group. Sejak tahun 1990, Samsung telah memberi banyak kontribusi dalam sisi aktifitas dan juga elektronik, terlebih-lebih HP dan semikonduktor yang telah menjadi pemasukan paling besar dan penting.

 

Anak Perusahaan dan Afiliasi

Nah, sekarang kami ingin memberitahu tentang anak perusahaan dan perusahaan afiliasi dari Samsung. Total terdapat 59 perusahaan tidak terdaftar dan 19 perusahaan terdaftar pada tahun 2011 yang tergabung dalam Samsung Group. Semuanya termasuk dalam daftar utama pemasukan Korea. Dari semua anak perusahaan dan afiliasi, kami ingin menyebutkan dua anak perusahaan/afiliasi besar yang telah menjadi bagian penting di Samsung, setelah itu baru menjelaskan beberapa anak perusahaan dan afiliasi lainnya. Nah, apa saja dua perusahaan itu?

 

Samsung Electronics

semua tentang samsung

Apakah smartphone kalian dari Samsung? Nah, berarti kalian memakai produknya Samsung Electronics. Perusahaan ini merupakan perusahaan teknologi dan elektronik multinasional yang bekantor pusat di Suwon dan perusahaan flagship dari Samsung Group. Perusahaan ini merupakan perusahaan pemasok terbesar di tahun 2012 dengan global market share sebesar 25.4%. Samsung Electronics merupakan perusahaan terbaik kedua untuk bidang semikonduktor setelah intel pada tahun 2011. Selain smartphone, Samsung Electronics juga membuat atau memproduksi AC, TV digital, display liquid crystal (termasuk TFT dan AMOLED), monitor, printer, kulkas, semikonduktor dan peralatan jaringan telekomunikasi. Agar lebih jelas, akan kami jelaskan satu-persatu tentang produk utama dari Samsung Electronics ini. Dan mungkin sepertinya kalau kami menyebutkan Samsung Electronics sepertinya kepanjangan ya? Jadi nanti akan kami singkat menjadi Samsung.

Smartphone

Sekarang kami ingin membahas produk smartphone atau mobile phone besutan Samsung. Nah, ketika awal rilis hingga sekarang, mobile phone buatan Samsung sepertinya telah memiliki banyak perubahan. Dari yang awalnya hanya mobile phone biasa seperti Samsung R220, lalu mobile phone lipat seperti E1195, hingga yang baru saja rilis yaitu Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge. Saat ini kami tidak membahas seluruh mobile phone Samsung dari biasa hingga smartphone, namun kami hanya membahas ‘dalaman’ dari Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge. Kalian penasaran?

semua tentang samsung

Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge dari tampilannya saja sudah terlihat elegan. Dengan desain terlihat seperti batangan emas karena memakai konsep rounded unibody. Desain layarnya juga terlihat manis dengan didesain melengkung dengan memakai Gorilla Glass, jadi tahan goresan. Ditambah juga, smartphone ini juga tahan debu dan air, jadi untuk kalian yang suka basah-basahan, tidak perlu khawatir deh. Ukuran layarnya 5.1“ untuk S7 dan 5.5” untuk S7 Edge, jadi terasa pas gitu di tangan. Namun baterainya tidak bisa dilepas, jadi kalau ada kerusakan di bagian baterainya, kalian tidak boleh malas untuk datang ke service center Samsung di kota kalian. Yah, tetap bisa dilepas kok, tapi harus di tangan profesional ya.

