Hyundai Genesis – Sedan Mewah Korea

Genesis

Hyundai Genesis – Sedan Mewah Korea

Haloo~

Annyeong haseyo chingu. Sudah lama ya kita tidak membahas tentang mobil Korea. Terakhir kami membahas tentang KIA Sportage ya yang merupakan mobil Compact SUV dengan desain eksterior unik. Nah, sekarang kami ingin membahas mobil sedan dan coupe besutan Hyundai yaitu Hyundai Genesis. Enaknya bahas yang mana nih? Yang sedan apa coupe? Sekarang sih sedang booming-boomingnya Genesis sedan G80 (mobil Seo Dae-young di dalam drama DOTS) dan Genesis G90 (Sedan High Class).

Begini saja deh, kami akan membahas tentang sejarah Hyundai Genesis sedan. Lalu selanjutnya kami akan membahas tentang Genesis sedan G90 saja deh ya yang paling luxury dan kontroversial. Mengapa kok kami bilang kontroversial? Jawabannya bisa chingu dapat kok nanti. Yah, sekarang kami ingin membahas tentang Hyundai Genesis dulu saja ya. Kami akan memfokuskan ke sejarah Hyundai Genesis yang sedan ketimbang coupe, karena kami nantinya akan membahas Genesis G90. Okey, selamat menyimak~

 

Sejarah Hyundai Genesis

Genesis

Well, sejarah mengatakan kalau Hyundai Genesis ini merupakan produk mobil yang baru memiliki dua generasi. Berbeda dengan beberapa produk mobil yang telah kami bahas sebelumnya yang rata-rata sudah memiliki empat generasi. Meskipun Hyundai Genesis terbilang produk yang baru tercetuskan, namun kami berani mengatakan kalau produk terbarunya Genesis yaitu G90 telah mampu bersaing dengan produk mobil kelas dunia seperti BMW dan Mercedes. Dan sekarang dikabarkan kalau Genesis akan berpisah dengan Hyundai dan tidak akan menggunakan nama Hyundai di setiap produknya. Seperti contohnya G90 tanpa ada nama Hyundai.

Hyundai Genesis tercetus pada tahun 2007 di New York International Auto Show dan didesain dengan modil BH. Diperkirakan biaya pengembangan mobil sedan berkonsep luxury ini sebesar 6.5 triliun IDR (500 juta USD). Hyundai mulai memasarkan generasi pertama serta keluaran perdana pada tahun selanjutnya yaitu 2008 di seluruh dunia kecuali Eropa. Hyundai memasarkan Genesis sebagai sedan sport premium. Generasi pertama Hyundai Genesis terjadi pada tahun 2008 hingga 2013.

Genesis

Pada masa generasi pertama, Genesis sukses mendapatkan banyak prestasi. Beberapa prestasi yang telah diraih Genesis generasi pertama yaitu lima sedan luxury oleh National Automobile Dealers Association tahun 2008, mendapat gelar ‘Top-Rated Upscale Sedan’ oleh majalah ‘Consumer Reports’, Peringkat 1 mobil premium midsize oleh JD Power 2009 APEAL study (mengalahkan seri BMW 5 dan Jaguar XF), serta masih banyak lagi deh. Langkah awal genesis pada generasi pertama benar-benar patut di acungi jempol.

Lalu mari kita beranjak ke Hyundai Genesis generasi kedua yang terjadi pada tahun 2013 hingga saat ini dengan model DH. Generasi kedua Genesis dicetuskan sebagai konsep ‘Hyundai HCD-14 Genesis’ di NAIAS pada tahun 2013. Kendaraan mereka kemudian di rilis di Seoul lalu kemudian di ‘North American International Auto Show’ dan ‘Toronto Auto Show’ pada tahun 2014. Hyundai Genesis generasi kedua model pertama memiliki beberapa pilihan empat mesin yaitu Lambda 3.0 GDi, Lambda 3.3 GDi, Lambda 3.8 GDi, dan Tau 5.0 GDi. Seluruh modelnya memiliki transmisi automatic 8-speed dengan mode shift manual.

 

Ngulik Genesis G90

Genesis

Model terbaru dari Genesis generasi kedua adalah G80 dan G90. Nah, sesuai janji kami sebelumnya, kami akan membahas tentang G90 saja ya. Hingga saat ini, G90 baru saja diperkenalkan di Amerika dan belum (atau tidak) memasuki pasaran Indonesia. Kami tidak tahu kapan G90 akan memasuki pasaran Hyundai Indonesia, soalnya G90 telah terpisah dari Hyundai. Hal itu sepertinya membuat G90 menjadi lebih sulit untuk memasuki pasaran mobil mewah Indonesia.

