Yangnyeom Tongdak – Ayam Pedas Manis khas Korea

Yangnyeom Tongdak

Yangnyeom Tongdak – Ayam Pedas Manis khas Korea

Annyeong haseyoo~

Haloo chingu, haloo yeorobun! Apa kabar nih hari ini? Pasti tengah sibuk dengan aktifitas masing-masing ya. Meskipun sibuk, tapi jangan lupa makan ya. Eh, bicara soal makanan, kali ini kami akan membahas satu makanan asli Korea yang sepertinya sangat cocok buat lidah orang Indonesia. Makanan ini juga sempat di bahas di forum dan akhirnya kami bawa deh ke artikel spesial ini ㅋㅋㅋ.

Memangnya apa sih nama makanannya? Seperti yang chingu baca di judul, kami akan membahas yangnyeom tongdak, jenis makanan berbahan utama ayam yang sangat digemari warga Korea dan sepertinya warga Indonesia pun gemar makan yangnyeom kalau sudah merasakannya. Sebelumnya kami sudah pernah memasukkan yangnyeom tongdak ke dalam artikel spesial tiga makanan lezat Korea loh chingu, tapi tidak ada resepnya sih ㅋㅋㅋ.

Maka dari itu, di dalam artikel ini, kami akan menyuguhkan segala hal tentang yangnyeom tongdak. Termasuk juga resep yangnyeom tongdak ini. So, kami akan membahas sejarah yangnyeom tongdak, serba-serbi yangnyeom tongdak, serta resep yangnyeom tongdak. Sementara itu, dalam pembahasan resep, kami akan memberitahu resep-resep yang aman dimakan oleh semua orang (halal). Oke deh, sekarang kita langsung saja menuju pembahas utama, gaja~

 

Sejarah Yangnyeom Tongdak

yangnyeom tongdak 06

Yangnyeom tongdak atau yangnyeom chicken terdiri dari dua kata yaitu yangnyeom (양념) dan tongdak/chicken (치킨). Maka jika digabung, yangnyeom tongdak merupakan ayam goreng yang dikasih beragam bumbu khas Korea serta digoreng. Namun berbeda dengan ayam tepung barat, yangnyeom ini pada dasarnya merupakan ayam bertepung.

Tapi jika ayam tepung itu dikasih bumbu-bumbu banyak banget, maka namanya yangnyeom. Tapi kalau tidak dikasih bumbu-bumbu, makan namanya adalah KFC (Korean Fried Chicken). Ada juga loh ayam tepung yang dikasih kecap doang gitu, tapi kami lupa apa namanya ㅋㅋㅋㅋ. Apakah chingu ada yang tahu?

yangnyeom tongdak 02

Awal mula tercetusnya yangnyeom adalah melalui persaingan dua restoran legendaris Korea yaitu Pelicana Chicken dan Mexicana Chicken. Kedua restoran itu dulunya saling bersaing untuk menciptakan ayam goreng Korea terlezat. Hingga akhirnya kedua restoran itu mencetuskan ayam goreng Korea lezat bernama yangnyeom tongdak. Meskipun Pelicana Chicken mencetuskan yangnyeom pertama kali, tapi kedua restoran itu merupakan pencetus yangnyeom. Kunci dari yangnyeom lezat mereka adalah pada sausnya. Mereka mencampurkan selai stroberi dan gochujang sebagai sausnya.

Nah, itulah pembahasan tentang sejarah yangnyeom tongdak. Sebenarnya tidak ada banyak informasi tentang sejarah yangnyeom tongdak kecuali pada persaingan dua restoran legendaris Korea tersebut. Maka hasilnya kami hanya bisa menyuguhkan sedikit informasi saja, mianheyo chinguyo. Geuraeyo, kalau begitu mari deh kita lanjutkan ke serba-serbi yangnyeom yang membedakannya dengan ayam goreng negara lain. Gaja~

 

Serba Serbi Yangnyeom Tongdak

yangnyeom tongdak 07

Geuraeyoo, sekarang kita memasuki sesi pembahasan serba-serbi yangnyeom tongdak. Mungkin kami sudah pernah menjelaskan serba-serbi makanan yang satu ini ya di artikel spesial kami yang cukup lawas. Tapi tidak ada salahnya sih yang membahasnya lagi di sini. Hitung-hitung buat mengingat-ingat lagi gitu sih ㅋㅋㅋ. Nah, chingu tahu tidak perbedaannya ayam goreng Korea ini dengan ayam goreng di negara lain? Belum tahu ya?