Nah, mungkin kami rasa cukup untuk masalah desainnya. Sekarang kami ingin membahas otak, kinerja, ketahanan baterai, dan semuanya di dalam Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge. Pertama-tama, kami ingin membahas processornya dulu. Untuk processor, Samsung menggunakan produk Samsung sendiri yaitu Exynos. Sebelumnya, Samsung bekerjasama dengan Qualcomm perihal processornya, tapi sekarang Samsungtelah mengembangkan processor mereka sendiri. Exynos mengusung teknologi AP atau Mobile Application Processors. Apa itu AP? Jadi di dalam processor Exynos, terdapat seluruh komponen penting untuk sebuah smartphone seperti core, penangkap sinyal 3G, penangkap sinyal 4G, dan lain-lain. AP menggunakan teknologi SoC atau System on Chip dengan fungsi sama seperti AP yang telah kami jelaskan sebelumnya. Jadi seperti all-in-one gitu deh.

semua tentang samsung

Selain itu, Exynos juga mengusung teknologi big.LITTLE, apa lagi tuh? Nah, kami akan menjelaskan secara sederhana saja deh. Jadi untuk Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge kan mengusung octa-core ya? Octa-core berarti delapan core, nah, teknologi big.LITTLE ini berfungsi untuk meningkatkan kinerja smartphone dengan mengaktifkan core seperlunya saja. Jadi kalau kalian hanya ingin medsos-an saja, core yang aktif hanya dua atau empat. Kalau kalian ingin bermain game, maka semua core aktif, jadi lebih meningkatkan kinerja smartphone. Selain itu, teknologi big.LITTLE juga berfungsi untuk meningkatkan keawetan baterai. Keren dah pokoknya.

Sekarang kita beralih ke spesifikasi lainnya ya. Memori internal smartphone ini terbilang keren ya, soalnya bisa menampung data hingga 32GB. Sedangkan untuk memori eksternal bisa menampung data hingga 200GB. Resolusinya juga terbilang handal karena memiliki resolusi 2560 x 1440 Pixel. Untuk RAM juga terbilang cukup besar yaitu 4GB. Lalu kita beranjak ke baterainya. Baterai Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge ini memiliki kapasitas 3000mAh sehingga cukup awet digunakan sepanjang hari dengan pemakaian normal. Untuk pengisian atau ngecas (charging battery) juga mengusung fast-charging, jadi tidak perlu menunggu lama, baterai langsung full. Kalau kalian suka sama era unibody (baterai tidak bisa diganti), maka S7 atau S7 Edge ini recommended banget deh.

Televisi

semua tentang samsung

Yap, sekarang kita beralih ke produk dari Samsung yaitu televisi atau nantinya akan disingkat TV. Nah, produk ini juga terkenal loh di Korea, meskipun sepertinya sedikit saingan ya sama produknya LG. Tapi sebenarnya mereka sedang berlomba-lomba untuk membuat produk TV keren loh, dari yang awalnya TV tabung gitu, terus jadi TV curved seperti gambar yang kami kasih di atas.

Kami ingin membahas sedikit tentang layar dari TV Samsung ini. Sebenarnya Samsung telah mengembangkan TV untuk dua display, yaitu LCD (Liquid Crystal Display) dan OLED (Organic-Light Emitting Diode). Untuk LCD, Samsung mulai mengembangkan LCD pada tahun 1991. Pada saat itu,Samsung mengembangkan LCD TFT beserta seri panel TN dan VA. Sedangkan untuk OLED dirintis pada tahun 2005. Sekarang Samsung sudah menerapkan display AMOLED (sejenis OLED) untuk Smartphone, monitor dan TV curved. Sedikit informasi saja ya, untuk LG menggunakan WOLED yang notabene sejenis atau mirip seperti AMOLED.

semua tentang samsung

LCD TV Global Market Share 2015

Saat ini, Samsung mengembangkan TV tipe UHD atau Ultra High Definiton, jadi resolusinya sangat memuaskan yaitu sebesar 4K. Wah, apa ya maksudnya resolusi 4K? Resolusi 4K maksudnya itu, layarnya beresolusi 4000 pixel. Jadi dot per pixelnya lebih rapat ketimbang ukuran dibawahnya. Mungkin kalian sering mendengar 720p HD, atau 1080p FHD, tapi bayangkan kalau kalian punya TV beresolusi 4000p UHD? Pasti dahsyat ya ketajamannya. Lalu apa itu Ultra Clear panel?