Okey, sekarang mari kita membahas Genesis G90 yang digadang-gadang sebagai mobil luxury dunia. Genesis G90 yang notabene baru saja muncul tampaknya membuat para ahli otomotif masih dalam proses mereview mobil sedan luxury ini. So, masih sedikit review yang dilakukan oleh para ahli otomotif dunia. Di tambah lagi, mobil ini belum ada di Indonesia, jadi kami hanya mereview secara tidak langsung saja deh ya. Paham kan maksud kami? heuheu. Baiklah, Seperti biasa, kami akan membahas lima hal yaitu eksterior, interior, mesin, keamanan, dan juga harga versi Amerika. Gaja~

 

Eksterior

Genesis

Genesis G90 memiliki panjang sekitar 204.9-in dengan rentang roda sekitar 124.4-in. Saat ini, G90 telah menyaingi rival terbesarnya yakni otomotif Jerman untuk masalah ukuran dan bentuk mobilnya. Jarak antara roda depan dan belakang diperpanjang hingga 4.5-in untuk menambah kapasitas deretan depan serta belakang mobil. Jadi chingu tidak perlu khawatir dengan bobot badan penumpang. Sedangkan kapasitas bagasi mobil maksimal sekitar 15.7-cf.

Genesis G90 ini menciptakan desain eksterior yang eksklusif serta futuristik. Tidak hanya itu, para desainer G90 juga menciptakan desain yang terkesan mahal dan powerful berdasarkan konsep Vision G. Konsep eksterior G90 ini mungkin serupa sama mobil Hyundai lainnya yaitu Equus. Namun tampilan eksterior G90 terkesan lebih gahar layaknya mobil-mobil kelas VVIP. Lalu desain lampu depan yang menikung hingga ke samping merupakan poin plus bagi kami. Karena menurut kami tampilan lampu depan tersebut terlihat seperti mata elang gitu deh.

Sedangkan jika kita tengok ke eksterior sisi belakang, maka chingu mungkin kesan pertama chingu adalah ruang bagasinya tidak terlalu luas karena panjang sisi belakangnya yang terlihat pendek. Namun tidak begitu kok chingu, kapasitas bagasinya cukup luas. Kami menduga kalau desain sisi belakang memang dibuat seperti itu agar lebih menampilkan kesan poweful dan gahar. Selain itu, tim pengembang G90 juga menyatakan kalau body G90 lebih kuat ketimbang body mobil kelas mahal lainnya. Sedangkan untuk teknologi di bagian eksterior, chingu akan disuguhkan dengan sensor yang terbilang lengkap kok chingu. Pokoknya jangan khawatir nubruk deh, tapi nyetirnya harus bener juga loh ㅋㅋㅋ.

 

Interior

Genesis

Nah, mari kita beralih ke desain interior dari Genesis G90. Saat chingu menengok ke dalam G90 ini, maka kemungkinan besar chingu akan berdecak kagum deh. Karena chingu akan disuguhkan dengan desain dan teknologi interior yang terkesan luxury dan futuristik gitu. Perpaduan antara desain kayu dan juga bahan kain kualitas tinggi membuat tampilan mewah lebih terasa. Apalagi teknologi yang disajikan juga sangat futuristik seperti LCD HD 12.3-in di deretan depan, dua LCD 7-in di deretan belakang, tombol power untuk menyalakan mesin G90, pengatur suhu otomatis, Qi wireless charging pad untuk mengecharge gadget chingu, dan masih banyak lagi teknologi futuristik lainnya.

Kita akan membahas deretan depan terlebih dulu ya. Untuk tempat duduknya, chingu bisa mengatur posisi tempat duduk sesuka chingu. Untuk sisi penyetir, chingu bisa mengatur hingga 22 posisi, banyak pakai banget ya. Sedangkan untuk tempat duduk penumpang, chingu bisa mengatur hingga 16 posisi, yah, masih banyak juga kok. Chingu juga bisa mengatur panjang tempat duduk juga, jadi jika tinggi chingu tidak terlalu tinggi, maka chingu tidak perlu khawatir kaki chingu menggantung deh.

