Menu Kimchi Campur

Menu Kimchi Campur Paling Nikmat

Haloo~

Annyeong chingu~ Kali ini mari kita membahas makanan yuk. Kita akan membahas tiga menu kimchi campur yang kami nobatkan sebagai menu kimchi campur paling nikmat di lidah. Bagi kalian yang muslim, ketiga menu kimchi campur ini bisa dijadikan menu makan pagi, siang, malam, atau bahkan untuk nyemil sekalipun, karena bahannya halal kok. Yah, tapi kalian harus menguasai cara membuat kimchi dulu, baru semuanya berjalan mulus~

Kebanyakan variasi kimchi yang digunakan adalah kimchi sawi putih. Menurut kami, bahan penentu rasa kimchi adalah jeotgal. Mungkin di Indonesia, jeotgal itu adalah terasi ya. Benar sekali, proses pembuatan kimchi menggunakan bahan jeotgal atau terasi cair. Tapi bahan-bahan lainnya juga penting kok seperti gochugaro, garam, dan kualitas sawinya.

Nah, kali ini kami ingin membahas tiga masakan yang menggunakan kimchi sawi putih sebagai bahannya. Tiga menu kimchi campur ini adalah kimchi bokkeumbap, kimchijeon, dan kimchi jjigae. Mungkin chingu ada yang tahu salah satu masakan khas Korea itu ya? Atau ada yang belum tahu sama sekali? Okelah, kami akan membahas satu-persatu sekaligus memberikan resepnya secara singkat biar tidak terlalu panjang. Nanti kalau kepanjangan kalian … ngantuk pula heuheu~

Kimchi Bokkeumbap

Menu Kimchi Campur

Nah, sekarang kita menuju menu kimchi campur pertama yaitu kimchi bokkeumbap (김치 볶음밥). Pasti kalian tahu apa itu kimchi bokkeumbap. Yap, benar sekali. Kimchi bokkeumbap adalah nasi goreng (nasgor) campur kimchi. Jadi kalian dapat merasakan cita-rasa nasgor yang berbeda ketimbang nasgor-nasgor pada umumnya.

Mungkin kalian mengira bahwa rasanya mungkin sama saja dengan nasgor yang ada di Indonesia seperti nasgor jawa, nasgor kambing, nasgor krengsengan, dan lain-lain. Rasanya berbeda kok, chingu. Apa kalian pernah makan kimchi? Kalau pernah, maka kalian tahu dong seperti apa rasanya kimchi? Rasanya kimchi itu asam-manis-gurih-asin, seluruh rasa berpadu menjadi satu. Bayangkan jika dikombinasikan dengan nasi putih, lalu ditambah bumbu lain seperti bawang bombai, tomat, dan lain-lain. Pasti rasanya berbeda ketimbang nasgor yang pernah kalian rasakan selama ini. Duh jadi keroncongan nih perut ㅋㅋㅋ.

Biar lebih jelas, kami beritahu resepnya ya~

Bahan:

  • 2 mangkuk nasi
  • 1/2 mangkuk kimchi lobak
  • 1/2 mangkuk daging (sesuai selera)
  • 2 batang daun bawang
  • 1 sendok kecap manis
  • 1/4 bawang bombai
  • 1 butir telur
  • 3 siung bawang putih (sesuai selera)
  • Minyak sayur (olive oil) secukupnya
  • Minyak wijen secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya

Cara Membuat:

  • Potong kimchi menjadi lebih kecil.
  • Potong dadu bawang bombai, daun bawang, dan cincang bawang putih.
  • Bumbui daging dengan kecap manis, bawang putih cincang, serta merica bubuk.
  • Tumis daging dengan minyak sayur di wajan.
  • Setelah matang, tambahkan bawang bombai dan kimchi, aduk dan masak selama 5 menit.
  • Tambahkan daun bawang, dan bawang putih cincang, lalu masak sebentar dan matikan api.
  • Masukkan nasi, lalu aduk rata.
  • Tambahkan 1-2 sdm minyak wijen, lalu nyalakan api lagi.
  • Tambahkan garam dan merica sesuai selera.
  • Di wajan terpisah, masaklah telur sunny side up, atau scrambled egg, atau omelet.
  • Letakkan nasi goreng di piring, dan sajikan saat hangat bersama telur.

Nah, kalian sudah tahu kan caranya membuat kimchi bokkeumbap. Kalian bisa mempraktekkan sendiri dirumah kok. Kalian tahu tidak cara membuat kimchi sawi putih? Kalau belum, akan kami beritahu juga deh. Caranya gampang kok.

