Belajar Bahasa Korea Chapter 2 – Merangkai Hangul (Part 2)

Belajar Bahasa Korea

Belajar Bahasa Korea Chapter 2 – Merangkai Hangul (Part 2)

Alohaloo~

Annyeong haseyo chingu, dimanapun kalian berada. Apakah kalian masih semangat belajar bahasa Korea? Apa? Semangat pakai banget? Mantab! Itu baru yang namanya semangat 45. Nah, di chapter 2 part 2 ini kita akan belajar cara merangkai beberapa struktur menjadi satu. Kalian masih ingat pelajaran sebelumnya tentang struktur Hangul kan? Apa saja sih? Okey akan kami review lagi ya. Jadi ada tiga struktur utama dalam merangkai karakter Hangul. Setiap strukturnya ada satu variasi. Inti dari perbedaan antara struktur utama dan variasi sangatlah sederhana kok, tinggal mengganti susunan konsonan dan vokal awal antara seri atau paralel. Ada karakter yang minta seri, dan ada karakter yang minta paralel. Jadi tergantung karakter Hangulnya ya.

Nah, tema pembahasan kali ini sederhana juga kok, jadi kita menggabungkan antara satu struktur dengan struktur yang lain di dalam suatu contoh kata. Secara umum, ada lima tipe penyusunan struktur yaitu Dua struktur gabungan, tiga struktur gabungan, empat struktur gabungan, lima struktur gabungan, dan enam struktur gabungan. Namun ada juga sih penggabungan lebih dari enam struktur, tapi jarang ada. Mungkin nanti di akhir acara … eh … pembahasan, akan kami beri satu contoh untuk tujuh karakter gabungan. Hanya satu saja loh ya .

Apa? Kalian bingung sama struktur gabungan? Aigoo, jangan bingung dulu chingu. Nanti di setiap bagian akan kami beri contoh kok agar kalian mudah mengerti. Ingat, dua poin penting yang akan selalu kami tekankan saat kita belajar bahasa Korea. Apa saja sih? Ada yang masih ingat? Bentul … eh … betul sekali. Dua poin itu adalah strong minded dan habituation atau bahasa Indonesianya adalah tekad kuat dan terbiasa. Okey, langsung ke pembahasan utama saja ya. Selamat belajar, chingu~

 

Dua Struktur Gabungan

   Merangkai Hangul Part 2

Nah, kita sekarang beranjak ke poin pertama yaitu dua struktur gabungan. Apa sih maksudnya dua struktur gabungan? Cara mudahnya adalah dua struktur digabung menjadi satu. Jenis atau tipe strukturnya bermacam-macam, bisa struktur tipe satu, tipe dua, ataupun tipe tiga. Bisa juga menggunakan variasi dari ketiga tipe struktur itu. Mungkin kalau kalian sedikit lupa macam-macam tipe struktur Hangul, kalian bisa membaca lagi part sebelumnya yaitu chapter 2 part 1. Nah, biar tidak bingung, langsung ke contoh saja ya. Berikut ini beberapa contoh penggunaan dua struktur gabungan.

  • 대 + 박 = 대박 (Korea: dae-bak; Indonesia: keren)
  • 사 + 랑 = 사랑 (Korea: sa-rang; Indonesia: cinta)
  • 그 + 래 = 그래 (Korea: geu-rae; Indonesia: iya)

Okey, itulah contoh dua struktur gabungan. Mari kita lihat pada contoh pertama dulu. Kata 대박 (dae-bak) merupakan penggabungan dua struktur yaitu antara 대 (dae) dan 박 (bak). Jadi 대 itu merupakan struktur atau jendela pertama, sedangkan 박 merupakan struktur atau jendela kedua, sehingga digabung menjadi 대박 (dae-bak). Begitu juga dengan dua contoh selanjutnya. Sepertinya penggunaan dua struktur gabungan ini sangat sering digunakan dalam kosakata Hangul ya.

 

Tiga Struktur Gabungan

Merangkai Hangul Part 2

Nah, sekarang mari kita membahas tiga struktur gabungan. Di dalam poin ini, ada tiga struktur yang digabung menjadi satu sehingga membentuk suatu kata Hangul. Tipe strukturnya tetap bermacam-macam, tergantung kosakatanya. Ada yang struktur tipe satu, tipe dua, ataupun tipe tiga. Seperti yang kami jelaskan sebelumnya (atau mungkin di part sebelumnya) kalau struktur adalah suatu gabungan antara beberapa karakter Hangul hingga berbentuk kotak atau jendela. Apakah kalian sudah paham yang dimaksud tiga struktur gabungan? Nah, kalau begitu lanjut ke contoh soal saja.

