Hyundai Santa Fe

Hyundai Santa Fe – SUV Paling Laris di Korea (Review Spesial)

Haloo~

Annyeong haseyuu, pada kesempatan kali ini kami ingin membahas tentang SUV paling laris di Korea. Kalian tahu kan apa itu SUV? SUV adalah singkatan dari Sports Utility Vehicle. Nah, kabarnya nih, SUV yang sukses mempertahankan posisi SUV terlaris hingga tahun 2015 adalah Hyundai Santa Fe (현대 싼타페) loh~

Karena Santa Fe adalah SUV terlaris hingga tahun kemarin, maka kami ingin membahas secara keseluruhan tentang SUV keren yang satu ini. Jadi kami akan membahas tentang sejarahnya, generasinya apa saja, dan juga informasi lengkap tentang produk terbaru Hyundai Santa Fe yaitu Santa Fe Sport 2017. Nah, tanpa banyak chit-chat lagi, mari kita berlanjut ke sejarah dan generasi Santa Fe~

Sejarah Santa Fe

Hyundai Santa Fe diproduksi oleh pabrik asal Korea Selatan bernama Hyundai sejak tahun 2000. Nama Santa Fe terinspirasi dari sebuah kota bernama sama di negara Meksiko. Nah, Santa Fe merupakan merupakan SUV pertama besutan Hyundai pada tahun 2001 serta rilis bersamaan dengan Ford Escape dan Pontiac Aztek. Namun kualitas Santa Fe bisa menyaingi dua brand terkenal itu loh. Pada saat itu, Santa Fe sangat populer di Amerika, bahkan distributor Hyundai kewalahan mengurus permintaan pembeli yang sangat banyak. Maka pada tahun itu, Santa Fe merupakan SUV paling laris di Amerika.

Perubahan model dari setiap generasi terlihat banyak peningkatan. Dari generasi pertama di tahun 2000 yang terlihat sedikit kotak dan tidak begitu cantik, hingga model terbaru dari generasi terbaru yang sangat sporty dan juga terlihat sangat cantik. Nah, apakah kalian penasaran seperti apa sih Santa Fe di generasi pertama? Atau apa saja perubahan yang terjadi di setiap generasinya? Nah, simak penjelasan kami tentang generasi pada Hyundai Santa Fe.

 

Generasi pada Hyundai Santa Fe

Hingga saat ini, Hyundai Santa Fe telah merilis hingga generasi ke tiga. Generasi pertama terjadi pada tahun 2000 hingga 2006. Generasi kedua terjadi pada tahun 2006 hingga tahun 2012. Dan generasi ketiga terjadi pada tahun 2012 hingga sekarang. Untuk edisi pada satu generasi, tidak banyak perubahan yang terjadi pada Hyundai Santa Fe, mungkin kita bisa menyebutnya perubahan minor. Namun antara satu generasi dengan generasi lainnya, terdapat perubahan yang sangat signifikan. Untuk penjelasan generasinya, akan kami jelaskan di bawah~

Generasi Pertama (SM, 2000 – 2006)

Hyundai Santa Fe

Hyudai Santa Fe generasi pertama dirilis pada tahun 2000 hingga 2001. Seperti yang kami jelaskan sebelumnya kalau Santa Fe edisi pertama ini sangatlah laris di pasaran Amerika meskipun banyak sekali kritikan tentang desainnya yang kurang cantik. Namun meskipun desainnya kurang cantik, tapi edisi pertama ini sangatlah laris hingga para distributor kesusahan memenuhi keinginan pembeli.

Pada edisi pertama generasi pertama, Santa Fe menawarkan dengan satu dari dua mesin dan kombinasi transmisi. Di Amerika Utara, standar mesinnya adalah 2.4L empat silinder dan bisa dipasangkan antara manual 5-speed atau otomatis 4-speed. Untuk mesin Delta V6 menawarkan tenaga lebih ketimbang empat silinder tapi hanya tersedia transmisi otomatis. Dan ada juga versi 4WD-nya juga loh. Beberapa bulan kemudian di tahun 2001, Santa Fe merilis pembaruan untuk 2.4L empat silinder dengan transmisi hanya manual saja dengan harga yang lebih murah.

Pada edisi kedua di generasi pertama di tahun 2002, Santa Fe masih menjadi SUV paling dicari di Amerika dan negeri lainnya. Santa Fe juga mendapatkan beberapa saran perubahan dari beberapa kritikus. Sehingga pada pertengahan tahun 2002, Hyundai mengeluarkan beberapa perubahan pada tanki bensinnya. Mereka menambahkan kapasitas bahan bakar dari 64-liter hingga 71-liter. Tidak hanya itu, perubahan juga terjadi pada desain interior dan posisi dari jam di Santa Fe.

