Resep Seolleongtang – Sup Tulang Lezat Korea

Resep Seolleongtang

Resep Seolleongtang – Sup Tulang Lezat Korea

Annyeong!

Haloo chinguyoo. Apa kabar nih chingu? Semoga selalu sehat ya chingu. Buat yang sedang sakit semoga cepat sembuh deh biar bisa makan makanan-makanan enak gitu deh. Well, di hari yang indah ini alangkah lebih indahnya kalau kita membahas tentang makanan lezat asal negeri ginseng, Korea. Menurut chingu, apa nih sajian makanan Korea kali ini? Benar banget, hari ini kami akan membahas khusus tentang sup lezat asal Korea bernama seolleongtang.

Apakah chingu ada yang pernah mendengar ataupun merasakan masakan ini? Bukan, sup ini agak berbeda dengan samgyetang kok chingu. Kalau samgyetang kan pakai kaldu daging ayam gitu kan, nah kalau seolleongtang ini pakai tulang sapi gitu. Jadi kaldunya pun dari tulang sapi. Proses masaknya juga berbeda. Kalau seolleongtang ini membutuhkan waktu pemasakan lebih lama ketimbang samgyetang. Sudah tahu bedanya kan, chingu?

Geurae, kali ini kami akan membahas beberapa poin tentang seolleongtang. Poin pertama adalah membahas sejarah seolleongtang. Lalu poin kedua akan membahas serba-serbi seolleongtang. Dan poin terakhir adalah membahas tentang resep dari seolleongtang ini. Nah, jika ada chingu yang sudah pernah membuat sup kaldu tulang sapi atau seolleongtang, kami akan sangat berterima-kasih jika chingu mau mengeshare resepnya di kolom komentar, 흐흐흐흐. Ya sudah deh, kalau begitu mari kita menuju pembahasan utama, gaja~


Sejarah Seolleongtang

Seolleongtang 02

Well, sebagai permulaan, kami akan membahas sejarah dari makanan lezat ini. Pada masa dinasti Joseon, masyarakat Korea secara teratur membuat persembahan untuk para leluhur seperti Dangun (leluhur legendaris pendiri kerajaan Gojoseon). Persembahan tersebut bernama Seonnongje (선농제), dimana Sŏnnong memiliki arti yakni ‘petani terhormat’. Sedangkan tempat persembahannya bernama Seonnong-dan (선농단), dimana tanggalnya mengikuti penanggalan dinasti Silla.

Raja Seongjong selalu mendatangi upacara persembahan tersebut dan selalu makan sebuah masakan dengan masyarakat Joseon. Supaya dapat meningkatkan suplai makanan di Joseon, raja Seongjong memerintahkan kepada masyarakat Joseon untuk menciptakan masakan yang dapat dimakan oleh orang banyak namun menggunakan bahan-bahan masakan yang tidak banyak. Maka dari beberapa makanan yang diciptakan, salah satunya adalah seonnongtang (tang artinya sup).

Nah, makanan seonnongtang itu kemudian disebut seolleongtang agar memudahkan pengucapannya. Namun nama seolleongtang memiliki arti tersendiri loh chingu. Karena warna kaldunya yang putih seperti salju, serta cita-rasa yang nendang abis, maka seolleongtang itu artinya adalah ‘sup tebal bersalju’ atau dalam bahasa Inggrisnya adalah ‘snowy thick soup’. Yah, memang rasanya nendang abis gitu deh. Chingu pasti sudah penasaran ya~

 

Serba Serbi Seolleongtang

Seolleongtang 04

Well, sekarang mari kita membahas tentang serba-serbi seolleongtang. Makanan sup berwarna putih ini merupakan sup kaldu yang dibuat dari tulang sapi bagian kaki, dan daging sapi brisket (punggung). Tidak hanya tulang saja, seolleongtang juga biasanya ditambahkan nasi putih dan mie sebagai sumber energi tambahan. Makanan ini sangatlah terkenal di Seoul dan menjadi santapan favorit para pelancong dari dalam maupun luar Korea.

Seolleongtang ini membutuh waktu yang terbilang lama saat proses masaknya. Loh, memangnya seberapa lama sih proses pembuatan seolleongtang ini? Kurang lebih chingu akan menghabiskan 5 hingga 7 jam untuk membuat makanan ini. Wah, lama pakai banget ya?

Namun tenang saja chingu. Setelah seolleongtang jadi, maka chingu tidak akan menyesal deh telah membuat makanan ini. Karena kandungan gizi dan cita-rasa seolleongtang ini sungguh sangat menakjubkan. Kira-kira, kandungan gizi pada seolleongtang ini adalah vitamin A, vitamin C, dan kalsium. Bergizi kan? Tapi tentu saja cara pemasakannya haruslah sesuai dengan resep biar kandungan gizi yang dihasilkan juga maksimal. Terus apa sih resepnya?