Ultra Clear panel merupakan penerus dari Ultra panel. Biasanya panel ini diterapkan untuk TV Samsung beresolusi 4K UHD. Ultra Clear Panel mengurangi pantulan cahaya dan meningkatkan level kekontrasan. Sehingga gambarnya lebih tajam, natural, warna lebih seimbang, kualitas detail bayangannya lebih bagus juga. Pokoknya tambah wah deh~

Resolutions

Sedikit informasi saja nih. Samsung saat ini sedang mengembangkan produk TV dengan konsep yang futuristik. Ada empat konsep yang telah kami dengar, yang satu sudah rilis, yang tiga belum rilis. yang pertama adalah TV curved, jadi bengkok gitu. Nah, TV curved ini dikategorikan dalam teknologi display fleksibel. Lalu Samsung rencananya akan merilis tiga konsep lagi, yaitu Display yang bisa dilipat, Display dari kaca, dan Display hologram. Kece abis ya~

Semikonduktor

Nah, sekarang kita beranjak ke semikonduktor dari Samsung ya. Sebelumnya kami ingin memberitahu sedikit kalau semikonduktor ini bukanlah produk, melainkan suatu divisi atau bagian tersendiri dari Samsung. Jadi produknya semikonduktor ada banyak sekali. Diantaranya adalah AP (Application Processor; Exynos), DRAM, NAND Flash, SSD, dan banyak lagi. Sementara itu, produk-produk semikonduktor Samsung juga terkenal loh. Sampai-sampai mendominasi market share hampir di setiap tahun. Buktinya ada pada gambar di bawah, pada pie-chart di bawah, produk Samsung yaitu NAND Flash mendominasi market share pada tahun 2014. Kami rasa di tahun sebelumnya dan tahun ini, produk NAND Flash Samsung masih mendominasi market share. Oh iya, kalian tahu tidak apa itu NAND Flash? Kami jelaskan sedikit ya.

DRAM NAND Market Share 2014

NAND Flash adalah suatu media penyimpanan pada suatu alat elektronik khususnya PC (SSD dan USB Memory Stick) dan mobile phone (Smartphone). Di dalam komputer sebelumnya menggunakan HDD (Hard Disk Drive) sebagai media penyimpanan data, namun HDD sedang diganti atau ditambah dengan SSD (Solid State Drive) berdasarkan NAND Flash. HDD adalah salah satu komponen yang paling lambat untuk hal processing (kecepatan input dan output di dalam komputer) dan rentan rusak ketika jatuh atau terkena benturan. Hal itu disebabkan karena HDD menggunakan piringan magnetis (platter) yang berputar dan motor. Sementara itu, SSD lebih handal dan kinerjanya jauh lebih cepat ketimbang HDD. Karena SSD menggunakan IC (NAND Flash) sebagai memori penyimpanan data ketimbang menggunakan piringan dan motor.

Sejauh ini, NAND Flash atau lebih tepatnya SSD besutan Samsung yang paling terbaru adalah PM1633a. SSD itu memiliki kapasitas sekitar 15 Tera, maka SSD itu adalah satu-satunya SSD dengan size terbesar hingga saat ini. Super duper cool~

Samsung SSD

Nah, sekarang kita tilik sejarah DRAM dari Samsung. Sejak tahun 1984, Samsung telah sukses mengembangkan DRAM 256K. Dan sekarang mereka telah merilis DRAM berukuran kecil yaitu DRAM 10nm DDR4. DRAM itu pertama kalinya di dunia loh. Teknologi yang diusung pada DRAM terbaru ini juga terbilang keren. Kalian mau tahu?