Pada tahun 2003, Hyundai Santa Fe merespon beberapa komplain dan saran dari para kustomer, sehingga pada tahun itu, Hyundai merilis edisi terbaru dengan mesin 3.5L V6 dengan dua mesin gas di Amerika Utara. Mesin yang besar hadir dengan kontrol komputer dengan sistem setir empat roda. Model transmisi otomatis juga ada peningkatan dengan menggunakan bahan krom. Namun pada edisi 2003 terjadi sedikit perubahan yang tidak begitu bagus. Sehingga pada tahun itu, Santa Fe dijuluki ‘Yucky Green’ dan penjualan juga menurun.

Pada edisi tahun 2004, Santa Fe melakukan sedikit perubahan dengan menambahkan kontrol cuaca manual pada GL, sedangkan GLS juga terdapat perubahan yang tidak terlalu mencolok. Dan juga terdapat perubahan pada sistem kuncinya. Di pertengahan tahun 2004, terdapat perubahan pada posisi antena radio yang semula berada di pinggir menadi berada di tengah-tengah atap mobil.

Pada tahun 2005, perubahan terjadi pada bagian bumper, interior, dan beberapa bagian lainnya. Spedometernya juga bertambah dari yang semula hanya 130 mph menjadi 140 mph. Desain eksterior juga semakin membaik dengan adanya kaca di atap untuk penyetir sehingga penyetir bisa bermandikan cahaya matahari, namun jika terlalu panas bisa ditutup juga. Pada tahun itu, Santa Fe bersaing dengan Tucson yang juga berasal dari Korea.

Lalu untuk tahun terakhir pada generasi pertama, Santa Fe membuat beberapa perubahan. Terdapat beberapa pilihan warna pada awal tahun 2006, Merlot dan Canyon Red. Pada pertengahan tahun, ditambahkan juga warna Dark Emerald Green. Pilihan warna itu tidak ada di brosur dan hanya dapat dipesan oleh dealernya saja. Untuk mesinnya menawarkan 2.7L petrol V6.

 

Generasi Kedua (CM, 2006 – 2012)

Hyundai Santa Fe

Setelah beberapa perubahan kecil pada edisi terakhir generasi pertama, akhirnya pada tahun 2006 keluarlah generasi kedua dari Hyundai Santa Fe yang dirilis di Auto Show Internasional Amerika Utara. Desain dan mesinnya benar-benar terlihat berbeda. Mesinnya di upgrade menjadi 3.3 V6 dan manual 5-speed. Fitur-fitur keamanan juga ditambahkan seperti kontrol elektronik stabilitas, airbag, dan beberapa pengaman lainnya. Interiornya juga berubah drastis. Di Amerika, generasi terbaru ini menawarkan versi GLS, SE, dan versi terbatas. Santa Fe baru ini mengawali edisinya di generasi kedua dengan transmisi manual. Beberapa komplain dan kekurangan di generasi sebelumnya juga sudah diperbaiki seperti kebisingan angin dan jalanan.

Untuk edisi tahun 2008, hanya perubahan kecil yang terjadi. Terdapat sistem navigasi yang dibuat oleh LG dan juga speaker kualitas tingi untuk model terbatas. Sedangkan untuk edisi tahun 2009, perubahan terjadi pada rodanya yang berubah menjadi roda hitam bahan besi dengan cover plastik. Seluruh perubahan kecil itu terjadi hingga edisi tahun 2012 yang menambahkan variasi warna eksterior di pasaran Amerika. Interiornya juga memiliki beberapa perubahan seperti rem bantuan otomatis dan knob shift baru. Edisi terakhir di generasi kedua menjadi penutup generasi yang terbilang sukses.

 

Generasi Ketiga (DM, 2012 – Sekarang)

Hyundai Santa Fe

Nah, sekarang kita beralih ke generasi ketiga Hyundai Santa Fe. Hyundai meluncurkan desain ulang dari edisi terakhir generasi kedua pada tanggal 14 Februari 2012 sebagai model atau edisi 2013. Pada generasi ketiga ini, Santa Fe memiliki perubahan signifikan pada kapasitasnya. Santa Fe edisi 2013 memiliki dua versi yaitu versi sport 5 tempat duduk dan versi XL (di Kanada) dengan tiga baris kursi yang bisa diduduki enam hingga tujuh penumpang. Kedua versi itu sama-sama memiliki desain unibody dan terlihat gagah untuk ukuran SUV pada umumnya.

