KIA Rio – Mobil Hatchback Korea Terkenal

KIA Rio

KIA Rio – Mobil Hatchback Korea Terkenal

Haloo~~~

Annyeong haseyoo chingu. Kita bertemu lagi untuk membahas otomotif nih. Kalian suka otomotif? Maka kalian pasti tahu sama mobil hatchback besutan KIA yaitu Rio ya. Eh, kalian tidak tahu apa itu mobil hatchback? Baiklah akan kami jelaskan sedikit ya sebelum memulai pembahasan tentang KIA Rio. Mobil hatchback itu adalah mobil yang back-nya di hatch.  Mianhaeyo, bercanda. Mobil hatchback adalah mobil yang masih kerabatan dengan sedan, namun bagian belakangnya dihilangkan, jadilah mobil hatchback.

Nah, apakah sudah jelas, chingu? Okelah, kalau begitu. langsung saja kita membahas tentang KIA Rio ya. Kami akan membahas generasi terbaru dari KIA Rio, yaitu generasi ketiga dari tahun 2011 hingga saat ini. Untuk edisi face-lift atau minor upgrade, kami akan menjelaskan sedikit saja. Eh, kalian tahu face-lift kan? Ituloh edisi upgrade tapi minor saja, tidak keseluruhan. Kami juga akan membahas secara lengkap KIA Rio edisi terbaru yaitu KIA Rio 2016. Okey, kalau begitu langsung meluncur saja~

 

KIA Rio Generasi Ketiga

KIA Rio

Generasi ketiga KIA Rio dirilis pada tanggal 1 Maret 2011 di Geneva Motor Show (Nama lokal Korea : Pride, nama expor ke China : K2). Rio 2011 menggunakan mesin Gamma GDI 1.4L dan 1.6L dari Hyundai. Pasaran Eropa juga bisa memilih 1.25L Petrol Engine, 1.4L atau 1.1L CRDi Turbo Diesel Engine hingga 88mpg pada sirkulasi kombinasi EU (73mpg dalam galon US) dan membuang hanya 85gr CO2/km.

Namun pada saat itu, mesin 1.6L dirasa kurang bagus sehingga opsi satunya yakni mesin 1.4L menjadi yang paling powerful pada pasaran Rio saat itu. Pilihan transmisinya termasuk 6-speed manual dan 6-speed otomatis untuk pasaran Amerika. Sedangkan untuk pasaran Eropa menerima 5-speed manual untuk 1.25 Petrol Engine, 4-speed otomatis untuk 1.4L petrol “2” model konfigurasi 5 pintu, dan 6-speed manual untuk 1.4L Petrol serta 1.1L dan 1.4L Diesel. Fitur atau teknologi stop-go adalah opsional dan tersedia hampir di semua Rio 2011.

Rio di Eropa juga menerima model 3 pintu. Hal itu secara mekanik identik dengan 5 pintu, namun pintunya yang panjang membuat penampilan menjadi lebih sporty dan menarik perhatian orang berjiwa muda. Model 3 pintu juga lebih murah ketimbang 5 pintu. Suatu hari, 50 Rio model 3 pintu terbaik dikirim ke Selandia Baru dan dipasarkan sebagai Rio Sport EX.

Model Eropa yang telah di impor memiliki spek yang bagus ketimbang mobil yang dijual di Selandia Baru, dengan beberapa opsi tambahan untuk mobil pasaran Eropa tersebut seperti opsi key-less-go. Ditambah desainnya yang limited membuat mobil itu terlihat eksklusif. Pada bulan November 2011, Rio generasi ketiga mendapatkan penghargaan Semperit Irish Car tahun 2011. Lalu pada bulan Desember, Rio generasi ketiga mendapatkan penghargaan dari Carsguide sebagai mobil terbaik tahun 2011. Hal itu mengalahkan beberapa kendaraan termasuk Range Rover Evoque dan Ford.

Pada bulan Juli 2013 di Eropa, KIA merilis model turbo charge di Cee’d, dinamakan dengan Pro_Cee’d GT. Rumor mengatakan kalau mobil itu berdasarkan Rio 5 Pintu pasaran Amerika, tapi menggunakan konfigurasi pasaran Eropa 3 Pintu. Hal itu merupakan kombinasi keren dan menjadi rival kuat di kalangan mobil hatchback lainnya.