DRAM terbaru ini mendukung kecepatan transfer data hingga 3200Mbps. Maka lebih dari 30 persen lebih cepat ketimbang DRAM 20nm DDR4 2400Mbps. Dan juga modul terbarunya diproduksi dari chip RAM kelas 10nm dimana membutuhkan lebih sedikit listrik 10 hingga 20 persen ketimbang modul sebelumnya yaitu DRAM 20nm. Hal itu membuat DRAM 10nm diprediksi akan dipakai di device atau alat eletronik lainnya, termasuk PC. Daebak~

Samsung Semiconductor

Selain produk yang telah kami jelaskan di atas, Samsung juga bekerjasama dengan ARM untuk mengembangkan teknologi SoC atau System on Chip loh. Apa? Kalian tidak tahu apa itu ARM? Baiklah, akan kami jelaskan sedikit saja. ARM adalah perusahaan yang membuat Core, GPU, dan lain-lain. Nah, Samsung membeli Core ARM dan Samsung membuat SoC menggunakan Core dari ARM. Lalu Core ARM itu dikembangkan oleh Samsung dan dipakai di dalam SoC (Exynos) sebagai processing unit dan GPU (brand Mali™). Maka, SoC itu kemungkinan akan dipakai dalam produk-produk elektronik lainnya. Keren ya. Kami rasa sudah cukup ya penjelasan tentang Samsung Electronics. Nah, sekarang mari kita lanjut ke Samsung SDI.

 

Samsung SDI

Nah, kita beralih ke anak perusahaan Samsung Group satunya yang juga keren pastinya, yaitu Samsung SDI. Anak perusahaan ini terdaftar dalam stok perdagangan Korea. Samsung SDI memulai memasarkan produknya pada tahun 1970 dengan produk pertamanya adalah vacuum Tube. Namun sekarang, Samsung SDI telah mengembangkan produk-produk keren lainnya seperti mobil listrik, baterai, layar display, dan banyak lagi.

Samsung SDI kira-kira telah memiliki pengalaman sekitar 40 tahun di dunia industri. Anak perusahaan itu mendistribusi atau memasarkan produk material solusi energi kelas dunia. Terlebih, Samsung SDI mengembangkan teknologi baru yaitu mobil listrik tahan lama yang dilengkapi juga dengan Application Processor sehingga bisa di integrasi dengan smartphone besutan Samsung Electronics, daebak~

semua tentang samsung

Sebagai tambahan, sekarang Samsung SDI tidak hanya fokus di baterai, ataupun material elektronik, sekarang Samsung SDI memfokuskan pada bisnis energi terbarukan yang dikombinasi dengan material terbaru juga. Sebagai contohnya ada pada mobil BMW yang memakai baterai besutan Samsung SDI. Dan mungkin nanti sekitar 5 atau 10 tahun lagi, Samsung SDI berhasil menciptakan suatu energi terbarukan dengan baterai tahan lama yang dikombinasikan di dalam mobil, sehingga menjadi mobil listrik keren di dunia. Kalian pasti akan terkejut dengan hasilnya nanti. Kami juga kok pastinya~

 

Anak Perusahaan dan Afiliasi Lainnya

Baiklah, dua perusahaan yang tergabung di dalam Samsung telah kami jelaskan. Tapi selain Samsung Electronics dan Samsung SDI, ada anak perusahaan dan perusahaan afiliasi dari Samsung lainnya loh. Apa saja itu? Ya sudah, langsung simak saja ulasan di bawah ini.

  • Samsung Card

Samsung Card adalah perusahaan kartu kredit terbesar di Korea Selatan. Perusahaan ini berpusat di Seoul, Korea Selatan. Samsung Card telah berafiliasi dengan Samsung pusat sejak tahun 2005. Perusahaan ini dimiliki oleh Samsung Electronics (35.3%) dan Samsung Life Insurance (26.4%). Samsung Card didirikan pada tahun 1988 sebagai perusahan teknik dan bisnis yang dilisensi oleh Samsung Electronics.

