Belajar Bahasa Korea Chapter 2 – Merangkai Hangul (Part 1)

Belajar Bahasa Korea Chapter 2

Belajar Bahasa Korea Chapter 2 – Merangkai Hangul (Part 1)

Haloo~

Annyeong haseyo, chingu. Sekarang kita memasuki cara merangkai karakter Hangul yang telah kita pelajari di dalam chapter 1. Kalian ingat kan ada berapa konsonan dan berapa vokal? Pintar~ ada empat-belas konsonan dan sepuluh vokal. Lalu untuk rangkap, ada 5 konsonan rangkap dan 11 vokal rangkap. Jika kita mengikuti kurikulum Korea, vokal dan konsonan rangkap tidak begitu menjadi poin penting. Yang menjadi poin penting adalah konsonan dan vokalnya saja. Namun tetap saja, kalian harus memahami konsonan rangkap dan vokal rangkap juga.

Nah, di chapter ini, kita akan merangkai satu konsonan dengan satu vokal. Yang pertama adalah menggabungkan seluruh konsonan dengan vokal A, lalu yang kedua adalah menggabungkan konsonan giyeok dengan seluruh vokal. Namun sebelum kami membahas kedua poin itu, kami akan menjelaskan tentang struktur umum pada Hangul. Mungkin mudah banget ya bagi kalian yang doyan banget mengulik tentang Korea, baik itu drama Korea, budaya Korea, maupun K-Pop. Namun pasti ada yang tidak tahu cara penulisan yang benar dan tepat. Kalau begitu, selamat belajar yaa~

 

Struktur Hangul

Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya kalau Hangul itu ditemukan oleh Raja Sejong yang terinspirasi dari jendela. Jadi, kita juga akan belajar sesuai konsep jendela. Struktur perangkaian karakter Hangul juga berdasarkan konsep jendela. Jika kalian lihat desain jendela, ada beberapa desain yaitu satu sekat, satu setengah sekat, dua sekat, dan dua setengah sekat. Untuk dua sekat, ada dua model yaitu saling bersinggungan dan paralel. Waduh kok jadi tambah bingung ya. Biar tidak bingung, silahkan lihat gambar dibawah ini.

Belajar Bahasa Korea Chapter 2

Nah, pada gambar di atas, ada tiga struktur. Struktur pertama adalah struktur yang paling banyak digunakan dan juga paling mudah. Lalu struktur kedua adalah struktur yang tidak susah dan juga tidak sederhana dan cukup banyak digunakan. Sedangkan struktur ketiga adalah struktur yang sepertinya sedikit rumit namun jarang digunakan. Ada satu ciri-ciri khusus di dalam struktur itu. Karakter vokal hanya digunakan satu kali saja di dalam satu jendela, sisanya adalah karakter konsonan atau di dalam gambar diringkas menjadi KON. Kalau kalian menemukan dua karakter vokal, maka perhatikan baik-baik, karakter itu pastilah karakter vokal rangkap heuheuheu. Well, akan kami jelaskan satu persatu strukturnya yes, 그래~

 

Struktur 1

Belajar Bahasa Korea Chapter 2

Okey, pada struktur pertama ini, cukup mudah ya. Hanya ada satu sekat saja, jadi ada dua kaca di jendela itu. Salah satu kacanya adalah karakter vokal, satunya lagi adalah karakter konsonan. Karakternya bisa rangkap ataukah tidak. Jika kalian menemukan dua vokal, berarti itu adalah vokal rangkap. Kemudian ada variasi pada struktur pertama tersebut. Struktur utama adalah struktur yang karakternya dirangkai secara seri. Sedangkan untuk struktur variasi, karakternya dirangkai secara paralel. Nah, pada struktur ini, karakter konsonan selalu di awal. Contohnya ada pada pembahasan di bawah. Setelah pembahasan struktur Hangul, kami akan membahas tentang gabungan antara seluruh konsonan dan vokal A serta gabungan antara giyeok dan seluruh vokal. Apa? Kalian minta dikasih contoh sekarang juga? Baiklah, akan kami beri masing-masing tiga ya. Contoh struktur utama yaitu 가, 기, dan . Sedangkan contoh struktur variasi yaitu 르, 모, dan .

