Belajar Bahasa Korea Chapter 1 – Hangul (Part 2 : Vocal)

Belajar bahasa Korea 1-2

Belajar Bahasa Korea Chapter 1 – Hangul (Part 2 : Vocal)

Annyeong haseyo~

Haloo chingu. Kita kembali lagi untuk belajar baKor atau bahasa Korea Chapter 1 yang masih membahas tentang Hangul. Di part sebelumnya, kita sudah belajar tentang konsonan dan konsonan rangkap Hangul. Apakah kalian masih ingat ada apa saja konsonannya? Iya benar sekali, ada 14 konsonan yaitu Giyeok, Nieun, Digeut, Rieul, Mieum, Bieup, Sieut, Yieung, Jieut, Chieut, Khieuk, Thieut, Pieup, dan Hieut. Sedangkan untuk konsonan rangkap hanya ada 5 saja yaitu Ssang Giyeok, Ssang Digeut, Ssang Bieup, Ssang Sieut, dan Ssang Jieut.

Nah, untuk vokal Hangul, cuma ada 10 kok. Namun ada juga loh vokal rangkap yang terdiri dari 11 gabungan karakter. Yah, cukup banyak sih. Namun tidak susah kok kalau kalian berpikiran mudah. Jadi kami ingin menekankan lagi bahwa intinya ada dua dalam belajar Korea. Apa saja? Dua poin penting yang selalu kami tekankan adalah: habituation and strong minded alias selalu berlatih dan tekad kuat. Okey, apakah kalian sudah siap? Sudah? Mantab, kalau begitu, selamat belajar~

Vokal (Moeum)

Belajar bahasa Korea

Nah, sekarang mari kita belajar tentang vokal yang terdiri dari 10 karakter. Kesepuluh vokal itu adalah a, ya, eo, yeo, o, yo, u, yu, eu, dan i. Pada gambar di atas, urutan membacanya dari kiri atas ke kiri bawah ya, atas bawah bukan kiri kanan . Nah, sekarang mari kita membahas satu-persatu kesepuluh vokal Hangul ini. Agar tidak bingung, nanti akan kami ringkas dalam tabel tentang vokal ini. Yah, kurang-lebih, sama seperti tabel konsonan pada part 1 sih ya. Nah, karakter vokal ini memiliki ciri-ciri khusus ketika ditulis di awal kata. Karakter vokal ini harus ditambahkan yieung alias ㅇ untuk penulisan di awal kata. Contohnya seperti ini: 아, 야, 어, atau 오. Namun jika awalnya bukan vokal, alias konsonan, maka tidak perlu memakai Yieung seperti 러, 뵤, 두, atau 그. Baiklah, sekarang mari kita menuju topik utama, yaitu vokal Hangul~

 

A (ㅏ)

Belajar bahasa Korea

Yuhuu, sekarang kita beranjak ke vokal pertama yaitu vokal A. Bentuk karakter vokal A ini sungguh mudah ya. Hanya Garis di tambah sret di tengah mengarah ke kanan. Nah, kalau imajinasi kalian, karakter vokal A itu seperti apa? Kalau kami sih mudah saja, bentuk karakter A ini seperti huruf H yang dibelah jadi dua secara vertikal (dari atas ke bawah). Nah, pada huruf H itu, tampak sisi kirinya saja, itulah karakter vokal A. Oh iya, seperti yang kami bilang tadi, kalau menulis karakter vokal di awal kalimat harus ditambahkan yieung. Nah, sekarang kita beralih ke contoh penggunaan karakter vokal A ini. Contohnya yaitu sa-rang (Korea: 사랑; Indonesia: cinta), a-beo-ji (Korea: 아버지; Indonesia: ayah), dan gwi-yeop-da (Korea: 귀엽다; Indonesia: imut).

