jajangmyeon

Cara Membuat Mie Jajangmyeon

haloo~ kita bertemu lagi! Dalam kesempatan kali ini, aku ingin membagi resep jajangmyeon(atau jja-jang-myeon) Korea ala Indonesia. Kamu tahu jajangmyeon kan? Itu tuh yang pernah di bahas di sini. Nah sebenarnya bahan-bahannya ada unsur babinya, tapi karena mayoritas penduduk Indonesia adalah Islam, maka aku akan membuatnya agar bisa dimakan siapa saja! Oke, untuk cara membuat kali ini, bisa kita hidangkan untuk lima porsi atau mungkin empat porsi. Awal-mula, siapkan dulu deh bahan-bahannya berikut ini:

  • 1000 gram mie mentah – bisa merek apa saja, yang penting sejenis spaghetti
  • Sebungkus saos kacang hitam jajangmyeon – cari yang ada label halalnya ya
  • 1 ayam utuh – pengganti daging babi
  • 1 bawang bombay
  • 1 liter air
  • 2 sendok teh gula
  • minyak goreng secukupnya
  • 1 mangkok acar kuning atau lobak
  • 1 Kentang
  • Tepung jagung atau kentang

Untuk peralatannya adalah berikut ini:

  1. Wajan Daging
  2. Wajan Saos
  3. Wajan Mie
  4. Peniris

Nah bagaimana cara membuatnya? Awal-mula, potong kecil-kecil daging ayam hingga menjadi seperti dadu berukuran kira-kira 1-inci. Kemudian tumis daging di wajan menggunakan minyak jenis apapun, minyak kelapa sawit lebih disarankan. tumis daging hingga kering. Setelah lemak menghilang, tambahkan kentang, acar kuning atau lobak, dan potongan bawang bombay yang dipotong vertikal. Tumis daging dan sayuran selama beberapa menit, kemudian tambahkan air pada bahan-bahan tersebut hingga nyaris terendam sepenuhnya. Didihkan dan bolak-balikkan bahan yang sudah tercampur selama 15-20 menit.

Lalu, pada wajan kedua tambahkan 7-sendok saos kacang hitam lalu panaskan. Masak sausnya sekitar satu menit. Setelah satu menit berlalu, tambahkan 2-sendok tepung jagung/kentang, 3-sendok air, 2-sendok-teh gula, lalu aduk hingga rata.

Selanjutnya, rebus mienya berdasarkan cara pengolahan di kemasan. Setelah itu tiriskan lalu masukkan kedalam bahan saosnya. Kamu dapat menambahkan satu sendok minyak sebelum disantap. Dan, voilla! Jadi deh. Selamat menikmati. Kalau ada masukan atau koreksi, atau mungkin tambahan variasi saos kacang hitam yang halal, kasihtahu ya!

jajangmyeon

 

Edited by halooKorea.com

Rating: 5.0. From 6 votes.
Please wait...
3 Comments
  1. Jong 2 years ago

    Bisa teh dicobak

    No votes yet.
    Please wait...
  2. Bianca Bianca 2 years ago

    gue udah pernah cobain
    mungkin dasarnya gak bisa masak ye huhuhu

    No votes yet.
    Please wait...
  3. Bianca Bianca 1 year ago

    mau tanya di lotte mart ada namanya jajangman itu punya korea bukan sih

    No votes yet.
    Please wait...

Leave a reply

©2018 halooKorea All Rights Reserved

or

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

or

Create Account