KIA Sportage – Compact SUV Keren

KIA Sportage

KIA Sportage – Compact SUV Eksterior Unik Interior Apik

Haloo~

Hanyong haseyo, chingu. Kita kembali lagi dalam membahas tentang mobil besutan Korea yaitu KIA Sportage. Mungkin diantara kalian ada yang tahu sama mobil yang satu ini. Soalnya kami pernah melihat mobil ini berlalu lalang di daerah kami tinggal. Mungkin karena desain eksteriornya yang unik, namun didukung dengan interior yang menawan. Jika kalian sedang mencari Compact SUV dan lebih prefer ke interior ketimbang eksterior, mungkin KIA Sportage adalah pilihan yang pas mantab.

Kami akan membahas beberapa hal tentang KIA Sportage. Yang pertama adalah sejarah KIA Sportage dari generasi pertama hingga generasi keempat. Lalu kami juga akan membahas Sportage edisi terbaru di generasi keempat ini. Mungkin kalian akan kaget setelah melihat spek mobil ini baik itu mesinnya, interiornya, safety, ataupun teknologinya. Jadi chingu jangan terlalu judge book by its cover ya. Jika kalian lebih memilih kenyamanan dan keamanan berkendara ketimbang penampilan luarnya saja, maka kami sangat merekomendasikan Compact SUV ini. Okey? Kalau begitu langsung ke pembahasannya saja ya~

 

Sejarah

Sejarah Sportage

Sportage dirancang dan dibuat oleh KIA sejak tahun 1993. Generasi pertama KIA Sportage dikembangan bersama insinyur Mazda Bongo. KIA Sportage dan Mazda saling berbagi konsep serta komponen mekanik seperti mesin, transmisi (versi awal), dan banyak lagi. Masa itu ketika KIA masih bekerjasama dengan Ford dan Mazda dimana Ford dan Mazda menyediakan teknologi, sedangkan KIA menyediakan fasilitas manufaktur yang tidak mahal untuk Ford (tahun 1995 – 1998). Saat itu, Sportage dibangun oleh Karmann di Jerman.

1st

Setelah vakum selama 2 tahun, Sportage generasi kedua telah rilis melalui KIA Sportage edisi 2005. Sportage 2005 memiliki mesin diesel 2.0-L dengan 4 transmisi yang tersedia di United Kingdom. KIA Sportage memiliki mesin V6 bertenaga 173 hp (129 kW), dan torque sebesar 178 lb·ft (241 N·m). KIA Sportage 2005 memiliki kesan positif karena nyaman dikendarai, tidak ada kebisingan dari luar, dan juga menyenangkan. Secara keseluruhan, generasi kedua memiliki beberapa kemajuan ketimbang model generasi pertama.

2nd

Sekarang kita akan membahas generasi ketiga dari KIA Sportage yang merilis seri SL. Seri SL dirilis pada bulan April 2010 di pasaran Asia dan Eropa. Lalu di bulan Agustus 2010, mereka juga merilis di pasaran Amerika Tengah dan Amerika Utara untuk model tahun 2011. Model Australia dirilis pada tahun 2010. Sportage masa itu memiliki mesin diesel 2.0-L dengan tenaga 184 hp (137 kW). Tersedia juga mesin Theta T-GDI 2.0-L. Desain eksterior Sportage generasi tiga juga terdapat beberapa perubahan jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Perubahan itu terjadi pada lampu depan, lampu kabut, dan lain-lain.

3rd

Lalu untuk generasi keempat telah muncul pada bulan September 2015 di Frankfurt Auto Show dengan sasaran akan membawanya ke pasaran global sebagai KIA Sportage model 2016 (All New KIA Sportage 2016). Perusahaan menyatakan bahwa desain eksteriornya yang unik karena terinspirasi dari jet tempur modern. Di dalam mobil ini terdapat beberapa peningkatan signifikan ketimbang edisi sebelum-sebelumnya. Kalian ingin mengetahui lebih lengkap? Kalau begitu, kita bahas saja ya KIA Sportage generasi keempat edisi terbaru yaitu model 2017. Kalau begitu, let’s go~

 

KIA Sportage 2017

KIA Sportage 03

Meskipun KIA Sportage model 2017 belum dirilis di Indonesia dan kami tidak tahu kapan dirilisnya, tapi kami ingin membahas sedikit detail tentang Compact SUV ini. Kami akan menjelaskan beberapa ulasan tentang eksterior, interior, mesin, dan harga yang ditawarkan Compact SUV ini. Maka kami akan memisahkannya dalam beberapa bagian seperti yang telah kami lakukan sebelumnya ya. Tapi tenang saja, kami tidak akan menjelaskan secara terlalu rinci. Kami akan meringkas tanpa mengurangi substansi di dalamnya 흐흐흐. Okelah, kalau begitu, lanjut~

 

Eskterior

Sportage Exterior 01

Sekilas, desain eksterior KIA Sportage 2017 terbilang unik ya. Bentuknya mungkin seperti katak ya. Bagian depannya terdapat ventilasi mesing yang mirip seperti hidung. Kami tidak mengerti konsep apa yang diambil pihak KIA untuk mendesain eksterior KIA Sportage 2017, namun desainnya sangat unik. Kami tidak bilang jelek loh ya, tapi unik. Beda kan, unik sama jelek? Mungkin jika ada chingu yang suka sama desain eksterior unik, maka Sportage 2017 ini cocok banget buat chingu.

Untuk kekokohan body, KIA Sportage ini terbilang kokoh kok, chingu. Dengan ukuran rodanya yaitu 19-in dan suspensi yang nyaman, membuat Sportage 2017 sangat nyaman dikendarai. Jika kita bandingkan dengan KIA Sportage edisi dan generasi sebelumnya, menurut kami, kualitas body yang ditawarkan pada Sportage 2017 ini terbilang lebih bagus. Dari tampilan desain eksteriornya saja sudah terlihat kalau body Sportage 2017 ini kokoh.