 

YA (ㅑ)

Belajar bahasa Korea

Baiklah, kita telah berada di karakter vokal kedua yaitu vokal YA. Bentuk karakter vokal YA ini sebenarnya mirip seperti vokal pertama, tinggal ditambah sret lagi deh. Jadi ada dua sret yang mengarah ke kanan. Menurut kalian, bentuk karakter vokal YA ini seperti apa? Kalau menurut kami, bentuk karakter vokal kedua ini seperti orang yang kedua tangannya menghadap ke kanan . Yah, yang jelas miriplah seperti karakter vokal pertama, pengucapannya juga serupa.

Sekarang kita beranjak ke contoh penggunaan karakter vokal YA ini. Sebelum kami beralih ke contoh kata, kami akan selalu mengingatkan kalau karakter vokal yang ditulis di awal kalimat harus ditambahkan yieung alias ㅇ. Okey, contoh penggunaan karakter vokal YA yaitu yag-guk (Korea: 약국; Indonesia: apotek), yang-nyeom (Korea: 양념; Indonesia: bumbu saos), dan yang-ban (Korea: 양반; Indonesia: penduduk kelas atas pada masa Joseon).

 

EO (ㅓ)

Belajar bahasa Korea

Well, sekarang kita beranjak ke karakter vokal ketiga yaitu EO. Nah, bentuk karakter vokal EO ini sangat sederhana. Mungkin serupa dengan karakter vokal pertama ya, namun karakter EO ini adalah mirror dari karakter vokal pertama. Jadi sretnya cuma satu dan mengarah ke kiri. Imajinasi kalian seperti apa? Kalau menurut kami, seperti huruh H yang dibelah secara vertikal (dari atas ke bawah) dan hanya digunakan sisi kanannya saja. Yah, kurang lebih seperti karakter vokal pertama deh.

Nah, sekarang kita menuju contoh kata karakter vokal EO ini. Kami ingin mengingatkan sekali lagi kalau seluruh karakter vokal yang berada di awal kata harus ditambahkan yieung alias ㅇ. Nah, contoh penggunaan karakter vokal EO yaitu a-beo-ji (Korea: 아버지; Indonesia: ayah), eo-meo-ni (Korea: 어머니; Indonesia: ibu), dan eom-ma (Korea:엄마; Indonesia: mama).

 

YEO (ㅕ)

Belajar bahasa Korea

Baiklah, sekarang kita memasuki karakter vokal keempat yaitu YEO. Bentuk karakter ini sepertinya mirip seperti karakter vokal kedua ya. Namun karakter vokal YEO ini merupakan mirror dari karakter kedua. Ata seperti karakter vokal ketiga namun sretnya ada dua mengarah ke kiri. Kalau imajinasi kalian seperti apa, chingu? Kalau imajinasi bentuk karakter vokal YEO menurut kami itu seperti orang yang kedua tangannya menghadap ke kiri . Yah, kok hampir sama sih seperti karakter vokal sebelumnya? Mianhae, imajinasi kami kurang bagus. Tapi kami yakin kalau chingu memiliki daya imajinasi yang bagus. Jadi, silahkan dibayangkan sendiri bentuknya seperti apa.

Sekarang kita beralih ke contoh penggunaan karakter vokal YEO ini. Kami tidak bosan-bosannya mengingatkan kalau seluruh karakter vokal yang berada di depan kata harus dipasangkan dengan Yieung alias ㅇ. Okey, contoh penggunaan karakter YEO yaitu yeong-hwa (Korea: 영화, Indonesia: film), yeo-ja (Korea: 여자; Indonesia: wanita), dan gyeong-gi (Korea: 경기; Indonesia: kompetisi).