 

Resep Seolleongtang

Seolleongtang 03

Okey, sekarang kita telah memasuki sesi pembahasan resep seolleongtang. Karena proses pembuatan seolleongtang membutuhkan waktu yang tidak sedikit (sekitar 5 – 7 jam) untuk mengangkat kaldu tulang sapi, maka kami sarankan agar chingu mempersiapkan seluruh bahan utama serta bahan tambahan. Jangan sampai ada yang kurang dan akhirnya masakan seolleongtang tidak terasa maksimal. Kan sayang banget gitu kalau rasa kaldunya tidak maksimal. Tapi kalau chingu tidak mempermasalahkan biaya, maka lebih baik latihan dulu saja deh ya. Resiko ditanggung chingu sendiri ya ㅋㅋㅋ. Okelah, langsung saja kita bahas resep seolleongtang, gaja~

Bahan Utama

  • 1 kg tulang sapi
  • 1 kg kaki sapi
  • 1/2 kg daging sapi brisket (punggung)
  • 5 liter air

Bahan Tambahan

  • 100 gram daun bawang
  • 80 gram mie putih kering (bihun) atau mie pipih kering
  • 5 gram garam
  • 5 gram lada

Cara Membuat

  1. Rendam tulang, kaki dan daging sapi dalam air selama 5 jam untuk membersihkan darahnya.
  2. Masukkan tulang, kaki dan daging dalam air sampai terendam penuh di dalam panci besar lalu rebus.
  3. Setelah kotoran termasuk busa terapung, buang airnya.
  4. Bilas bahan dengan air dingin lalu isi air baru kemudian rebus dengan api paling besar.
  5. Saat mendidih, kecilkan api menjadi sedang lalu rebus selama 5 – 6 jam.
  6. Satu jam kemudian, keluarkan daging brisket.
  7. Potong kecil-kecil daun bawang.
  8. Iris daging setipis-tipisnya, kira-kira setebal 0,2 cm.
  9. Rebus mie secara terpisah.
  10. Masukkan mie ke dalam air mendidih dan tambahkan air dingin sedikit beberapa kali.
  11. Ulangi 5 – 6 kali lalu bilas dengan air matang untuk menghilangkan tepung pada permukaan mie.
  12. Pindah mie ke dalam mangkuk seolleongtang serta taruh daging diatasnya.
  13. Tuangkan kuah ke dalam mangkuk lalu masukkan juga daun bawang.
  14. Bumbui dengan garam dan lada.
  15. Seolleongtang telah selesai.

Nah, itulah resep seolleongtang sekaligus penutup pembahasan kita kali ini tentang seolleongtang. Biasanya seolleongtang juga ditambahkan nasi putih saat memakannya loh chingu. Sedangkan untuk side-dish, chingu bisa menambahkan kimchi kalau suka banget sama kimchi. Okey, kalau chingu ada resep seolleongtang versi chingu sendiri, boleh banget loh buat di share disini. dan juga, kalau chingu ada referensi masakan Korea lainnya yang belum pernah kami bahas sebelumnya, boleh pakai banget juga buat di share di kolom komentar. Kalau begitu, kami pamit dulu~

 

Written by halookorea.com

Rating: 5.0. From 5 votes.
Please wait...
7 Comments
  1. Profile photo of Siska Sari
    Siska Sari 11 months ago

    cocok pas musim ujan nih kayaknya

    No votes yet.
    Please wait...
  2. Profile photo of Jenifer Jung
    Jenifer Jung 11 months ago

    Kuahnya waran putih gitu dari mananya ya?

    No votes yet.
    Please wait...
    • Profile photo of Edgar Lee
      Edgar Lee 11 months ago

      dari brooth tulang kaki sapi sepertinya

      No votes yet.
      Please wait...
  3. Profile photo of ssinz7
    ssinz7 11 months ago

    Enak nih kayak gini apalagi anget-anget pas hujan

    No votes yet.
    Please wait...
    • Profile photo of Official HalooKorea Author
      Official HalooKorea 11 months ago

      iyaa apalagi pas panas 😀

      No votes yet.
      Please wait...
  4. Profile photo of Sherly Fani
    Sherly Fani 11 months ago

    Gue coba bikin fail, apa emang gue yang gak bisa masak ya 🙁

    No votes yet.
    Please wait...
    • Profile photo of Official HalooKorea Author
      Official HalooKorea 11 months ago

      kok bisa fail? sayang sekali ya. tapi jangan menyerah, banyak practice is better, fighting 😀

      No votes yet.
      Please wait...

Leave a reply

Advertisement

©2017 halooKorea All Rights Reserved

or

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

or

Create Account