Jjukkumi

Jjukkumi – Makanan Seafood Lezat Korea Selatan

Haloo~

Annyeong haseyoo, hai hai chingu. Sepertinya tidak ada habisnya ya kalau sudah membahas tentang kuliner Korea Selatan. Benar banget, kali ini kita akan membahas tentang kuliner Korea Selatan yang lezat lezat pakai banget gitu deh. Nah, kali ini kita akan membahas tentang makanan bernama jjukkumi nih chingu. Apakah chingu pernah mendengar makanan ini? Ataukah bahkan chingu ada yang sudah pernah memakan makanan ini?

Well, sepertinya chingu sudah ada yang pernah mendengar kata jjukkumi di drama-drama Korea ya. Soalnya memang makanan ini super duper famous gitu deh chingu di Korea. Sampai-sampai ada jalan yang namanya jalan Jjukkumi Alley deh kalau tidak salah. Seperti biasa, kami akan membahas tentang sejarah, serba-serbi, dan juga resep makanan lezat ini. Then, biar tidak berlama-lama lagi, langsung saja deh kita menuju pembahasan utama, gajaa~

 

Sejarah Singkat

jjukkumi 01

Okey, sekarang kita akan membahas sejarah dari jjukkumi. Apakah chingu sudah ada yang tahu asal usul jjukkumi? Kami mah tidak tahu nih chingu kekeke, bercanda kok chingu. Kami tahu kok sejarah singkat dari makanan seafood yang sangat digemari orang-orang Korea. Yah, meskipun informasinya hanya sedikit saja sih heheheu.

Jjukkumi (쭈꾸미) sepertinya ditemukan di jalan bernama ‘Jjukkumi Alley’ di Yongdu-dong. Soalnya jalan itu penuh dengan restoran berbahan utama jjukkumi alias gurita versi kecil atau yang biasa juga disebut bayi gurita. Nah, di daerah tersebut jugalah para koki restoran mendedikasikan masakannya dengan bahan bayi gurita tersebut.

Kami tidak begitu tahu kapan pertama kali masakan ini diciptakan. Tapi yang kami tahu, ada festival jjukkumi yang diadakan setiap tanggal 21 Maret sampai 3 April. Mungkin karena pada tanggal segitu, gurita yang jadi bahan utama makanan tersebut sangat berlimpah ya chingu. Atau mungkin karena pada tanggal segitu, makan tersebut diciptakan heheheu. Mungkin loh ya. Ya sudah deh, kalau begitu kita lanjut saja ke pembahasan serba-serbi, gaja~

 

Serba-Serbi Singkat

jjukkumi 02

Jjukumi (쭈꾸미) aslinya adalah nama bayi gurita yang disebut juga dengan Amphioctopus fangsiao. Jjukumi tersebut menjadi bahan utama dalam masakan seafood di Jjukkumi Alley. Sebenarnya nama masakannya adalah Na Jeong-sun Halmae Jjukkumi (나정순할매쭈꾸미) tapi biar singkat, kita sebut jjukkumi saja ya heheheu.

Lalu seperti apa sih rasa jjukkumi yang sangat didoyanin orang-orang Korea itu? Sebenarnya rasanya sungguh tidak terduga loh chingu. Kalau chingu melihat bayi gurita yang mentah, pasti kemungkinan chingu emoh-emoh buat memakan makanan ini heheheu. Tapi masakannya sudah jadi dan chingu mencoba mencicipi, pasti kemungkinan besar chingu nambah-nambah gitu deh pinginnya kekeke~

Jjukkumi ini merupakan makanan pedas loh chingu. Tapi tidak hanya pedas saja, rasanya juga sangat rich dengan side dish yang banyak seperti sup tahu (tofu soup), lobak kuning, sup dengan bahan campuran ikan kod dan lobak putih, pancake Korea dengan udang, kimchi, atau gochujang. Rasanya benar-benar nagih deh pokoknya~

 

Resep

Bahan jjukumi:

  • 10 – 12 bayi gurita
  • 1 timun kecil lalu iris tipis-tipis (opsi)
  • 2 sendok gochujang
  • 2 sendok gochugaru
  • 1 sendok kecap
  • 1 sendok teh cuka
  • 2 sendok gula
  • 1 sendok teh bawang putih yang sudah di lumat
  • 1/2 sendok teh jahe yang sudah di lumat/parut
  • 1 sendok minyak wijen
  • 1 sendok biji wijen

Cara membuat:

  1. Bersihkan bayi gurita pada bagian kepala dan mulutnya kemudian cuci dengan air dingin yang mengalir
  2. Campurkan bayi gurita dengan seluruh bahan masakan kecuali timun
  3. Campurkan serta oleskan secara merata bahan masakan di bayi gurita
  4. Setelah tercampur, simpan di kulkas selama 2 sampai 3 jam (atau semalaman penuh).
  5. Setelah itu, masak di wajan dan tumis selama sekitar 3 menit (jangan sampai overcook).
  6. Setelah tumis, hidangkan di piring besar beserta timun sebagai side dish.

Nah, itulah resep singkat dan mudah untuk membuat makanan berbahan dasar bayi gurita ini. Bagaimana chingu? Jadi ingin membuatnya kah? Kalau iya, selamat membuat dan memasak deh. Mungkin yang paling susah dapatnya itu bayi guritanya ya heheheu. Atau kalau tidak ingin masak ya datang saja ke Jjukkumi Alley di Korea heheheu. Well then, woori ganda~

 

Written by halookorea.com

Rating: 5.0. From 6 votes.
Please wait...
8 Comments
  1. ssinz7 1 year ago

    Apakah rasa daging gurita seperti cumi-cumi???

    No votes yet.
    Please wait...
    • Author
      Official HalooKorea 1 year ago

      sedikit berbeda kok chingu hehehe 😀

      No votes yet.
      Please wait...
      • ssinz7 1 year ago

        Maklum belum pernah coba guritaa hehehehe

        No votes yet.
        Please wait...
    • Bianca Bianca 1 year ago

      Kalo kata gue rasa cumi sama gurita beda,kalo cumi lebih kenyal,kalo gurita gak terlalu kenyal dan menurut gue gurita lebih enak

      No votes yet.
      Please wait...
  2. Sherly Fani 1 year ago

    Pengen coba,tapi gue gak yakin hehehe

    No votes yet.
    Please wait...
    • Jenifer Jung 1 year ago

      Kenapa gak yakin?

      No votes yet.
      Please wait...
  3. Siska Sari 1 year ago

    Gue juga belum pernah makan gurita,serem lihat kaki”nya hehehe

    No votes yet.
    Please wait...
  4. Ristra Mei Ronawati 1 year ago

    Enak banget nih kayaknya

    No votes yet.
    Please wait...

Leave a reply

©2018 halooKorea All Rights Reserved

or

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

or

Create Account