 

O (ㅗ)

Belajar bahasa Korea

Well done, kalian sudah memasuki pertengahan karakter vokal Hangul yaitu karakter vokal O. Perjalanan belum usai, masih ada 5 karakter vokal dan 11 karakter vokal rangkap. Pelan-pelan saja belajarnya, jangan tergesa-gesa. Cermati dan pahami lah intinya, huehuehue. Nah, karakter vokal kelima ini bentuknya sangat mudah pakai banget. Tinggal tulis garis seperti minus, lalu kasih sret di tengah mengarah ke atas. Atau bisa juga seperti karakter vokal pertama yang jatuh ke samping kiri. Atau kalau kalian suka berimajinasi, maka kalian bisa menyamakan bentuk karakter ini dengan apapun yang kalian suka. Kalau kami harus berimajinasi, maka karakter vokal ini seperti paku .

Baiklah, sekarang mari kita membahas contoh penggunaan karakter vokal O ini kedalam beberapa kata. Sebelum kami memberikan contoh penggunaan kata, kami akan selalu memberitahu dan tidak akan pernah bosan mengingatkan kalau seluruh karakter vokal Hangul yang berada di awal kata selalu dan selalu dipasangkan dengan Yieung. Okey, contoh penggunaan karakter vokal O yaitu o-ri (Korea: 오리; Indonesia: bebek), o-ppa (Korea: 오빠; Indonesia: kakak laki-laki), dan gong-sang (Korea: 공상; Indonesia: fantasi).

 

YO (ㅛ)

Belajar bahasa Korea

Karakter vokal Hangul keenam adalah YO. Karakter ini sepertinya sedikit-banyak mirip seperti karakter vokal sebelumnya yaitu YA, namun untuk YO ini karakternya jatuh ke samping kiri. Sudah ada gambaran? Atau ingin imajinasi yang lain? Kalian bisa mengimajinasikan sendiri kok mau seperti apa. Kalau kami sih mudah saja, karakter YO ini seperti … sebuah jalan yang ada dua pohonnya 

Nah, sekarang kita memasuki contoh penggunaan karakter vokal YO ini. Namun, kami sepertinya tidak jenuh untuk memberitahu kalau karakter vokal Hangul di awal kata harus diawali dengan Yieung. Apa? Kalian bosan dengan pemberitahuan kami? Baiklah nanti kami tidak mengingatkan lagi deh, pokoknya harus di ingat loh ya . Nah, contoh kata penggunaan karakter vokal YO yaitu yo-ri (Korea: 요리; Indonesia: masak), yong (Korea: 용; Indonesia: naga), dan myo-ji (Korea: 묘지; Indonesia: makam/kuburan).

 

U (ㅜ)

Belajar bahasa Korea

Nah, sekarang kita beranjak ke karakter vokal ketujuh yaitu U yang gambarnya seperti huruf T itu. Jadi kami rasa kalian bisa dengan mudah memahami karakter vokal ini ya. Apa? Kalian ingin berimajinasi lagi? Baiklah, kalian bisa mengimajinasikan bentuk karakter vokal U ini sesuka kalian. Apa? Kalian ingin kami berimajinasi juga? Ya sudah deh, kami juga akan berimajinasi. Jadi kalau menurut kami, karakter vokal U ini seperti … huruf T . Nah, sekarang kita beralih ke contoh penggunaan karakter vokal U ini. Namun sebelum kami memberi contoh kata, kami tadi sudah berjanji untuk tidak menjelaskan tentang karakter vokal di awal kata harus ditambahkan Yieung . Okey, contoh penggunaan karakter U yaitu u-ryeo (Korea: 우려; Indonesia: kekhawatiran), mu-geo-wun (Korea: 무거운; Indonesia: berat), dan bu-ja (Korea: 부자; Indonesia: kaya).