  • 불 + 고 + 기 = 불고기 (Korea: bul-go-gi; Indonesia: daging sapi bakar)
  • 삼 + 계 + 탕 = 삼계탕 (Korea: sam-gye-tang; Indonesia: sup ayam Korea)
  • 기 + 관 + 차 = 기관차 (Korea: gi-gwan-cha; Indonesia: lokomotif)

Okey, pada contoh penggunaan tiga struktur gabungan, kalian bisa melihat ada tiga struktur yang digabung hingga menjadi satu kata. Seperti contohnya yaitu 불고기 (bul-go-gi) yang merupakan gabungan dari 불 (bul), 고 (go), dan 기 (gi). Ada yang ingat tidak, 불 (bul) ini struktur tipe apa? yap, benar sekali, struktur tipe 2 variasi. Sedangkan 고 (go) ini tipe apa? Yep, bentul sekali, struktur tipe 1 variasi. Lalu yang terakhir yaitu 기 (gi) ini tipe apa? yup, benar banget, struktur tipe 1 utama. Mudah kan? Begitupula dengan kedua contoh lainnya.

 

Empat Struktur Gabungan

Merangkai Hangul Part 2

Sekarang kita beralih ke empat struktur gabungan. Dalam empat struktur gabungan ini, ada empat struktur yang di gabung menjadi satu. Tipe strukturnya masih dan selalu bermacam-macam tergantung kosakatanya apa. Oh iya, perlu kalian ketahui bahwa setiap contoh yang ada di artikel belajar bahasa Korea harus kalian cermati dan pahami, atau catat jika perlu. Karena ketika kalian memahami setiap contohnya, otomatis kosakata bahasa Korea kalian akan bertambah. Nah, contoh dalam empat struktur gabungan ini ada dibawah ini.

  • 대 + 한 + 민 + 국 = 대한민국 (Korea: dae-han-min-guk; Indonesia: republik Korea)
  • 소 + 녀 + 시 + 대 = 소녀시대 (Korea: so-nyeo-si-dae; Indonesia: girl’s generation)
  • 대 + 학 + 병 + 원 = 대학병원 (Korea: dae-hak-byeong-won; Indonesia: RS Universitas)

Nah, sudah kami beri tiga contoh penggunaan empat struktur gabungan ya. Sekarang mari kita bahas contoh pertama poin ini. Pada contoh pertama ada 대한민국 (dae-han-min-guk). Pada contoh itu, ada empat struktur dengan tipe yang berbeda-beda. Keempat struktur itu digabung hingga menjadi satu kata Hangul. Kita penggal satu-persatu ya. 대 (dae) merupakan struktur tipe 1 utama, 한 (han) merupakan struktur tipe 2 utama, 민 (min) merupakan struktur tipe 2 utama, dan 국 merupakan struktur tipe 2 variasi.

 

Lima Struktur Gabungan

Merangkai Hangul Part 2

Well, sekarang kita memasuki dua poin terakhir, istilahnya apa ya? Semifinal mungkin . Nah, pada poin ini kita akan membahas lima struktur gabungan. Jadi ada lima struktur yang digabung hingga menjadi sebuah noun atau subjek atau benda, intinya menjadi kata Hangul. Tipe struktur yang digunakan juga bervariasi, bisa tipe 1, tipe 2, ataupun tipe 3. Okey, langsung ke contoh kata saja ya. Check it out!

  • 인 + 도 + 네 + 시 + 아 = 인도네시아 (Korea: in-do-nae-si-a; Indonesia: Indonesia)
  • 김 + 치 + 볶 + 음 + 밥 = 김치볶음밥 (Korea: kim-chi-bok-eum-bab; Indonesia: nasgor kimchi)
  • 불 + 닭 + 볶 + 음 + 면 = 불닭볶음면 (Korea: bul-dak-bok-eum-myeon; Indonesia: merek mie instan pedas Korea)