 

KIA Rio 2016

KIA Rio Design 02

Nah, sekarang mari kita membahas tentang model KIA Rio terbaru yaitu Rio 2016. KIA Rio 2016 ini termasuk kendaraan yang keren di kelasnya. Rio menambahkan beberapa tambahan minor di bagian depan dan belakang. KIA juga memperluas interior Rio 2016 terutama di tempat duduk bagian belakang serta bagasi. Seperti model KIA lainnya, Rio 2016 memiliki banyak sekali fitur dengan harga yang bervariasi tergantung fitur yang diambil.

Perubahan minor pada Rio 2016 mungkin susah terlihat ya, namun ada sedikit perbedaan di bagian depan kendaraan ini. Kalian bisa membandingkan sendiri antara gambar generasi ketiga dengan gambar Rio 2016. Kalau sudah menemukan perbedaannya, beritahu ya. Nah, kami akan membahas tentang mesin, interior dan eksterior, keamanan, serta pro dan kontra. Ya sudah, langsung saja meluncur~

 

Mesin

KIA Rio 2017 Engine

Rio 2016 ditenagai oleh mesin Gamma 1.6L GDI (Gasoline Direct Injection) dari Hyundai Motor Group yang memproduksi 140-ps/6,300-rpm dan 17.0-kg*m/4,850-rpm (2012 Ward’s 10 Best Engines). Sementara itu, model yang impor ke Indonesia ditenagai oleh mesin Gamma 1.4L GDI (Gasoline Direct Injection) dari Hyundai Motor Group yang memproduksi 107-ps/6,300-rpm dan 13.8-kg*m/4,200-rpm. Jadi Rio yang 1.6L masuk 10 mesin terbaik tahun 2012. Namun sayangnya, Rio yang di impor di Indonesia bukanlah Rio bermesin 1.6L ya 

Lalu kita beralih ke transmisi. Rio bertransmisi 6-speed manual/otomatis. Nah, ada plus minusnya nih untuk kendaraan bertransmisi 6-speed seperti Rio 2016. Untuk sisi plusnya, Rio 2016 menjadi lebih efisien dalam segi bahan bakar. Lalu plus kedua yaitu perpindahan speed (shift) terasa lebih halus ketimbang kendaraan bertransmisi 5 kebawah. Lalu plus ketiga yaitu lebih nyaman dikendarai karena shift gearnya yang halus. Namun sisi minus dari Rio 2016 yang notabene bertransmisi 6-speed adalah pada akselerasinya. Karena banyaknya shift gear, maka harus sering berpindah speed (RPM), sehingga berefek kepada akselerasi yang kurang gahar. Maka wajar saja kalau kebanyakan komplain pengguna Rio 2016 datang dari akselerasinya.

Untuk Rio 2016 hatchback, gear manual sudah tidak tersedia. Untuk gear manual hanya ada di Rio 2016 sedan saja. Namun hal ini tidak akan menjadi masalah karena gear otomatis dirasa sangat praktis untuk berkendara. Meskipun kalian akan merasakan akselerasi yang kurang memuaskan. Namun untuk apa sih mengebut di Indonesia? Apalagi Jakarta macet begini heuheu.

Pada transmisi atau gear otomatis, ada tombol “Active Eco” yang merupakan fitur opsional pada trim base dan standar pada Rio 2016. Fitur ini berfungsi menghaluskan respon throttle. Sedangkan pada model otomatis, dapat berfungsi untuk mengubah timing shift untuk meningkatkan efisiensi. Sedangkan pada handlingnya, Rio 2016 tetap stabil saat kecepatan stabil maupun dinamis. Yah meskipun setirnya sedikit ringan sih. Namun masih tetap nyaman kok untuk berkendara.

Meskipun Rio 2016 ini merupakan kendaraan hatchback tipe kecil, namun kalian tidak perlu takut mendapatkan kendala-kendala umum yang sering terjadi pada kendaraan kecil seperti guncangan, suara bising dari luar, dan kendala-kendala lainnya. Model SX menambahkan bobot pada setirnya sehingga terasa lebih sporty dan nyaman. Menurut kami, selain akselerasi dan setir yang terasa sedikit ringan, kualitas berkendara di Rio 2016 ini terbilang bagus kok chingu.