 

YU (ㅠ)

Belajar bahasa Korea

Yuhuy, sudah masuk karakter kedelapan nih. Berarti kita memasuki tiga karakter vokal terakhir ya. Nah, karakter vokal kedelapan ini adalah YU. Bentuk karakter vokal YU ini terbilang mudah di ingat sih menurut kami. Karena terlihat serupa dengan phi di dalam matematika. Kalian tahu bentuknya phi kan? Ya, sedikit-banyak, mirip kan? Nah, itulah imajinasi kami. Kalau imajinasi kalian? Okey, langsung saja kita beranjak ke contoh penggunaan karakter vokal YU ini. Namun perlu di ingat kalau … ah, kami sudah janji tidak akan menjelaskan lagi ya. Yang jelas jangan sampai lupa hubungannya Yieung dan karakter vokal Hangul. Well, contoh penggunaan karakter vokal YU yaitu yu-goe (Korea: 유괴; Indonesia: penculikan), u-yu (Korea: 우유; Indonesia: susu), dan hyung-teo (Korea: 흉터; Indonesia: bekas luka/codet).

 

EU (ㅡ)

Belajar bahasa Korea

Cihuy, sudah masuk dua karakter vokal terakhir nih, yaitu karakter vokal EU. Eh, bukan singkatan dari Europe loh ya . Nah, bentuk karakter EU ini sungguh mudah. Mungkin jika kalian lihat sepintas, bentuk karakter ini seperti sebuah tombak ya. Ya, itulah imajinasi kami, sebuah tombak bambu. Kalau imajinas kalian apa ya? Okey, langsung saja ke contoh penggunaan karakter vokal EU ini. Contoh kata karakter ini yaitu ha-neu-nim (Korea: 하느님; Indonesia: Tuhan), neu-kkim (Korea: 느낌; Indonesia: merasa/perasaan), dan heu-reum (Korea: 흐름; Indonesia: arus).

 

I (ㅣ)

Belajar bahasa Korea

Finally, akhirnya, kita sampai di karakter vokal terakhir yaitu karakter vokal I. Bentuk karakter vokal I kami nobatkan sebagai bentuk karakter yang paling mudah di ingat di Hangul . Mengapa kami nobatkan seperti itu? Soalnya bentuk karakternya serupa dengan bentuk karakter huruf i, plain and simple, yeah? Okelah. Langsung saja ke contohnya. Contoh penggunaan karakter vokal I yaitu gi-gan (Korea: 기간; Indonesia: periode), mi-an-hae (Korea: 미안해; Indonesia: maaf), dan gi-eok (Korea: 기억; Indonesia: kenangan).

 

Vokal Rangkap (Bok Moeum)

Belajar bahasa Korea

Well then, sekarang kita memasuki daerah karakter vokal rangkap yang terdiri dari sebelas karakter yaitu ae, ye, ae, ye, wé, wa, wé, wuo, wé, wi, dan wuo. Wah, kok ada yang kembaran ya? Rasa penasaran kalian akan terjawab di penjelasan satu-persatu tentang karakter vokal rangkap ini. Oh iya, vokal rangkap berbeda dengan konsonan rangkap. Jika kita mempelajari konsonan rangkap pada part 1, konsonan rangkap itu terdiri dari dua konsonan yang kembar. Namun untuk vokal rangkap ini tidaklah sama. Karena kombinasi dua karakternya berbeda-beda.

Vokal rangkap ini kombinasi antara karakter vokal dengan Empat karakter I, tiga karakter O, tiga karakter U, dan satu karakter EU. Wah, tambah bingung ya? Sepertinya bagian ini merupakan bagian yang sepertinya sedikit susah ketimbang pelajaran karakter Hangul sebelumnya. Dan bagian ini juga merupakan bagian penutup untuk pelajaran karakter Hangul. Namun ingat, jangan menyerah okey? Yah, tanpa banyak chit-chat lagi, langsung simak saja ya chingu~

 

AE (ㅐ)

Belajar bahasa Korea

Nah, kita menuju karakter vokal rangkap pertama yaitu AE. Bentuknya karakter ini terasa mudah menurut kami. Menurut kalian, bentuk karakter ini seperti apa? Kalau menurut kami, bentuknya seperti A dan E sehingga menjadi AE . Tidak-tidak, bercanda kok. Kalian tahu karakter vokal A dan I kan? Nah, kalau digabung ya seperti itu bentuknya. Kalian bisa berimajinasi sendiri sesuka hati kalian deh. Langsung ke contoh ya. Contoh penggunaan karakter AE ini yaitu taek-si (Korea: 택시; Indonesia: taksi), gae (Korea: 개; Indonesia: anjing), dan dae-bak (Korea: 대박; Indonesia: keren).