  • Samsung SDS

Samsung SDS adalah anak perusahaan dari Samsung Group dan menyediakan layanan serta informasi tentang IT. Layanan mereka termasuk layanan konsultasi bisnis, pembuatan program (IT), konsultasi IT dan bisnis, integrasi aplikasi software, implementasi aplikasi dan IT, layanan outsourcing, serta edukasi IT. Samsung SDS memperluas bisnisnya dengan menginvestasi R&D dan menyatukan teknologi IT seperti U-city, RFID dan outsourcing Engineering. SDS menyediakan layanan IT dengan mengoperasikan sekitar 11 kanot dan pusat data di 11 negara. Keren~

  • Samsung C&T Corporation

Samsung Construction & Trading Corporation (삼성물산) sebelumnya bernama Samsung Corporation. Perusahaan itu didirikan pada tahun 1938 sebagai perusahaan induk dari Samsung Group untuk merangkul perusahaan sales di luar negeri. Sejak tahun 1995, perusahaan ini difokuskan pada teknik global dan proyek konstruksi, perdagangan dan investasi, serta fashion dan tempat wisata. Perusahaan ini dibentuk oleh 11 dewan direksi, presiden dan CEO dari 4 grup kerja (Engineering & Construction, Trading & Investment, Fashion and Resort & Construction, dan CFO) serta enam anggota independen. Samsung C&T mempekerjakan karyawan sekitar 13 ribu orang.

  • Samsung Electro-Mechanics

Samsung Electro-Mechanics atau SEM (삼성전기) adalah perusahaan komponen elektronik multinasional yang berpusat di Suwon, Gyeonggi-do, Korea Selatan. Perusahaan ini merupakan anak perusahaan flagship di Samsung Group. Samsung Electro-Mechanics didirikan pada tahun 1973 sebagai pabrik pembuatan komponen-komponen elektronika dan telah menjadi perusahaan utama dalam pembuatan komponen di Korea. Pada tahun 2011, pendapatan perusahaan ini sekitar 6.12 milyar USD (1 US dollar sekitar 13000 rupiah).

Samsung Electro-Mechanics memiliki 4 divisi, yaitu divisi LCR (Induktor, kapasitor, dan resistor) yang menangani diantaranya adalah kapasitor keramik multilayer serta kapasitor tantalum, divisi ACI (Advanced Circuit Interconnection) yang menangani diantaranya interkoneksi masa jenis tinggi dan subtrat IC (integrated circuit), divisi CDS (circuit drive solution) yang menangani diantaranya tuner digital dan modul jaringan, serta divisi OMS (Opto and Mechatronics Solution) yang menangani sensor modul dan motor presisi.

  • Samsung Engineering

Didirikan pada tahun 1970, Samsung Engineering telah berkembang menjadi anak perusahaan engineering domestik dan diakui secara global dalam market EPC. Karena potensi perusahaan tersebut, Samsung Engineering telah menyediakan jasa secara global seperti fasilitas hidrokarbon downstream dan upstream, pembangkit listrik, bendungan dan penanganan air serta limbah, dan manajemen efisiensi. SamsungEngineering berhasil memuaskan para kliennya tanpa mengecewakan sedikitpun. Keren ya~

Di tahun 2014, Samsung Engineering mendapat rangking satu di Asia Tengah dalam daftar ENR (Engineering News Record) berdasarkan US. Dalam bidang industrial, Samsung Engineering menempati posisi 3, mendapatkan posisi 6 di bidang petrolium, dan urutan ke 15 diantara kontraktor lainnya. Ranking itu membuktikan kualitas top Samsung Engineering.