Nah, itulah tiga contoh lima struktur gabungan. Cara pemisahannya sama seperti diatas. Jadi ada lima struktur yang digabung menjadi satu kata Hangul. Agar lebih jelas, mari kita bahas contoh pertama. Pada contoh pertama, kalian mendapatkan contoh kata 인도네시아 (in-do-nae-si-a). Nah, struktur yang pertama adalah 인 (in) yang merupakan struktur kedua utama. Lalu pada potongan yang kedua adalah 도 (do) yang merupakan struktur pertama variasi. Lalu potongan hangul yang ketiga adalah 네 (nae) yang merupakan struktur pertama utama. Di situ ada vokal rangkap yaitu ae (ㅔ), jadi bukan dua vokal ya. Dan begitu seterusnya. Kalian bisa berlatih mempelajari setiap potongan kata pada contoh di masing-masing poin. Okey? Well, sekarang mari kita menuju poin terakhir~

 

Enam Struktur Gabungan

Merangkai Hangul Part 2

Baiklah, sekarang kita akan membahas enam struktur gabungan yang merupakan pembahasan terakhir pada chapter ini. Untuk enam struktur gabungan, maka ada enam struktur yang digabung menjadi satu kata Hangul. Struktur yang digunakan bisa tipe 1, 2, atau 3. Tergantung kata yang digunakan. Nah, kalau begitu langsung kita bahas contohnya saja ya. Contohnya adalah sebagai berikut ini.

  • 불 + 고 + 기 + 볶 + 음 + 밥 = 불고기볶음밥 (Korea: bul-go-gi-bok-eum-bab; Indonesia: nasgor bulgogi)
  • 에 + 스 + 컬 + 레 + 이 + 터 = 에스컬레이터 (Korea: ae-seu-keol-lae-i-teo; Indonesia: eskalator)
  • 주 + 민 + 등 + 록 + 번 + 호 = 주민등록번호 (Korea: ju-min-deung-lok-beon-ho; Indonesia: KTP Korea)

Okey, panjang banget ya. Itulah gabungan enam struktur. Jadi jika kalian memahami kosakata Hangul, maka kalian akan menemukan banyak enam struktur gabungan. Nah, mari kita bahas contoh yang pertama. Pada contoh yang pertama adalah 불고기볶음밥 (bul-go-gi-bok-eum-bab). Mari kita tentukan masing-masing strukturnya seperti apa. Potongan atau kotak yang pertama adalah 불 (bul) yang merupakan struktur tipe dua variasi. Lalu kotak atau jendela kedua adalah 고 (go) yang merupakan struktur tipe pertama variasi. Nah, kalian tentukan sendiri ya sisanya, jadikan sebagai PR (homework) kalian heuheu.

Nah, itulah beberapa contoh dari struktur gabungan. Kami yakin jika kalian sangat memahami kosakata Hangul, kalian pasti bisa menemukan gabungan lebih dari enam struktur, bisa saja tujuh struktur, delapan, atau bahkan lebih. Nah, sesuai janji kami di awal pembahasan, kami akan memberikan satu contoh penggabungan tujuh struktur. Contoh tujuh struktur gabungan yaitu 대한민국대사관 (Korea: dae-han-min-gug-dae-sa-gwan; Indonesia: Kedutaan Republik Korea).

Mungkin kalian sudah mengerti ya kalau pada beberapa penggabungan struktur ada dua kata yang jadi satu seperti contohnya 불고기볶음밥 (Korea: bul-go-gi-bok-eum-bab; Indonesia: nasgor bulgogi). Di situ ada dua kata benda, bulgogi dan bokeumbab. Namun jika dijadikan satu menjadi satu arti. Sama sih seperti kosakata bahasa Indonesia. Contohnya seperti nasgor ayam sambal hijau, nah tuh malah ada empat kata benda yang digabung menjadi satu sehingga menjadi satu benda. So, paham kan chingu? Well then, segitu dulu ya pelajaran kita kali ini. Kalau ada yang mau ditanyakan, silahkan tanya. Nanti tersesat loh. Okey, sampai ketemu lagi~

 

Written by halookorea.com


Chingu bisa langsung menuju link belajar bahasa Korea di bawah ini

Chapter 1 – Hangul (Part 1 : Konsonan)

Chapter 1 – Hangul (Part 2 : Vokal)

Chapter 1 – Hangul (Part 3 : Cara Penulisan)

Chapter 2 – Merangkai Hangul (Part 1)

Chapter 2 – Merangkai Hangul (Part 2)

Chapter 3 – Kata Bantu (Part 1)

Chapter 3 – Kata Bantu (Part 2)

 

Rating: 5.0. From 1 vote.
Please wait...
1 Comment
  1. Profile photo of HalooKorea
    HalooKorea 1 year ago

    bagusih 😉

    No votes yet.
    Please wait...

Leave a reply

Advertisement

©2017 halooKorea All Rights Reserved

or

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

or

Create Account