 

YE/YAE (ㅒ)

Belajar bahasa Korea

Oke, sekarang kita akan membahas karakter vokal rangkap kedua yaitu YE atau YAE. Jika kita melihat bentuk karakter ini, karakter ini merupakan gabungan dari karakter vokal YA dan I. Jadi antara A dan I ngeblend menjadi E, sehingga bacanya YE atau YAE. Begitulah kira-kira. Bentuknya seperti angka romawi dua yang diputar 90 derajat deh ya menurut kami. Kalau menurut kalian seperti apa? Nah, langsung ke contoh saja deh. Contoh penggunaan karakter ini yaitu jae (Korea: 쟤; Indonesia: anak/orang itu) yang merupakan gabungan dari jeo dan ai (저아이; 저: itu; 아이: anak/orang). Nah, aslinya penulisannya jyae, tapi unsur y-nya menghilang karena awalnya sudah ada Jieut, maka jadilah jae.

Lalu contoh kedua adalah yae (Korea: 얘; Indonesia: anak/orang ini) yang merupakan gabungan dari yi dan ai (이아이; 이: ini 아이: anak/orang), kurang lebih sama seperti contoh pertama. Lalu contoh yang terakhir adalah yae-gi (Korea: 얘기; Indonesia: cerita) yang merupakan singkatan dari yi-ya-gi (이야기). Contoh karakter ini sedikit susah, jadi kami sajikan contoh dari singkatan kata (singkatan kata sebenarnya ditujukan untuk belajar bahasa Korea intermediate ).

 

AE (ㅔ)

Belajar bahasa Korea

Nah, sekarang kita beranjak ke karakter vokal rangkap ketiga yaitu AE. Bentuk karakter ini sepertinya merupakan gabungan antara karakter vokal EO dan I ya. Namun pengucapan atau pronounce-nya AE. Lalu, apa bedanya sama karakter vokal rangkap pertama yaitu ㅐ? Bedanya terletak pada penggunaannya. Ada kata yang menggunakan karakter vokal pertama, dan ada kata yang menggunakan karakter vokal ini. Kalau begitu, langsung ke contoh penggunaan karakter ini saja ya biar tidak terlalu bingung. Contoh penggunaan karakter ini yaitu gae (Korea: 게; Indonesia: kepiting), dae-wu-da (Korea: 데우다; Indonesia: memanaskan), dan tae-du-ri (Korea: 테두리; Indonesia: batas.)

 

YE/YAE (ㅖ)

Belajar bahasa Korea

Okee, sekarang mari kita membahas karakter vokal rangkap keempat yaitu YE atau YAE. Bentuk karakter ini tampaknya merupakan kombinasi antara YEO dan I, namun pengucapannya berbeda lagi, yaitu YAE atau YE. Cara pengucapannya berbeda-beda tergantung katanya apa. Terus, apa bedanya sama karakter vokal kedua? Perbedaannya juga terletak dari penggunaan pada kata Hangul. Ada yang memakai karakter kedua, dan ada yang menggunakan karakter ini. Ya sudah deh, biar tidak pusing, mari kita berlanjut ke contoh kata. Contoh penggunaan kata untuk karakter ini yaitu yae (Korea: 예; Indonesia: iya), yae-jeol (Korea: 예절; Indonesia: sopan-santun), dan fae (Korea: 폐; Indonesia: paru-paru). Contoh ketiga ini juga sebenarnya dibaca fyae, namun karena awalnya sudah ada konsonan F, maka unsur Y-nya hilang.