Jadi, yangnyeom tongdak ini berbeda banget loh chingu ketimbang ayam goreng pada umumnya. Perbedaannya terletak pada cara pembuatannya. Ayam goreng biasa kan digoreng sekali doang nih ya chingu, tapi kalau yangnyeom itu digoreng dua kali loh. Maka karena hal itulah cita-rasa yangnyeom tongdak ini benar-benar lebih dahsyat ketimbang ayam goreng biasa, lebih gurih dan meledak di mulut (kru halooKorea bahasanya lebay ya [kata chingu] ㅋㅋㅋ). Tapi memang seperti itulah kenyataannya chingu.

yangnyeom tongdak 12

Selain teknik penggorengannya yang berbeda (digoreng dua kali), bumbu serta saus yang digunakan juga menjadikan cita-rasa yangnyeom sangat berbeda ketimbang ayam goreng lainnya. Chingu tahu gochujang kan? Nah, yangnyeom tongdak menggunakan gochujang sebagai bahan saus utama. Namun kami mendapatkan informasi terbaru nih chingu. Ternyata gochujang Korea itu mengandung (minimal) alkohol sebesar 0.5%. Maka sepertinya semua warga Indonesia tidak bisa menggunakan gochujang sebagai bahan pelengkap suatu masakan (termasuk yangnyeom tongdak). Tapi tenang saja, kami mendapatkan resep tentang cara membuat gochujang yang bisa digunakan oleh semua warga Indonesia kok. Chingu bisa membuatnya dengan mudah gitu deh~

Yap, itulah sedikit serba-serbi tentang yangnyeom tongdak. Sekarang mari deh kita menuju resep yangnyeom tongdak plus resep gochujang. Kami akan menyuguhkan resep gochujang dulu ya biar urutannya benar. Oh iya chingu, bahan-bahan yang kami suguhkan selalu bisa divariasikan kok. Kalau chingu mau menambahkan selai stroberi di dalam saus yangnyeom juga silahkan. Just try and meet your best recipe,hehe. Then, gaja~

 

Resep Yangnyeom Tongdak

Well, sesuai janji kami sebelumnya, kami akan menyuguhkan resep gochujang dulu, gaja~

Bahan gochujang:

  • 4 sendok cabai merah bubuk
  • 8 sendok cuka atau jeruk purut
  • 4 sendok gula pasir
  • 4 sendok kecap asin encer
  • 4 sendok bubuk bawang putih
  • 2 sendok tepung ketan putih

Cara membuat gochujang:

  1. Campur semua bahan kecuali tepung ketan.
  2. Aduk hingga rata hingga gula larut.
  3. Tambahkan tepung ketan putih.
  4. Tutup rapat lalu simpan di kulkas.

Nah, kalau sudah membuat gochujang, mari kita membuat yangnyeom tongdak~

Bahan dasar:

  • 100 gram ayam
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh lada bubuk
  • 2 sendok tepung beras
  • 2 sendok tepung terigu
  • 1 sendok tepung tapioka
  • 1 sendok tepung maizena
  • Baking powder sejumput
  • 1 telor
  • Minyak seperlunya
  • 1 sendok teh biji wijen (opsional)

Bahan saus:

  • 1 sendok minyak sayur
  • 4 siung bawang putih
  • 2 sendok gochujang
  • 1 sendok saus tomat botolan
  • 1 sendok madu
  • 1 sendok selai stroberi (opsional)
  • 1 sendok air jeruk nipis
  • 1 sendok teh gula pasir

Cara membuat yangnyeom:

  1. Campurkan garam, lada, semua jenis tepung, baking powder, dan telur, lalu aduk rata.
  2. Masukkan ayam yang sudah dicuci bersih ke dalam adonan sambil diremas-remas.
  3. Diamkan minimal 15 menit supaya bumbu lebih meresap.
  4. Panaskan minyak, goreng ayam dengan api sedang hingga setengah matang.
  5. Angkat dan tiriskan, diamkan 15 menit.
  6. Goreng ayam kembali hingga matang.
  7. Angkat dan sisihkan.
  8. Tumis bawang putih hingga harum.
  9. Masukkan gochujang, saus tomat, madu, perasan jeruk nipis, selai stroberi (opsional), dan gula pasir.
  10. Aduk hingga saus mengental.
  11. Masukkan ayam goreng, aduk hingga ayam terlumuri saus dengan rata.
  12. Angkat dan sajikan dengan taburan wijen sangrai (opsional).