 

Eksterior dan Interior

KIA Rio 08

Baiklah, sekarang mari kita membahas tentang eksterior dan interior dari KIA Rio 2016 ini. Untuk desain eksteriornya, seperti yang kami beritahu sebelumnya bahwa desain eksteriornya mungkin sangat samar tampak. Karena perubahan yang terjadi hanyalah minor ketimbang model tahun sebelumnya di generasi ketiga. Namun tetap saja desain yang dirombak terlihat lebih elok dan cantik (jika kalian teliti membandingkan antara model tahun ini dengan tahun lalu ).

Desainer mobil terkenal yang bernama Schreyer (mantan desainer Audi) ternyata memberi efek positif kepada desain Rio. Meskipun sudah lewat lima tahun, tapi kualitas desain Rio masih terlihat elok nan elegan. Karena sentuhan Schreyer, nuansa Eropa melekat kental pada kendaraan baru ini. Sehingga para pengguna atau pengendara merasa sedang mengendarai mobil western kelas atas.

Rio 2016 untuk model hatchback tetap mempertahankan model 5 pintu sehingga terkombinasi sempurna dengan eksteriornya yang tajam nan elok. Jika kita bandingkan pada Ford Fiesta, maka kami lebih prefer ke Rio ketimbang Fiesta. Karena fiesta yang juga merupakan jenis hatchback terlihat kurang elok karena hanya menyediakan 4 pintu saja. Jadi feel proporsionalnya kurang elok ketimbang Rio. Oh iya, kami tidak ingin membahas model sedannya ya. Soalnya fokus kami adalah model hatchback heuheu. Sang desainernya menyuguhkan dua warna baru yakni Urban Blue dan Digital Yellow. Jadi kalian yang menyukai warna biru ataupun kuning maka pasti doyan deh sama mobil hatchback yang satu ini.

KIA Rio Design 03

Okey, sekarang mari kita membahas interior dari KIA Rio 2016. Material interiornya terasa premium ditambah adanya sentuhan teknologi seperti sistem climate-control. Display touchscreen terasa besar dengan model yang high-end. KIA mempercantik ventilasi AC interior dengan semacam bezzel indah. KIA juga tetap mempertahankan sistem audio berdesain piano-black. Untuk mereduksi guncangan di bagasi, KIA juga menambahkan semacam sterofoam agar barang yang kalian bawa di bagasi tidak rusak.

Sedangkan pada luas interiornya, memang sih Rio tidak seluas kendaraan subcompact lainnya seperti Honda Fit atau Nissan Versa, namun bisa kok menampung hingga lima penumpang (termasuk pengendara). Menurut kami, Rio tidak bisa dibandingkan dengan Honda Fit meskipun sama-sama jenis mobil hatchback. Menurut kami, Rio pantas dibandingkan dengan Ford Fiesta karena terbilang mobil yang sama-sama kecil.

KIA Rio interior 02

Tempat duduk depan Rio terasa nyaman. Bahan yang digunakan terasa berkelas dengan desain tempat duduknya yang panjang hingga cocok digunakan berkelana ke kota sebelah. Untuk model sporty yakni SX, ada tambahan bolster di tempat duduknya, sehingga lebih terasa nyaman untuk berkendara. Tapi di tempat duduk bagian belakangnya terasa lebih sempit ketimbang bagian depan. Mungkin bagi chingu yang punya kaki sepanjang Lee Kwang-soo, akan sedikit tersiksa duduk di bagian belakang heuheu.

Untuk masalah bagasi atau kabin, Kia menyuguhkan bagasi berkapasitas 15-cf. Yang kami sebutkan tersebut adalah Rio model hatchback loh ya chingu. Nah, secara keseluruhan, kapasitas bagasinya terbilang normal, tidak besar dan juga tidak sempit. Namun jika kalian bandingkan dengan kendaraan subcompact lainnya, maka kapasitas bagasi yang ditawarkan Rio 2016 ini terbilang sudah memuaskan kok.

 

Keamanan

KIA Rio Safety

Yuhuu, sekarang kita sudah beranjak ke bagian keamanan atau safety dari KIA Rio 2016 ini. Akan kami beritahu apa yang ada dan apa yang tidak ada di Rio ini, maksud kami dalam keamanannya heuheu. Pada Rio, kalian akan menemukan Air Bag-Frontal-Driver, Air Bag-Frontal-Passenger, Air Bag-Side Body-Front, Air Bag-Side Head-Front, Air Bag-Side Head-Rear, Brakes-ABS, Child Safety Rear Door Locks, Traction Control, Tire Pressure Monitor, Stability Control, dan masih banyak lagi.