 

WÉ/WAÉ (ㅚ)

Belajar bahasa Korea

Okey, sekarang kita memasuki karakter vokal rangkap kelima yaitu atau WAÉ. Karakter ini merupakan kombinasi dari karakter vokal O dan I, namun pengucapannya bukan kombinasi keduanya, melainkan WE. Biasanya di dalam beberapa kata yang mengandung karakter ini ditulis sebagai WAE, namun pengucapannya mendekati WE. Contoh penggunaan karakter ini yaitu (Korea: 외; Indonesia: selain), (Korea: 뇌; Indonesia: otak), dan waé-rob-da (Korea: 외롭다; Indonesia: sendirian). Pada contoh kata kedua, penulisan Hangulnya sebenarnya nwé, namun konsonan W-nya menghilang karena di awal kata sudah ada konsonan lain.

 

WA (ㅘ)

Belajar bahasa Korea

Sekarang kita memasuki karakter vokal rangkap keenam yaitu WA. Karakter ini merupakan kombinasi antara karakter vokal O dan A. Namun pengucapannya menjadi WA bukan OA loh ya . Oh iya, kita belum berimajinasi ya sedari tadi. Kalau imajinasi kalian, karakter ini seperti apa? Kalau kami, agak susah membayangkan seperti apa karakter ini. Mungkin lebih mirip seperti orang yang berdiri di depan tempat duduk ya . Ya sudah, langsung ke contohnya saja ya. Contoh penggunaan karakter ini yaitu gwa-il (Korea: 과일; Indonesia: buah), gwang-hwa-mun (Korea: 광화문; Indonesia: gerbang/pintu), dan gwan (Korea: 관; Indonesia: peti mati).

 

WÉ/WAÉ (ㅙ)

Belajar bahasa Korea

Yup, tidak terasa kita sudah beranjak ke karakter vokal rangkap ketujuh yaitu atau WAÉ. Nah, karakter ini merupakan gabungan dari karakter vokal O dan vokal rangkap yaitu AE. Sehingga pengucapannya berubah menjadi WÉ atau WAÉ. Lalu apa bedanya dengan karakter vokal rangkap kelima? Bedanya ada di penggunaan katanya. Jadi kalian harus belajar vocab atau pembendaharaan kata Hangul. Baiklah, langsung ke contoh penggunaannya saja ya. Contohnya kami beri tiga yaitu waé (Korea: 왜; Indonesia: mengapa), d-ji (Korea: 돼지; Indonesia: babi), dan an-dwe (Korea: 안돼; Indonesia: tidak boleh/jangan/dilarang).

 

WUO/WO (ㅝ)

Belajar bahasa Korea

Okey, sekarang mari kita bahas karakter vokal rangkap kedelapan yaitu WUO atau WO. Karakter ini merupakan kombinasi antara karakter vokal U dan EO. Maka pengucapannya berganti menjadi WUO atau WO. WUO adalah pengucapan atau pronounce, sedangkan WO biasanya merupakan penulisan pada kata. Baiklah, langsung ke contoh penggunaan katanya saja ya. Contoh penggunaan karakter WUO ini yaitu goong-gwuol (Korea: 궁궐; Indonesia: istana), tae-kwon-do (Korea: 태권도; Indonesia: aliran beladiri Korea), dan won (Korea: 원; Indonesia: mata uang Korea).

 

WÉ/WAÉ (ㅞ)

Belajar bahasa Korea

Nah, sudah masuk tiga karakter vokal rangkap terakhir nih. Tidak terasa ya, atau terasa pakai banget? Karakter vokal rangkap kesembilan ini adalah atau WAÉ. Maka, ada tiga karakter vokal rangkap yang berbunyi sama. Jadi tambah bingung? Tenang saja, kalau kalian sudah belajar vocab atau pembendaharaan kata Hangul, tidak susah kok. Perbedaan dari ketiganya ada di penggunaan kata. Jadi, langsung ke contoh saja ya. Contoh penggunaan karakter ini yaitu g-do (Korea: 궤도; Indonesia: orbit), c-jang (Korea: 췌장; Indonesia: pankreas), dan kh-se-te (Korea: 퀘스트; Indonesia: pencarian/quest).