Untuk edisi tahun 2013, Santa Fe Sport hadir dengan mesin 4 silinder. Standar mesinnya adalah 2.4L dengan 190-hp, namun ada juga yang versi 264-hp 2.0L. Untuk transmisinya menggunakan 6-speed otomatis. Sedangkan untuk versi XL (atau versi SUV keluarga) memiliki mesin 3.3L 290-hp V6 yang terbilang mesin terbaik di kelasnya. Terdapat beberapa perubahan kecil hingga saat ini. Sedangkan untuk edisi terbaru adalah Santa Fe Sport 2017 yang menawakan beragam kecanggihan dan desain yang menawan. Agar lebih detail, akan kami bahas secara lengkap di bawah ini~

 

Santa Fe Sport 2017

Hyundai Santa Fe

Santa Fe Sport adalah SUV terbaru besutan Hyundai Santa Fe. Mobil ini memiliki Automatic Emergency Braking system menggunakan kamera dan sensor radar. Selain sistem keamanan itu, terdapat juga perubahan-perubahan kecil namun penting agar dapat memanjakan pengendara dan juga kustomer. Nah, sekarang kami akan membahas tentang eksterior, interior, mesin, teknologi, dan juga keamanan SUV keren terbaru ini. Oke, let’s go~

 

Eksterior

Hyundai Santa Fe

Baiklah, sekarang kita akan membahas tentang eksterior dari Santa Fe sporty ini. Santa Fe didesain ulang pada bagian fascia, grille, dan juga lampu depannya. Ventilasinya juga diperbarui agar tidak ada kebisingan gara-gara angin dan jalanan. Sehingga para penumpang tidak akan terganggu terhadap suara yang berasal dari luar. Desainnya juga terlihat semakin sporty dengan tambahan desain Fluidic Sclupture.

Membuka bagasi belakang juga terasa sangat mudah, kalian tinggal menendang bagian bawah bagasi itu, maka bagasi dengan mudahnya terbuka. Jika kalian malas menendang, kalian juga bisa membuka bagasi dengan berdiri di belakang mobil selama tiga detik dengan membawa kunci. Mudah sekali ya. Ruang bagasi juga terbilang luas dengan kapasitas hingga 71.5-cf (cubic feet), membuat para kustomer tidak perlu pusing mengurangi barang bawaan mereka.

Santa Fe Sport 2017 juga dilengkapi fitur Dynamic Bending Light, fitur ini berfungsi ketika kalian ingin sebagai pengatur sudut kemiringan roda SUV. Sedangkan ada juga bantuan High Beam yang sangat berfungsi ketika jalanan lagi macet. Desain Santa Fe sport 2017 adalah yang terbaik hingga saat ini. Dengan desain yang aerodinamis serta tampilannya yang sporty.

Interior

Hyundai Santa Fe

Interior Santa Fe Sport 2017 terbilang cantik. Pada interior Santa Fe bagian depan terdapat atap yang terbuat dari kaca untuk mendapatkan sinar matahari pagi, sehingga sangat bagus untuk kulit. Namun pengendara bisa menutup atap jika hari semakin terik. Kualitas tempat duduknya juga terbilang nyaman baik itu baris pertama maupun baris kedua. Pengendara dan penumpang akan mendapatkan tingkat kenyamanan maksimal karena tempat duduk bisa diatur secara fleksibel. Bahan tempat duduk dibuat dari kain kualitas terbaik dan juga sangat memanjakan penumpang maupun pengendara.

Santa Fe juga menyediakan fitur penghangat dan pendingin otomatis. Jadi jika cuaca terasa sangat panas, maka pendingin akan otomatis bekerja menyesuaikan suhu yang di inginkan. Sebaliknya, jika cuaca terasa dingin, maka penghangat akan bekerja. Jadi pengendara tidak perlu repot-repot mengatur suhu mobil. Jika pengendara maupun penumpang ingin mengetahui suhu cuaca maupun suhu mobil, display layar sentuh juga akan memberi informasi seputar suhu atau temperatur, canggih ya~

Interior Santa Fe juga dibekali dengan teknologi canggih seperti navigasi layar sentuh 8-in, sistem audio dengan 12 speaker, audio player yang bisa dikoneksikan dengan website audio seperti soundcloud serta memiliki fitur compress audio. Ah, kami akan membahas lebih detail tentang teknologi di dalam Santa Fe, tapi sebelum kami membahas tentang teknologinya, kami akan membahas tentang mesin dari Santa Fe Sport 2017~

Hyundai Santa Fe

Mesin

Santa Fe Sport 2017 mengusung mesin yang terbilang kuat, efisien, serta memiliki kapabilitas yang handal. Mesinnya memiliki standar GDI 2.4L 4 silinder yang merupakan mesin berteknologi paling handal saat ini. Pada mesinnya, terdapat fitur Dual Continuously Variable Valve Timing (D-CVVT) dan Gasoline Direct Injection (GDI) agar mesin dapat bekerja maksimal yaitu 185-hp dan 178-lb.-ft. Torque itu terbilang tinggi melebihi Chevy Equinox. Kalian dapat memilih torque yang kalian inginkan dengan tipe Santa Fe Sport yang berbeda, ada juga tipe mesin 2.0T dengan torque sebesar 240-hp.