 

Interior

interior 01

Mari kita beralih dari desainnya yang unik dan anti-mainstream, menuju ke interior KIA Sportage 2017. Jika kalian melirik kedalam interiornya Compact SUV ini, kalian akan melihat tempat duduk yang cukup untuk 5 orang (termasuk penyetir). Deretan depan adalah tempat duduk untuk penumpang dan penyetir, lalu deretan kedua adalah tempat duduk untuk 3 orang yang berbobot tidak terlalu besar. Kalau orang-orangnya berbobot banyak, mungkin hanya bisa ditempati 2 orang saja di deretan kedua. Namun ukurannya sepertinya lebih besar kok ketimbang KIA Sportage 2016. Lalu di bagian belakang terdapat bagasi yang bisa dibuka secara otomatis menggunakan sensor proximity. Bagasinya cukup untuk menyimpan barang bervolume 31 kubik.

Lalu kita beralih ke kualitas tempat duduk Sportage 2017 ini. Tempat duduknya menggunakan material kualitas tinggi, lebih bagus ketimbang edisi-edisi sebelumnya. Meskipun tidak terlihat secara jelas perbedaannya antara edisi sebelumnya, namun kualitas tempat duduknya terasa berbeda, lebih nyaman edisi 2017. Kalian akan disuguhi teknologi terbaru yang umum ada di setiap mobil seperti LCD GPS, audio system, dan lain-lain. Maka kami yakin kalian tidak akan kecewa sama interior Sportage 2017 ini deh~

 

Mesin

engine

Sekarang kita bahas mesinnya ya, chingu. KIA Sportage menyandang mesin 4-silinder 2.4-L dengan tenaga sebesar 181-hp. Untuk model SX menyandang mesin 4-silinder turbocharge 2.0-L dengan tenaga sebesar 240-hp. Namun secara umum, semua Sportage 2017 menggunakan transmisi 6-speed. Performa mesinnya terbilang cukup powerful (meskipun lebih powerful Sportage edisi sebelumnya) dengan akselerasi yang tidak buruk (meskipun menyandang transmisi 6-speed). Kalian juga bisa mengatur shift throttle dalam tiga mode: Normal, Sport, dan Eco. Meskipun ada mode eco, namun efisiensinya tidak seperti yang kami harapkan karena KIA Sportage 2017 ini cukup boros bensin.

Nah, itulah pembahasan singkat tentang mesin, sekarang mari kita lanjut ke pembahasan fitur dan keamanan~

 

Fitur dan Keamanan

KIA Sportage

Di Sportage 2017 ini terdapat fitur-fitur safety (keamanan) seperti lane-departure warning, automation emergency breaking, high beam assist, front and rear parking assist, dan lain-lain. Mungkin chingu sudah ada yang tahu fungsi dari beberapa fitur keamanan yang ditawarkan Sportage 2017. Namun biar jelas, akan kami jelaskan lagi secara singkat ya. Lane departure warning adalah sistem peringatan saat kendaraan mulai melaju, automation emergency breaking adalah rem otomatis untuk keadaan emergency, high beam assist dan rear parking assist berfungsi untuk membantu pengendara saat menikmati kendaraan.

Dikabarkan bahwa fitur-fitur yang ditawarkan oleh KIA Sportage mendapat respon positif dari para kustomer. Para kustomer cukup puas dengan fitur-fitur serta keamanan yang ditawarkan oleh Sportage 2017. Para kritikus dunia juga memberi kesan positif terhadap fitur yang ditawarkan Sportage 2017. Terdapat tiga fitur trim yang ditawarkan: LX, EX, dan SX. Ketiga-tiganya terdapat fitur AWD dan 4WD. Namun kami tidak tahu ya kalau di Indonesia nanti seperti apa heuheu.

 

Harga, Pro, dan Kontra

Sportage Exterior 02

Harga Sportage 2017 versi global kira-kira sekitar 300 juta-an hingga 400 juta-an kalau dikonversikan ke Rupiah Indonesia. Secara keseluruhan, performa mesin, kualitas interior, serta fitur yang ditawarkan terbilang memuaskan. Desain eksteriornya juga terbilang unik dan nyaris anti-mainstream (nyaris karena ada beberapa mobil yang didesain serupa seperti Sportage 2017). Hanya saja bagi kalian yang tidak menyukai desain yang ditawarkan Sportage 2017, maka desain eksteriornya menjadi nilai minus alias kontra. Sedangkan poin kontra lainnya adalah efisiensi yang kurang gahar.

Okelah, segitu dulu deh pembahasan dari kami. Kalau ada komentar, jangan malu-malu loh ya, tanya aja, santai aja, okey? Well then, uri kanta~

 

Written by halookorea.com

Rating: 5.0. From 1 vote.
Please wait...
2 Comments
  1. Profile photo of HalooKorea
    HalooKorea 12 months ago

    Di Korea, Hyundai Tucson sama Kia Sportage kedua mobil sedang bersaing dalam tipe compact SUV.
    Tentang Hyundai Tucson (Mobil Song Joong ki di dalam drama DOTS), coba baca artikel ini. (KLIK DISINI)

    Kalau dibandingkan sama Tucson, kalian pilih yang mana? 😉

    No votes yet.
    Please wait...
  2. Profile photo of Ristra Mei Ronawati
    Ristra Mei Ronawati 9 months ago

    Desainnya keren

    No votes yet.
    Please wait...

Leave a reply

Advertisement

©2017 halooKorea All Rights Reserved

or

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

or

Create Account