kimchi

Kimchi – Makanan Beken Korea

Haloo pecinta kuliner! Kali ini kita akan membahas mengenai kimchi, yey! Tahukah kalian apa itu kimchi? Apa? Belum tahu? Baiklah akan kami jelaskan apa itu kimchi. Kimchi merupakan sayuran kubis yang difermentasi. Hanya memfermentasikan kubis? Tentu tidak. Ada bahan atau bumbu lain juga kok di dalam kimchi seperti bubuk cabai pedas. Jangan lupa kalau bahan utama kimchi bisa berupa radish (sejenis lobak merah/putih) atau timun, dan sebagai pelengkap bisa kalian tambahkan apa saja, yang penting lezat.

kimchi

Nah, kimchi ini merupakan makanan tradisonal paling terkenal dan ikon yang merepresentasikan Korea, karena makanan ini mendampingi hampir setiap makanan yang disediakan di Korea. Variasinya juga bermacam-macam, tergantung dari bahan makanan utama yang digunakan. Variasi kimchi berbeda-beda tergantung kubis, radish, timun dan sayuran-sayuran yang sering digunakan. Ada banyak variasi dalam resep dan bentuk dari kimchi yang menawarkan cita rasa dan tekstur yang lezat dan beragam dari seluruh penjuru Korea. Disamping itu, manfaat kesehatan dari kimchi menarik lebih banyak perhatian sekarang ini karena kandungan nutrisinya. Maka dari itu, kimchi menjadi makanan internasional yang menyehatkan dan tentunya lezat asal Korea.

Baiklah, dalam pembahasan kali ini kami akan memberitahu tentang asal-usul, kandungan nutrisi, dan variasi kimchi. Apakah kalian sudah siap? Oh, kalian juga ingin tahu resepnya membuat kimchi? Kalau itu akan kami bahas lain kali ya. Oh iya, jika kalian sedang di Korea dan ingin mengunjungi museum tentang kimchi, kalian bisa mendatangi museum kimchi loh. Okey tanpa banyak chit-chat lagi, kita langsung saja ke pembahasan selanjutnya, check it out!

Asal-muasal Kimchi

Selama manusia memanen tanaman, mereka telah menikmati elemen bernutrisi dari sayuran. Namun, selama musim dingin ketika meladang mustahil dilakukan, hal ini segera menuntun pengembangan metode penyimpanan yang dikenal dengan pengasaman. Kaya akan vitamin dan mineral, kimchi dikenalkan di Korea sekitar abad ke 7. Namun, kapan pastinya ketika bubuk cabai merah pertama kali ditambahkan kedalam kimchi tidak diketahui.

Namun deprediksi bahwa berawal dari abad ke 12 beberapa penyedap dan rempah-rempah mulai populer dan tidak sampai abad ke 18 bubuk cabai pedas akhirnya digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan kimchi. Nyatanya, kimchi yang kita kenal sekarang ini telah mempertahankan kualitasnya dan persiapan memasaknya yang merata sejak diperkenalkan pertama kali.

Kandungan nutrisi Kimchi

Memakan Kimchi sangat disarankan karena kandungan nutrisinya loh. Karena proses fermentasi jugalah kimchi terkemas dengan banyak mineral dan vitaminnya. Kimchi mengandung bakteri asam laktat, bakteri yang membantu pencernaan, dan melawan bakteri berbahaya. Serta membantu mencegah pertumbuhan kanker. Kimchi juga disoroti dalam Health yang notabene sebuah majalah kesehatan terkenal sebagai salah satu dari lima makanan yang paling sehat di dunia.

Macam-macam Kimchi

Karena kimchi sangat bernutrisi dalam banyak cara, dan dikonsumsi sepanjang tahun, kimchi sering dirujuk sebagai makanan wajib. hal ini menjelaskan kenapa kamu bisa menemukan kimchi di wilayah manapun dan rumah manapun di Korea. Wilayah, cuaca, dan kondisi lingkungan lainnya menuntun kreasi dari lebih dari 100 macam kimchi yang berbeda. Baca terus untuk belejar lebih banyak tentang hidangan yang lezat ini.

– Baechu-kimchi

kimchi

Kimchi yang paling populer yang dinikmati kebanyakan orang Korea, dibuat dengan seluruh kubis diasinkan (tanpa dipotong) dicampur dengan bubuk cabai pedas, bawang putih, saus ikan dan bumbu lainnya, yang kemudian dibiarkan untuk proses fermentasi. Kimchi tertentu ini divariasikan oleh daerah, dengan bagian selatan dari Korea yang dikenal dengan keasinannya, kegurihannya dan bumbu-bumbu yang lebih berair.

– Kkakdugi: Kimchi Lobak yang dipotong dadu

kimchi

Bahan dasar yang digunakan dalam fermentasi mirip dengan baechu-kimchi, dengan pengecualian, sayuran lobak lebih mendominasi dalam kimchi ini. Meskipun lobak tersedia sepanjang tahun, lobak musim dingin lebih manis dan keras, alasan utama kenapa banyak makanan pendamping yang diawetkan terbuat dari lobak.

– Nabak-kimchi: Kimchi Air

kimchi

Kimchi ini merupakan versi yang tidak terlalu pedas dengan sayuran kubis dan lobak digabungkan. Menggunakan stok kimchi yang banyak, dan rasanya lebih manis dibanding tipe kimchi yang lain karena tambahan dari buah-buahan seperti apel dan pir.

– Yeolmu-kimchi: Kimchi Lobak Musim Panas Muda

kimchi

Meskipun mereka tipis dan kecil, lobak musim panas muda merupakan salah satu sayuran yang paling umum untuk kimchi selama musim semi dan musim panas. Disiapkan dengan atau tanpa proses fermentasi, yeolmu-kimchi melengkapi seluruh makanan yang dimakan pada hari yang panas pada musim panas.

– Oi-so-bagi: Kimchi Timun

kimchi

Kimchi ini lebih disukai selama musim semi dan musim panas, karena tekstur yang garing dan jus yang menyegarkan membuat makanan lezat ini unik.

 

Sudah sekian dulu, bagaimana pendapat kalian tentang kimchi? Kalau kami sih, perut kami langsung bergetar lapar dan air liur kami mengumpul di mulut 

Edited by halooKorea.com / Sumber : VisitKorea

Rating: 5.0. From 4 votes.
Please wait...
6 Comments
  1. Deer 2 years ago

    Yeolmu Kimchi seperti cah kangkung ya

    Rating: 5.0. From 1 vote.
    Please wait...
    • Tong Guitar 2 years ago

      Seperti cah kangkungnya Minari -mucim.
      Deer, mau coba makan Yelmu Kimci?

      No votes yet.
      Please wait...
      • Deer 2 years ago

        Wah mauu hehe 😀

        No votes yet.
        Please wait...
  2. Bianca Bianca 2 years ago

    ini makanan wajibnya korea,kalo di inonesia mungkin wajibnya kerupuk

    Rating: 5.0. From 2 votes.
    Please wait...
    • Author
      HalooKorea 2 years ago

      😉 iya mungkin.

      No votes yet.
      Please wait...
  3. 진웅 2 years ago

    Kalo Aku Suka Kimchi Mentah Biasa.

    No votes yet.
    Please wait...

Leave a reply

©2017 halooKorea All Rights Reserved

or

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

or

Create Account