 

WI (ㅟ)

Belajar bahasa Korea

Geurae, sekarang akan kita bahas karakter vokal rangkap kesepuluh sekaligus karakter semifinal . Apa nih karakternya? Benar, karakternya adalah WI. Karakter ini merupakan gabungan dari karakter U dan I. Pengucapannya juga sedikit-banyak mirip dengan UI yaitu WI. Bentuk karakternya juga tinggal digabungkan saja antara dua karakter vokal itu, cukup mudah menurut kami, menurut kalian bagaimana? Langsung ke contoh saja lah ya. Contoh penggunaan karakter ini yaitu wi (Korea: 위; Indonesia: maag/atas), gwi-sin (Korea: 귀신; Indonesia: hantu), dan jwi(Korea: 쥐; Indonesia: tikus curut).

 

EUI (ㅢ)

Belajar bahasa Korea

Cihuy, kita sudah sampai di penghujung karakter vokal rangkap nih. Karakter vokal rangkap penutup ini tidak rumit kok, sangat mudah malahan. Menurut kami, karakter ini adalah karakter vokal rangkap paling mudah dipahami. Karakter ini merupakan gabungan dari karakter vokal EU dan I sehingga menghasilkan bunyi EUI. Sangat mudah bukan? Bentuk karakternya juga tidak terlalu rumit, tinggal sret horisontal dan sret vertikal di sebelah kanannya. Yah intinya gabungan antara vokal EU dan I, paham? Nah, langsung ke contoh saja ya. Contoh penggunaan karakter ini yaitu eui-sa (Korea: 의사; Indonesia: dokter), heuin-sek (Korea: 흰색, awalnya: 하얀색; Indonesia: putih), dan eui-bok (Korea: 의복; Indonesia: baju). Untuk contoh ketiga, eui-bok itu arti lain (Sino-Korea) dari ot (옷) yang memiliki arti yang sama yaitu baju.

Well done, selamat chingu, kalian sudah mempelajari seluruh karakter vokal rangkap yang merupakan penutup dari seluruh karakter di Hangul. Di part selanjutnya tentang Hangul, kita akan mempelajari cara penulisan masing-masing karakter serta cara pengucapannya. Sekarang, chingu bisa mengulang lagi belajar bahasa Korea tentang karakter Hangul biar semakin paham. Untuk membantu kalian, kami telah menyediakan tabel ringkasan untuk part ini di bawah. Okey, sampai ketemu lagi~

 

Kalian bisa mendownload gambar tabel ringkasan chapter 1 part 2 DISINI.

Belajar bahasa Korea

Written by halookorea.com


Chingu bisa langsung menuju link belajar bahasa Korea di bawah ini

Chapter 1 – Hangul (Part 1 : Konsonan)

Chapter 1 – Hangul (Part 2 : Vokal)

Chapter 1 – Hangul (Part 3 : Cara Penulisan)

Chapter 2 – Merangkai Hangul (Part 1)

Chapter 2 – Merangkai Hangul (Part 2)

Chapter 3 – Kata Bantu (Part 1)

Chapter 3 – Kata Bantu (Part 2)

 

 

Rating: 5.0. From 8 votes.
Please wait...
3 Comments
  1. Profile photo of HalooKorea Author
    HalooKorea 1 year ago

    wah.. panjang banget -_-b

    No votes yet.
    Please wait...
  2. Profile photo of Jenifer Jung
    Jenifer Jung 1 year ago

    Cara ngomongnya gimana ya

    No votes yet.
    Please wait...
    • Profile photo of HalooKorea FAQ
      HalooKorea FAQ 1 year ago

      soon akan ada di chap 1 part 3. Just wait a little bit chingu 😀

      No votes yet.
      Please wait...

Leave a reply

Advertisement

©2017 halooKorea All Rights Reserved

or

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

or

Create Account