 

Struktur 2

Belajar Bahasa Korea Chapter 2

Baiklah, sekarang kita beranjak ke struktur kedua. Pada struktur kedua ini, total karakternya ada 3, konsonan 2 dan vokal 1. Jika kita melihat dengan seksama, ada tiga kaca di dalam jendela itu. Kita tetap memakai konsep jendela ya pada pembahasan struktur ini. Pada struktur kedua ini tetap ada dua tipe, tipe utama dan tipe variasi. Untuk tipe utama, konsonan dan vokal awal dirangkai secara seri. Sedangkan untuk tipe variasi, konsonan dan vokal awal dirangkai secara paralel. Biar tidak bingung, langsung ke contohnya saja ya. Perhatikan gambar dibawah ini biar tambah jelas.

Belajar Bahasa Korea Chapter 2

Nah, pada gambar contoh diatas, ada dua struktur utama dan dua struktur variasi. Contoh satu yang dibaca gang (Korea: 강; Indonesia: sungai) dan contoh dua yang dibaca gam (Korea: 감; Indonesia: kesemek) adalah struktur utama. Sedangkan contoh tiga yang dibaca gong (Korea: 공; Indonesia: bola) dan contoh empat yang dibaca jong (Korea: 종; Indonesia: lonceng) adalah struktur variasi. Apakah sudah cukup jelas? Kalau sudah jelas, kita langsung saja ke struktur terakhir yaitu struktur ketiga~

 

Struktur 3

Belajar Bahasa Korea Chapter 2

Okey, sekarang kita telah berada pada struktur terakhir yaitu struktur ketiga. Untuk struktur ketiga ini, total karakternya ada 4, konsonan 3 dan vokal 1. Karena Vokal tidak bisa berdiri sendiri, maka jika kalian ingin menulis karakter vokal di depan seperti annyeong, maka harus di ikuti yieung dulu. Apa? Kalian ingat? Ya sudah kalau begitu heuheu. Nah, di struktur ketiga ini, juga ada variasinya loh. perbedaan antara struktur utama dan variasi adalah pada konsonan dan vokal awalnya. Untuk struktur utama, konsonan dan vokal awal disusun secara seri. Sedangkan untuk struktur variasi, konsonan dan vokal awal disusun secara paralel. Langsung ke contoh saja ya biar tidak bingung. Perhatikan gambar di bawah ini.

Belajar Bahasa Korea Chapter 2

Kalian bisa melihat dengan seksama kedua contoh diatas. Contoh pertama adalah struktur utama dengan pola konsonan dan vokal awal disusun secara seri. Jika kita hanya membaca ilk saja pada contoh pertama, maka kata itu tidak memiliki arti. Namun jika ditambahkan da hingga menjadi ilk-da (읽다) maka memiliki arti yaitu baca. Sedangkan pada contoh kedua adalah contoh untuk struktur variasi dengan pola konsonan dan vokal awal disusun secara paralel. Serupa dengan contoh pertama, contoh kedua jika dibaca mulk saja tidak memiliki arti. Namun jika ditambahkan da hingga menjadi mulk-da (묽다) maka memiliki arti yaitu encer.

 

Menggabungkan Konsonan dengan A

Belajar Bahasa Korea Chapter 2Nah, sesuai janji kami di pembukaan chapter 2. Sekarang kita akan mempelajari cara penulisan konsonan dan vokal A yang baik dan benar. Kalian tahu kan konsonan ada berapa? Yap benar, ada 14 konsonan yaitu giyeok, nieun, digeut, mieum, rieul, bieup, sieut, yieung, jieut, chieut, khieuk, thieut, phieup, dan hieut. Seluruh konsonan itu akan digabungkan dengan vokal pertama Hangul yaitu A (ㅏ). Biar lebih jelas, kami buat perpoin saja ya. Sangat mudah pakai banget kok. Kalau begitu, lanjut kebawah saja ya. Ajha fighting~

  • ㄱ + ㅏ = 가 (GA)
  • ㄴ + ㅏ = 나 (NA)
  • ㄷ + ㅏ = 다 (DA)
  • ㄹ + ㅏ = 라 (RA)
  • ㅁ + ㅏ = 마 (MA)
  • ㅅ + ㅏ = 사 (SA)
  • ㅇ + ㅏ = 아 (A)
  • ㅈ + ㅏ = 자 (JA)
  • ㅊ + ㅏ = 차 (CHA)
  • ㅋ + ㅏ = 카 (KHA)
  • ㅌ + ㅏ = 타 (THA)
  • ㅍ + ㅏ = 파 (PHA)
  • ㅎ + ㅏ = 하 (HA)