Nah, itulah cara membuat gochujang dan juga yangnyeom tongdak. Chingu bisa mencobanya sendiri kok di rumah untuk tiga hingga lima porsi. Lebih baik banyak-banyak mencoba deh ya chingu. Oh iya, menurut kami lebih aman jika chingu membuat gochujang sendiri lalu disimpan di dalam kulkas buat digunakan sebagai bahan saus menu Korea lainnya. Meskipun tidak di taruh di kulkas, gochujang ini juga bisa awet jika ditutup rapat-rapat sehingga kedap udara. Lalu pada menu, chingu telah menemukan bahan opsional. Itu maksudnya chingu boleh menambahkan itu ataukah tidak. Tergantung selera gitu deh ㅋㅋㅋ. Well then, woori ganda~

 

Written by halookorea.com

Rating: 5.0. From 10 votes.
Please wait...
14 Comments
  1. Profile photo of HalooKorea
    HalooKorea 1 year ago

    laparrrrrr

    No votes yet.
    Please wait...
    • Profile photo of Oh Hani
      Oh Hani 1 year ago

      let’s try it at home ^^

      No votes yet.
      Please wait...
  2. Profile photo of Edgar Lee
    Edgar Lee 1 year ago

    terlihat enak sekali 😀

    No votes yet.
    Please wait...
    • Profile photo of Jong
      Jong 1 year ago

      coba aje lah gar degar eh edgar wkwkwkwkwk

      No votes yet.
      Please wait...
  3. Profile photo of Siska Sari
    Siska Sari 1 year ago

    Cari gochujang nya dimana ya? mau cobain aslinya yang pake gochujang

    No votes yet.
    Please wait...
    • Profile photo of Official HalooKorea Author
      Official HalooKorea 1 year ago

      beli online ada tapi ada kandungan alkohol. kami menyuguhkan resep untuk gochujang di atas jika chingu mau membuat sendiri di rumah 😀

      No votes yet.
      Please wait...
      • Profile photo of Siska Sari
        Siska Sari 1 year ago

        radak worry min beli online, kalo kandungan alcohol segitu gak bikn mabuk kok hahahaha
        makasih sarannya

        No votes yet.
        Please wait...
        • Profile photo of Official HalooKorea Author
          Official HalooKorea 1 year ago

          네 천만에요 (iya sama sama) 😀

          No votes yet.
          Please wait...
  4. Profile photo of Ristra Mei Ronawati
    Ristra Mei Ronawati 1 year ago

    Kalo pake saus sambal biasa, bisa gak sih?

    No votes yet.
    Please wait...
    • Profile photo of Official HalooKorea Author
      Official HalooKorea 1 year ago

      coba saja ya, nanti kabarkan kepada kami rasanya bagaimana 😀

      No votes yet.
      Please wait...
  5. Profile photo of ssinz7
    ssinz7 1 year ago

    Hmmm… sepertinya sangat pedas-_-

    No votes yet.
    Please wait...
    • Profile photo of HalooKorea
      HalooKorea 1 year ago

      tidak begitu pedas tapi manis pedas. 😉

      No votes yet.
      Please wait...
  6. Profile photo of Bianca Bianca
    Bianca Bianca 1 year ago

    Mau coba ah, kalo gochujangnya gak dapet mau pake sausnya richeese aja yang level 5

    No votes yet.
    Please wait...
  7. Profile photo of Jenifer Jung
    Jenifer Jung 1 year ago

    iseng-iseng kemarin bikin tapi gak pake gochujang, tapi pake resep yang udah ditulis, neak kok rasanya :G

    No votes yet.
    Please wait...

Leave a reply

Advertisement

©2017 halooKorea All Rights Reserved

or

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

or

Create Account