Dari seluruh kemananan yang ditawarkan, kami rasa Rio ini sudah cukup mumpuni ya dalam segi kemanannya. Apalagi kekuatan body-nya yang terbilang kokoh dan tidak gampang peyok. Berdasarkan uji coba kelayakan skala internasional, kami mendengar bahwa ada peningkatan antara desain yang lama dengan desain yang baru. Tentunya hal itu terasa sangat melegakan ya karena kemananan para penumpang dan pengendara cukup terjamin. Yah, tentu saja kalian yang suka berkendara jangan terlalu liar membawa kendaraan kalian heuheu.

KIA Rio Safety 02

Rio 2016 juga dilengkapi dengan kamera depan (opsional) yang akan menjaga bumper depan kalian dari tabrakan yang tidak diinginkan. Untuk keamanan lainnya ada dual front, airbag di bagian depan dan samping yang berfungsi untuk meminimalisir cidera jika terjadi kecelakaan. Sedangkan fitur untuk mencegah kecelakaan ada banyak, ada rem anti-lock, kontrol stabilitas, serta fungsi hill-start assist.

 

Harga, Pro, dan Kontra

Well, kita sudah memasuki tahap terakhir pembahasan Rio 2016 ini. Untuk harga terbaru pada pertengahan tahun 2016 ini yaitu sekitar 140 jutaan. Setiap dealer menawarkan harga yang berbeda-beda kok. Jadi tergantung kalian ingin membeli dimana. Jika kalian ingin melihat di situs resmi KIA Indonesia, kalian bisa mengecek DISINI.

Nah, kami akan membahas tentang pro dulu ya. Kami rasa ada banyak kok pro atau poin bagus dari mobil hatchback ini. Poin pertama adalah performanya yang cukup powerful dan handlingnya yang relatif stabil. Poin kedua adalah adanya tombol “Active Eco” yang akan meningkatkan efisiensi kendaraan. Lalu poin yang ketiga adalah desain eksterior dan interiornya yang keren, padahal kalian tahu kalau harganya tidak terlalu mahal.

KIA Rio Safety (2)

Lalu poin keempat adalah spionnya yang sudah mengusung teknologi futuristik. Sebenarnya banyak sekali poin lainnya, kalian temukan sendiri ya nanti kalau sudah beli heuheu. Pada sisi kontra atau poin kurang bagus, kami menyimpulkan satu poin saja. Apa ya? Mungkin kalian sudah menebak apa yang akan ada di pikiran kami . Yap, akselerasinya yang kurang gahar. Sudah itu saja.

Okey, cukup sekian pembahasan tentang KIA Rio 2016. Jika ada pendapat lain tentang mesin, interior, eksterior, keamanan, atau mungkin pro serta kontra silahkan beritahu di bagian komentar ya. Well, sampai ketemu lagi~

 

Written by halooKorea.com / Reference www.kia.com

Rating: 5.0. From 8 votes.
Please wait...
4 Comments
  1. Profile photo of HalooKorea Author
    HalooKorea 1 year ago

    Dulu mobil saya juga menggunakan mesin yang sama dengan Rio ini.
    Mesin GDI itu powerful dan efisiensi bahan bakarnya sangat bagus.

    Design juga saya suka ❤.❤

    Rating: 5.0. From 1 vote.
    Please wait...
    • Profile photo of Deer
      Deer 1 year ago

      Apa ya mobilnya kalau boleh tahu 😀

      No votes yet.
      Please wait...
      • Profile photo of HalooKorea Author
        HalooKorea 1 year ago

        Hyundai Elantra. kalau di Korea namanya Avante (MD). Enginenya sama dengan Rio tipe tertinggi yaitu Hyundai Gamma 1.6 GDI.

        No votes yet.
        Please wait...
  2. Profile photo of Jenifer Jung
    Jenifer Jung 12 months ago

    tapi kalo kata gue ini mobil sempit,untuk badan segede gue hahaha

    No votes yet.
    Please wait...

Leave a reply

Advertisement

©2017 halooKorea All Rights Reserved

or

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

or

Create Account