Hyundai Santa Fe

Untuk tipe torque 240-hp, mesinnya memiliki spesifikasi 2.0L GDI 4 silinder dengan fitur twin-scroll turbo yang berfungsi untuk memaksimalkan torque hingga 240 hp dan 260 lb.-ft. Mesinnya didesain agar hemat bahan bakar sehingga jika kalian ingin menyetir secara maksimal, jangan takut kehabisan bensin maupun boros. Karena desain mesinnya meningkatkan efisiensi pembakaran sehingga berefek pada efisiensi bensin.

Untuk throttle (pengontrol tenaga), para pengendara bisa mengatur ingin mode Eco, Normal, atau Sport. Karena setiap throttle memiliki efek yang berbeda. Efek yang paling mencolok terlihat pada setirnya. Maka, kalau kalian ingin mencoba mode Sport, maka mungkin setirnya akan terasa lebih ringan. Jika kalian memilih Eco, maka setirnya akan terasa lebih ringan. Jika kalian ingin yang normal, maka pilih mode Normal. Efektif sekali ya~

 

Teknologi

Nah, sekarang kita membahas tentang teknologi dari mobil keren terbaru ini. Coba kalian bayangkan jika kalian bisa melihat pemandangan 360 derajat di dalam mobil? Nah, Santa Fe Sport 2017 ini dilengkapi dengan kamera multi view yang akan memanjakan sudut pandang kalian ketika berkendara. Terdapat empat kamera yang terintegrasi sehingga akan menampakkan view 360 derajat, keren ya. Seluruh kamera yang terintegrasi itu akan tampil pada layar navigasi. Tampilannya juga bisa dibuat terpisah per kamera, jadi bisa kalian nonaktifkan integrasinya. Sangat berguna ketika kalian ingin memarkirkan kendaraan ini.

Hyundai Santa Fe

Navigasi layar sentuh 8-in juga menyediakan sistem pendeteksi suara untuk mencari arah dan petunjuk jalan. Jadi kalian tidak perlu repot-repot mengutak-atik navigasi menggunakan tangan. Kan bahaya gitu kalau berkendara sambil mengutak-atik layar sentuh. Tinggal bilang saja, “Jakarta, Plaza Indonesia”, maka navigasi akan tersedia untuk tujuan yang kalian sebutkan. Selain berfungsi sebagai navigasi, layar sentuh itu juga berfungsi untuk menampilkan kondisi kemacetan di sekitar kalian, keadaan cuaca, dan lain-lain. Daebak~

Selain layar sentuh itu, ada lagi loh LCD layar sentuh 7-in yang menampilkan kontrol audio dengan format MP3 ataupun melalui CD dan radio. Ada juga input USB/Smartphone yang akan memudahkan kalian untuk memutar lagu. Layar sentuh itu juga sudah mendukung teknologi smartphone sehingga dapat dengan mudah terintegrasi dengan smartphone kalian. Banyak sekali teknologi yang diusung di SUV ini, dari kamera yang terbilang banyak, speaker hingga 12 unit, dan juga dua layar sentuh yang sangat mendukung aktifitas bermobil kalian. Sangat daebak deh pokoknya.

 

Keamanan

Santa Fe 2017 juga memiliki beragam fitur keamanan yang sangat mendukung aktifitas menyetir kalian. Beberapa fitur yang disediakan diantaranya adalah Automatic Emergency Braking, Lane Departure Warning, Blind Spot Detection, Rear Cross-traffic Alert, dan Lane Change Assist. Seluruh fitur itu ditujukan untuk mengurangi resiko kecelakaan hingga nol persen.

Sistem Automatic Emergency Braking menggunakan fitur kamera dan sensor radar. Jika di depan pengendara ada kecelakaan mendadak dan si pengendara tidak sempat bereaksi, maka sistem akan mengaktifkan rem otomatis. Sistem ini bahkan dapat bekerja pada tenaga 5 hingga 50-mph. Sedangkan jika ada orang yang menyebrang mendadak, sistem ini juga akan bekerja dengan tenaga sekitar 5 hingga 43-mph.