Kalian tinggal menyediakan sawi putih, gochugaru, jeotgal, garam, dan air. Kuantitasnya bahannya sesuai selera kalian. Kalau ingin menambahkan bumbu yang lebih lengkap, kalian bisa menambahkan bubuk jahe, bawang putih, dan rempah-rempah lainnya agar rasanya lebih variatif.

Sebagai pelengkap sayurannya, kalian bisa menambahkan lobak putih juga. Kalau susah mencari jeotgal, ganti saja dengan terasi cair, sedikit saja tapi ya. Lalu kalau kalian juga kesusahan mencari gochugaru, kalian bisa menggantinya dengan bubuk cabai merah buatan Indonesia.

Setelah seluruh bahan telah terkumpul, kalian tinggal mengaduk-aduk saja di sebuah pot atau mangkuk besar. Setelah yakin seluruh bahan tercampur semua, tambahkan air lalu kalian aduk lagi deh. Setelah puas mengaduk, tutup pot atau mangkuk rapat-rapat, lalu simpan di ruangan lembab.

Jika kalian ingin mencoba cara tradisional, pendam saja di tanah. Rencananya, kami akan membuat kimchi sawi putih dengan menggunakan Boncabe sebagai pengganti gochugaru. Kalau sudah jadi, akan kami beritahu hasi cita-rasanyaㅋㅋㅋ.

Kimchijeon

Menu Kimchi Campur

Yeah, sekarang kita beralih ke menu kimchi campur kedua yaitu kimchijeon (김치전). Mungkin saat pertama kali melihat kimchijeon, kalian mengira kalau makanan ini seperti gorengan Indonesia ya. Mungkin kalian mengira kimchijeon ini seperti dadar jagung, dadar udang, atau sejenisnya. Iya, memang … bentuknya mirip sih~

Bayangkan jika kalian memakan gorengan dengan bentuk mirip seperti dadar jagung, tapi setelah kalian makan, rasanya sangat berbeda ketimbang dadar jagung Yah, seperti itulah contohnya. Setelah kalian memakan kimchijeon, rasa khas kimchi akan terasa nikmat di lidah. Kalian bisa membuatnya sendiri kok di rumah. Resepnya ada dibawah ini.

Bahan:

  • 250 gr kimchi sawi putih
  • 100 gr daging (sesuai selera)
  • 1/2 mangkuk tepung terigu
  • 1 bawang bombai
  • 5 daun bawang tipis
  • 1/4 sendok-teh lada
  • 1 telur ayam
  • Minyak goreng secukupnya
  • Minyak wijen secukupnya

Cara Membuat:

  • Potong kecil kimchi yang sudah anda siapkan.
  • Ambil bawang bombai.
  • Lalu belah bawang bombai menjadi dua bagian.
  • Jika sudah, potong-potong dengan ukuran sesuai selera.
  • Bersihkan daun bawang dengan menggunakan air mengalir agar kotorannya hilang.
  • Lalu potong dengan ukuran sekitar 5 cm.
  • Cuci bersih daging sapi yang sudah anda siapkan. Lalu potong-potong dengan ukuran kira-kira 2×2 cm.
  • Campurkan tepung terigu, telur, dan air.
  • Aduk-aduk sampai merata.
  • Jika sudah, masukan kimchi, bawang bombai, daun bawang, dan daging sapi yang sudah dipotong.
  • Bumbui dengan menggunakan lada, garam dan minyak wijen.
  • Panaskan wajan, masukan minyak goreng secukupnya. Lalu goreng adonan kimchi.
  • Jika sudah matang, tempatkan atau simpan kimchijeon pada tempat atau piring saji yang sudah disiapkan.

Well then, resep sudah tersaji. Kalian tinggal membuatnya saja dirumah. Gorengan khas Korea ini sepertinya cocok deh ya buat jadi menu takjil keluarga kalian dirumah. Kimchijeon juga cocok sebagai lauk ataupun dimakan langsung. Chingu sudah tahu cara membuat kimchi sawi putih kan? Kalau kalian belum tahu cara membuatnya, cobalah dulu membuat kimchi sawi putihnya~

Kimchi Jjigae

Menu Kimchi Campur

Nah, menu kimchi campur terakhir adalah kimchi jjigae (김치 찌개). Masakan ketiga ini terlihat seperti gule, rawon, atau lodeh ya jika kita bandingkan dengan makanan Indonesia. Tapi seperti yang kalian ketahui kalau masakan Indonesia seperti gule, rawon, maupun lodeh memiliki cita-rasa yang berbeda. Begitupula dengan kimchi jjigae ini.