Nah, sudah semua ya. Sekarang kita berlanjut menggabungkan giyeok dengan seluruh vokal Hangul~

 

Menggabungkan Giyeok dengan Vokal

Belajar Bahasa Korea Chapter 2

Baiklah, untuk menggabungkan giyeok dengan seluruh vokal Hangul, akan ada sepuluh poin karena vokalnya Hangul ada 10. Apa saja sih vokalnya Hangul? Masih ingat kah kalian, chingu? Ah pintar sekali, vokalnya Hangul ada A, YA, EO, YEO, O, YO, U, YU, EU, dan I. Seluruh vokal yang ada 10 itu digabungkan dengan konsonan pertama yaitu giyeok (ㄱ). Biar lebih ringkas, kami juga akan menjelaskan perpoin saja ya. Selamat belajar, ajha fighting~

  • ㄱ + ㅏ = 가 (GA)
  • ㄱ + ㅑ = 가 (GYA)
  • ㄱ + ㅓ = 거 (GEO)
  • ㄱ + ㅕ = 겨 (GYEO)
  • ㄱ + ㅗ = 고 (GO)
  • ㄱ + 교 = 교 (GYO)
  • ㄱ + 구 = 구 (GU)
  • ㄱ + ㅠ = 규 (GYU)
  • ㄱ + ㅡ = 그 (GEU)
  • ㄱ + ㅣ = 기 (GI)

Well then, kami rasa sudah cukup ya penjelasan pada chapter 2 part 1 ini. Untuk penyambungan antara konsonan dan vokal secara lengkap, chingu bisa melihat dua tabel dibawah ini. Ingat, tidak ada arti di dalam tabel dibawah ini ya. Hanya untuk dipahami dan diketahui saja. Cukup bikin pusing sih, tapi mau bagaimana lagi heuheuheu. Di part selanjutnya, kita akan belajar merangkai beberapa kata yang ada artinya, baik itu arti bahasa Indonesia maupun bahasa Korea. Contohnya seperti ajussi (Korea: 아저씨; Indonesia: paman). Nah, kalau ada pertanyaan, silahkan tanya ya. Jangan malu, nanti tersesat di jalan loh. Sampai ketemu lagi di part selanjutnya~

Kalian bisa mendownload gambar tabel ringkasan chapter 2 part 1 DISINI.

Belajar Bahasa Korea Chapter 2

 

Written by halookorea.com


Chingu bisa langsung menuju link belajar bahasa Korea di bawah ini

Chapter 1 – Hangul (Part 1 : Konsonan)

Chapter 1 – Hangul (Part 2 : Vokal)

Chapter 1 – Hangul (Part 3 : Cara Penulisan)

Chapter 2 – Merangkai Hangul (Part 1)

Chapter 2 – Merangkai Hangul (Part 2)

Chapter 3 – Kata Bantu (Part 1)

Chapter 3 – Kata Bantu (Part 2)

Rating: 5.0. From 5 votes.
Please wait...
5 Comments
  1. Profile photo of Jong
    Jong 1 year ago

    pusing liat tabelnye hehhehe

    No votes yet.
    Please wait...
  2. Profile photo of Kim Ji Eun
    Kim Ji Eun 1 year ago

    lihat aku aja oppa lolol

    No votes yet.
    Please wait...
  3. Profile photo of Deer
    Deer 1 year ago

    lu kagak bersyukur ye jong bisa belajar korea gratis, kan admin udah bilang kalau tabelnya cuma untuk tahu saja. gimane si lu jong wkwk

    No votes yet.
    Please wait...
  4. Profile photo of Jong
    Jong 1 year ago

    siape yang protes deer -_-

    tabelnye berguna kok buat latihan nulis ame gabungin char :3

    No votes yet.
    Please wait...
  5. Profile photo of Jenifer Jung
    Jenifer Jung 10 months ago

    Sekarang gue udah jago nulisnya hahaha

    No votes yet.
    Please wait...

Leave a reply

Advertisement

©2017 halooKorea All Rights Reserved

or

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

or

Create Account