Sedangkan di bagian belakang, chingu akan merasakan space yang terasa lebih lebar daripada mobil sedan lainnya. Sepertinya kenyamanan penumpang terutama untuk deretan belakang sangat diperhatikan oleh pengembang G90. Sama seperti tempat duduk penumpang deretan depan, tempat duduk penumpang deretan belakang juga bisa diatur hingga 16 posisi. Oh iya, kami belum membahas tentang sistem audio G90 ya. Sistem audio yang digunakan oleh G90 adalah produk sistem audio beken banget loh, yaitu Lexicon. Total audio di dalam mobil ada 17 dengan ukuran 10-in, maka telinga chingu akan sangat termanjakan dengan lagu favorit chingu. Untuk memutar lagu, chingu bisa memutarnya dari Bluetooth, USB, atau radio satelit. Bayangkan deh ada 17 audio di dalam mobil, pasti sangat jedag jedug banget kalau lagu yang diputar bergenre disco ㅋㅋㅋ.

 

Mesin

Genesis

Setelah kita membahas tentang eksterior dan interior, sekarang saatnya kita membahas mesin dari G90. Jika chingu tahu mobil besutan Hyundai lainnya yaitu Equus, maka chingu pasti menyadari betapa serupanya Equus dengan Genesis ini. Namun jika Equus lebih menyuguhkan tampilan dan desain ketimbang performa, lain lagi dengan Genesis ini. Performa dan mesin yang disuguhkan Genesis G90 terasa lebih powerful loh ketimbang Equus.

G90 mengusung mesin enam silinder atau V8. Mesin enam silinder merupakan mesin terbaru V6 3.3-liter twin-turbocharge dengan torque maksimal sebesar 365-hp dan 376-pf jika di isi bensin premium. Sedangkan untuk mesin V8 mengusung mesin 5-liter dengan torque sebesar 420-hp dan 383 lb-ft. Kedua mesin tersebut sama-sama memiliki transmisi 8-speed automatic yang didesain lebih ringan, kecil, dan efisien (katanya Hyundai sih). Yang menonjol dari performa G90 adalah dalam pemilihan gardan atau drivetrain. Pada G90, gardan yang disuguhkan adalah sistem all-wheel-drive atau sistem penggerak roda depan dan belakang. Jadi kalau biasanya chingu menemui mobil pada umumnya menggunakan sistem rear-wheel atau penggerak roda depan, atau belakang, di G90 ini chingu bisa merasakan sensasi penggerak seluruh roda, keren bener dah~

Lalu teknologi yang disuguhkan dalam mengoptimalkan performa dan berkendara, G90 mengusung banyak teknologi loh chingu. Beberapa teknologi yang disuguhkan G90 adalah mode sport dan economi yang berada dalam sistem gardan atau drivetrain, Intelligent Mode, suspensi multi-link, dan lain-lain. Seluruh teknologi yang ditawarkan sangatlah membantu dalam berkendara kok chingu. Apalagi transmisinya sudah matic, jadi jika chingu merupakan pengendara beginner, maka tidak perlu khawatir nubruk deh. Tapi chingu harus paham dulu dasar-dasar menyetir mobil ㅋㅋㅋ.

 

Fitur Pengaman

Genesis

Oke, sekarang mari kita beranjak ke fitur pengaman Genesis G90. Karena G90 baru saja di rilis, maka belum ada tes resmi dari IIHS atau NHTSA. Namun karena teknologi yang ditawarkan oleh G90 terbilang futuristik dan eksklusif, maka kami yakin kalau keamanan G90 terbilang aman. Untuk teknologi pengaman, G90 menyuguhkan Stability Control, Airbags, Cruise Control, Forward Collision Alerts, Autonomous Emergency Braking System, Blind Spot Monitors, Lane Departure Warnings, Lane Keeping Assist, Smart Parking Assist System kamera tampilan sekitar, dan masih banyak lagi yang tergabung dalam teknologi Smart ADAS (Advanced Driver Assistance System). Nah, kami akan membahas tiga sistem pengaman yang menurut kami daebak banget. Apa saja itu?