Hyundai Santa Fe

Selain sistem rem mendadak, ada juga sistem radar yang akan mendeteksi ketika pengendara sedang berada di posisi blind-spot dan menyediakan sinyal peringatan dalam bentuk suara dan visual. Sistem itu juga mendukung peringatan jika akan terjadi tabrakan, atau apakah ketika ganti jalur aman atau tidak. Sistem itu seperti navigator pencegah kecelakaan khusus pengendara gitu. Pada SUV terbaru itu juga dilengkapi dengan sistem rem parkir elektronik yang akan mengerem otomatis saat parkir dengan bagian belakang atau depan terlebih dahulu. Maka kalian tidak perlu menekan rem untuk menghentikan SUV.

Oke, sampai sini dulu ya pembahan tentang Santa Fe. Kalau ada yang ingin ditanyakan atau ada tambahan informasi tentang Santa Fe, beritahu ya. Atau kalian pernah atau sedang memakai Santa Fe edisi apapun, beritahu di kolom komentar ya. Beri kesan kalian sebagai kustomer Santa Fe tentang SUV beken ini~

 

Written by halooKorea.com / Reference Wikipedia, Hyundai

 

Rating: 5.0. From 6 votes.
Please wait...
11 Comments
  1. Author
    HalooKorea 2 years ago

    aku mau beli!

    No votes yet.
    Please wait...
  2. 진웅 2 years ago

    Benaran Mau Beli ?

    No votes yet.
    Please wait...
    • Author
      HalooKorea 2 years ago

      iya sih lol

      No votes yet.
      Please wait...
  3. Jenifer Jung 2 years ago

    Saya juga mau
    Mau di kasih wkwkwkwk

    No votes yet.
    Please wait...
    • Author
      HalooKorea 2 years ago

      iya ta? lol

      No votes yet.
      Please wait...
  4. Bianca Bianca 2 years ago

    mau tanya, ini mobil yang di pake So Dae Young di descendants of the sun bukan?

    No votes yet.
    Please wait...
    • Author
      HalooKorea 2 years ago

      Kalau mobil di DOTS itu Tucson sama Genesis bukan Santa Fe hehe,
      Yoo Si Jin-Kang Mo Yeon : Hyundai Tucson (SUV)
      Seo Dae Young-Yoon Myeong Joo : Hyundai Genesis (Sedan)
      Tentang Tucson, coba baca artikel ini.

      kenapa desain nya mirip sama Santa Fe? Karena desain ‘family-look’ bernama Hyundai ‘Fluidic Sculpture Ver 2’. Jadi maksudnya, desain mobil Hyundai itu kebanyakan mirip-mirip untuk menandai kalau mobil itu didesain oleh Hyundai, hal itu disebut ‘family-look’. Sedangkan ‘Fluidic Sculpture’ adalah konsep desainnya Hyundai. Nah, apakah sudah paham? Kalau belum, akan kami buatkan artikel spesial khusus hal ini. spesial buat kamu~~

      Rating: 5.0. From 1 vote.
      Please wait...
      • Bianca Bianca 2 years ago

        Kalo dilihat dalamnya sih hampir sama,saya kira ini mobil yang di pakai So Dae Young.
        saya cuman penasaran mobil yang dipaka So Dae Young hihihi
        mungkin kalau ada artikel mengenai mobil So Dae Young akan lebih bagus, karna baru” ini ada orang yang melakukan hal sama seperti So Dae Young di mobil tapi kecelakaan
        hanya ingin tau kelebihan mobil yang dipakai So Dae Young hehehe

        Rating: 5.0. From 1 vote.
        Please wait...
        • Author
          HalooKorea 2 years ago

          oh… hal sama seperti So Dae Young di mobil itu kiss scene ya?
          Itu Hyundai Smart ADAS (Advanced Driver Assistant System) di mobil Genesis.
          Nanti Kami akan membuat artikel tentang Hyundai Genesis.
          Tentang teknologi itu, coba nonton YouTube ini.

          No votes yet.
          Please wait...
  5. 진웅 2 years ago

    Itu Mobil Hyundai Genesis Tahun Berapa Ya.

    No votes yet.
    Please wait...
    • Author
      HalooKorea 2 years ago

      kemungkinan mulai dari versi 2014 ya.
      tapi di dalam YouTube itu versi 2016 dan termasuk lebih banyak teknologi.

      No votes yet.
      Please wait...

Leave a reply

©2017 halooKorea All Rights Reserved

or

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

or

Create Account