Masakan ini ditujukan untuk banyak orang. Jadi di atas meja makan ada semangkuk besar kimchi jjigae serta beberapa side dish atau lauk lainnya. Rasa kimchi jjigae ini sungguh bervariatif. Kalian harus coba sendiri deh. Kalian ingin resepnya? Bisa kalian lihat dibawah kok.

Bahan:

  • 300 gr kimchi sawi putih
  • 100 gr daging sapi
  • 20 gr daun bawang
  • 1/2 bawang bombai
  • 200 gr tahu
  • 5 gelas air
  • 1 sendok-teh bubuk cabe merah
  • 2 sendok-teh bawang putih cincang halus
  • 2 sendok-teh cuka
  • 1 sendok-teh minyak wijen.
  • Garam secukupnya

Cara Membuat:

  • Potong Kimchi.
  • Potong daging sapi.
  • Bilas dengan air dingin lalu disaring.
  • Potong melintang daun bawang.
  • Bawang bombai dibelah dua lalu dipotong.
  • Tahu dipotong dadu atau melintang.
  • Campur semua bumbu.
  • Kimchi dan daging diaduk-aduk dengan campuran bumbu-bumbu.
  • Masak Kimchi dan daging dengan 3 gelas air dengan api sedang selama 20 menit.
  • Masukkan daun bawang, bawang bombai dan tahu lalu tambah 2 gelas air.
  • Masak lagi dengan api sedang selama 10 menit.
  • Kimchi jjigae telah jadi

Okey, itulah cara membuat kimchi jjigae, cukup mudah kan? Kalian bisa mengganti daging sapi dengan daging kambing jika kalian suka daging kambing. Untuk pembuatan kimchi jjigae, lebih baik dimasak di dalam pot atau panci berukuran medium. Jangan yang berukuran jumbo, nanti bumbunya tidak terasa .

Sebaiknya selama pembuatan, kalian harus rajin-rajin mencicipi kimchi jjigae, jika terlalu asin tambah air, jika terlalu hambar tambahkan garam. Yah, kurang lebih sama seperti membuat makanan sejenis sop lainnya gitu deh. Chingu pernah masak sop-sopan kan?

Sebelum chingu mencoba membuat tiga masakan berbahan kimchi ini, sebaiknya chingu belajar cara membuat kimchi sawi putih dulu deh ya. Karena ketiga masakan ini rasanya bergantung ke kimchi. Jadi menurut kami, buatlah kimchi yang rasanya tidak terlalu strong dan tidak terlalu soft, medium lah ya. Nah, baru kalian bisa mempraktekkan ketiga masakan berbahan kimchi ini.

Saat bulan puasa seperti bulan lalu, chingu bisa menghidangkan ketiga masakan campur kimchi ini ke dalam menu sahur dan buka puasa loh. Untuk menu sahur, chingu bisa menikmati kimchi jjigae. Untuk menu takjil, chingu bisa menikmati kimchijeon. Lalu untuk menu berbuka bersama keluarga, chingu bisa makan kimchi bokkeumbap atau kimchi jjigae. That’s up to you, chingu.

Well then, kalau ada pertanyaan silahkan tanya ya. Kami pamit dulu, uri ganda~

Written by halookorea.com

Rating: 5.0. From 7 votes.
Please wait...
7 Comments
  1. Ristra Mei Ronawati 1 year ago

    Kimchi Bokkeumbap bikin ngiler

    No votes yet.
    Please wait...
    • Jong 1 year ago

      sama gue juga, eh kenalan dong wkwkwkwkwk

      No votes yet.
      Please wait...
      • Edgar Lee 1 year ago

        lolololololol

        No votes yet.
        Please wait...
  2. Edgar Lee 1 year ago

    aku suka kimchijeon 😀

    No votes yet.
    Please wait...
  3. Oh Hani 1 year ago

    kalau begitu aku choose kimchi jjigae ^^

    No votes yet.
    Please wait...
  4. Siska Sari 1 year ago

    Kimchi bokkeumbap paling juara

    No votes yet.
    Please wait...
  5. Jenifer Jung 1 year ago

    Kimchijeon enak nih buat cemilan

    No votes yet.
    Please wait...

Leave a reply

©2018 halooKorea All Rights Reserved

or

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

or

Create Account