Sistem pengaman daebak pertama adalah sistem AEB atau sistem Autonomous Emergency Braking. Sistem ini berfungsi untuk mengaktifkan rem darurat saat pengendara tidak sempat menginjak pedal rem. Sistem ini sangat berguna pakai banget saat terjadi kecelakaan beruntun mendadak atau ketika pengendara dalam keadaan pingsan. G90 mampu mengetahui kondisi pengendara dari smart watch yang disuguhkan G90. Sistem ini mengupayakan sedemikian rupa agar tabrakan tidak dapat terjadi. Sistem ini juga secara otomatis memarkirkan kendaraan ke pinggir jalan agar potensi kecelakaan tidak terjadi.

Genesis

Lalu sistem daebak kedua adalah LKAS atau Lane Keeping Assist System. Sistem ini berfungsi ketika G90 keluar jalur lurus saat di jalan. Ketika pengendara kurang berhati-hati sehingga setir tidak stabil, maka sistem ini dapat menstabilkan setir agar tetap pada jalurnya. Sistem ini juga bekerja ketika lampu sinyal belok tidak menyala, namun kendaraan berbelok ke samping kiri atau kanan.

Kemudian sistem daebak terahir adalah SPAS atau Smart Parking Assist System. Sistem ini menurut kami sangat keren karena G90 dapat menyala, lalu keluar secara otomatis tanpa perlu ada pengendara di dalam G90. Jadi ketika chingu keluar dari rumah atau tempat kerja, chingu bisa menggunakan remote untuk mengaktifkan sistem ini. Kemudian sistem ini langsung bekerja sehingga mobil dapat keluar dari tempat parkir. Keren banget kan. Nah, di bagian paling bawah artikel ada video demonstrasi sistem pengaman Genesis, biar chingu semakin jelas dan paham gichu~

 

Harga

Genesis

Nah, mari kita membahas tentang harga dari G90 ini. Sekali lagi kami mengatakan, G90 ini baru saja di rilis. Jadi harga fix-nya masih belum diketahui secara pasti. Namun kami menduga kalau Genesis G90 ini akan dipasarkan di pasaran global dengan harga mulai 65,000 USD atau sekitar 850 juta IDR. Namun kami tidak tahu apakah Genesis G90 ini akan dipasarkan di Indonesia atau tidak. Jika memang dipasarkan, maka kemungkinan besar harga yang disajikan juga sekitaran 850 juta IDR.

Nah, begitulah ngulik Genesis versi halooKorea. Secara keseluruhan, desain eksterior dan interior, teknologi, mesin, dan fitur pengaman G90 sangatlah menarik minat kami. Namun sayangnya produk Genesis tidak pernah di rilis di Indonesia. Jadi jalan satu-satunya jika chingu ingin membeli produk Genesis terutama G90, maka chingu harus mengimpor langsung dari luar negeri. Tergantung chingu ingin membeli tipe US atau Korea. Nah, kalau ada komentar terkait Genesis, apapun itu, jangan malu-malu untuk berkomentar deh. Well then, uri ganda~

 

Ada beberapa CM yang menarik tentang Genesis, Coba deh nonton video dibawah~ 

 

Dad’s Sixth Sense – Winner 2015 One Show Automobile Advertising of the Year

 

A Message to Space – Bronze Lion Award at ‘Cannes Lions International Festival of Creativity’

 

The Empty Car Convoy

 

 Smart ADAS (Advanced Driver Assistance System)

 

Written by halookorea.com

Rating: 5.0. From 6 votes.
Please wait...
6 Comments
  1. Profile photo of HalooKorea
    HalooKorea 11 months ago

    wah.. CM nya sangat menarik 😉

    No votes yet.
    Please wait...
  2. Profile photo of Bianca Bianca
    Bianca Bianca 11 months ago

    Beh,mahal amat ya harganya kayak harga rumah gue

    No votes yet.
    Please wait...
    • Profile photo of Jenifer Jung
      Jenifer Jung 9 months ago

      Jelas,hyundai gitu loh

      No votes yet.
      Please wait...
  3. Profile photo of Sherly Fani
    Sherly Fani 9 months ago

    Ikut coment ah,sapa tau ntar keturutan nwli mobil ini hahaha

    No votes yet.
    Please wait...
    • Profile photo of Siska Sari
      Siska Sari 9 months ago

      Amiiin

      No votes yet.
      Please wait...
    • Profile photo of Ristra Mei Ronawati
      Ristra Mei Ronawati 9 months ago

      Selarang baca aja,besok beli
      Amin

      No votes yet.
      Please wait...

Leave a reply

Advertisement

©2017 halooKorea All Rights Reserved

or

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

or

Create Account