  • Samsung Everland

Samsung Everland engages adalah perusahaan yang menangani operasional bisnis dari kustomer mereka. Bisnisnya mencakup tiga bagian penting yaitu lingkungan dan aset, kultur makanan, dan resort. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1963, lalu mendirikan taman bermain “Everland” pada tahun 1976. Samsung Everland secara kontinyu mendirikan lapangan golf, membangun kantor manajemen, makanan dan minuman, serta energi dan lingkungan. Samsung Everland telah memperoleh banyak sekali pencapaian bisnis. Sebagai afiliasi dari SamsungGroup, Samsung Everland telah memuaskan kustomernya dengan memenuhi kebutuhan mereka serta membangun infrastruktur dalam segala aspek kehidupan termasuk hiburan, kuliner, dan bisnis.

  • Samsung Fire & Marine Insurance

Samsung Fire & Marine Insurance adalah perusahaan asuransi multinasional yang berpusat di Seoul. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1952 sebagai Korea Anbo Fire and Marine Insurance dan telah ganti nama menjadi Samsung Fire & Marine Insurance pada tahun 1993. SamsungFire & Marine Insurance menawarkan layanan termasuk asuransi kecelakaan, asuransi laut, asuransi mobil, asuransi kasual, asuransi kebakaran, pensiun perorangan, serta pinjaman. Pada tahun 2011, perusahaan ini telah beroperasi di 10 negara dan memiliki 6.5 juta kustomer. Sedangkan total asetnya mencapai 28.81 milyar USD pada tahun 2011. Perusahaan ini merupakan perusahaan asuransi terbesar di Korea Selatan.

  • Samsung Heavy Industries

Samsung Heavy Industries adalah perusahaan pembangunan kapal dan juga perusahaan engineering yang berpusat di Seoul. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1974. Produk utama dari perusahaan ini adalah jasa angkut dalam jumlah besar, kapal kontainer, kapal pengangkut minyak mentah, dan lain-lain. Perusahaan ini mendapatkan total pendapatan sebesar 13,358.6 milyar won di tahun 2011 (1 won sekitar 10 ribu rupiah), serta merupakan perusahaan kapal terbesar kedua di dunia setelah Hyundai Heavy Industries.

  • Samsung Machine Tools

Samsung Machine Tools Amerika adalah perusahaan mesin dan distributor nasional di Amerika. Samsung GM Machine Tools berpusat di China, dan perusahaan ini merupakan rekan perusaaan legal dari Samsung Group.

  • Samsung Medical Center

Samsung Medical Center didirikan pada tanggal 9 Nopember 1994 dibawah filosofi “berkontribusi dan improvisasi melalui layanan medis terbaik, pengembangan dan penelitian medis tingkat lanjut dan pengembangan anggota medis terbaik”. Samsung Medical Center terdiri dari rumah-sakit dan pusat kanker. Rumah-sakitnya berlokasi di gedung mewah dengan memiliki 40 departemen, 10 pusat spesialisasi, 120 klinik spesial, dan 1,306 kasur.

  • Samsung Securities

Anak perusahaan Samsung yang satu ini berperan dalam bidang sekuriti. Jadi produknya diantaranya adalah kamera CCTV, sistem sekuriti, sistem monitor bayi, dan lain-lain.

  • Shilla Hotels and Resorts

Shilla Hotels and Resort adalah hotel dan resort yang dibuka pada tahun 1979 sesuai rencana dari mendiang Lee Byung-chull yang merupakan pendiri dari Samsung Group. Hotel ini dikunjungi oleh orang-orang dalam dan luar negeri dengan tujuan yang bermacam-macam, baik itu wisata maupun bisnis. Hotel ini juga ambil peran dalam pembangunan lokomotif untuk layanan industri Korea.

  • Dan banyak lagi

Nah, kami rasa sudah cukup ya untuk membahas Samsung. Baiklah, apakah sudah cukup jelas? Kalau belum jelas atau ada yang mau ditanyakan, Silahkan beri komentar di bawah ini yaa~

 

samsung_tomorrow

Written by halooKorea.com / Reference Wikipedia & Samsung

 

 

Rating: 5.0. From 8 votes.
Please wait...
0 Comments

Leave a reply

Advertisement

©2017 halooKorea All Rights Reserved

or

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

or

Create Account